Alasan-mengapa-harus-perlu-memiliki-website-blog-nyekrip

Alasan mengapa harus memiliki website / blog? Dalam era digital seperti ini ada beberapa orang yang sudah memiliki bisnis dalam skala besar atau kecil yang mana masih bimbang  jika diajukan pertanyaan “Anda sudah mempunyai bisnis dan perlu media promosi, Apakah anda perlu untuk memiliki sebuah website?”  Tidak usah ragu-ragu, Mempunyai website dalam era digital sudah merupakan keharusan untuk para pebisnis.

Jika belum tahu apa itu website, silahkan kunjungi artikel ” Apa Itu Website “. Untuk memperkuat Alasan mengapa harus perlu memiliki website, berikut beberapa fakta unik seputar internet di Indonesia.

Pada tahun 2013, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 71.19 juta dan diharapkan mencapai 107 juta orang di tahun 2014. Pada tahun 2015 diperkirakan akan meningkat hingga 139 juta orang.

Menurut agensi riset pemasaran Millward Brown yang melakukan riset di 30 negara, orang Indonesia menghabiskan rata-rata 9 jam per hari menatap pada perangkat elektronik mereka.

Sebanyak 54% orang Indonesia mencari informasi secara online sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Sumber: TNS Female Shoppers Study, Q4 2012.

Pada sebuah Bisnis (besar dan kecil) atau bahkan yang tidak punya bisnis sekalipun, memiliki sebuah atau beberapa website akan memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Dalam artikel ini kita akan membahas alasan mengapa kita harus perlu memiliki sebuah website.

Alasan Mengapa Harus Memiliki Website Untuk Para Pebisnis besar atau kecil

Untuk kita para pelaku bisnis yang masih belum mempunyai website, disarankan segera untuk mempunyai website untuk memperluas area pemasaran. Dengan adanya internet kita bisa memasarkan barang atau jasa kita kepada pelanggan tanpa dibatasi waktu dan tempat, dan yang paling penting lagi adalah kemampuan untuk menjaring calon pelanggan/klien.

web-perusahaan-Alasan-mengapa-harus-perlu-memiliki-website-blog-nyekrip

Ilustrasi Web Perusahaan

Website Tidak Pernah Tidur

Banyak orang yang internetan di malam hari ketika sebagian besar bisnis ditutup, dengan fakta tersebut dengan mempunyai website merupakan kesempatan yang sangat baik karena website tidak pernah istirahat kecuali di istirahatkan (maintenance). Sebuah website akan memungkinkan bisnis atau organisasi kita untuk selalu buka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.

Pesaing kita Memiliki Website

Tengok para pesaing kita, jika kita berada dalam persaingan dengan bisnis lain yang memiliki website, sudah jelas bahwa pesaing kita memiliki keuntungan,  apalagi jika pesaing sangat pintar dalam berpromosi produk-produknya di web, sudah jelas kita ketinggalan beberapa langkah dengan pesaing kita. Memiliki sebuah website adalah cara yang bagus untuk memperluas area bisnis.

Search Engine/Mesin Pencari

Saat ini, semakin banyak konsumen menggunakan internet dan mengunjungi google atau bing untuk sekedar mencari informasi produk atau layanan yang mereka butuhkan. Untuk bisnis rumahan, dengan memiliki website akan sangat bermanfaat karena kita tidak harus memiliki toko offline dulu untuk mempromosikan produk atau jasa .

Promosi

Dengan adanya website maka akan meningkatkan visibilitas atau keberadaan perusahaan/organisasi. Pada tampilan halaman website bisa dijadikan representasi dari perusahaan/organisasi tersebut. Dengan demikian website diibaratkan sebagai kantor online yang selalu sedia setiap saat.

Luasnya jangkauan internet dapat membuat  promosi mengenai program-program marketing dan program-program event tersebut dapat diketahui oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia dan tidak terbatas oleh waktu (24 jam).

Meningkatkan Calon Konsumen / Klien

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, termasuk di Indonesia, maka akan semakin besar pula potensi mendapatkan calon konsumen ataupun klien. Mengapa ? Karena dengan adanya website maka akan semakin mudah dan cepat bagi kita untuk bisa “mendekatkan” diri dengan calon konsumen atau klien melalui media maya tersebut.

Bisa Diakses Dimana Saja

Cukup dengan koneksi internet dan laptop, kita bisa mengelola website kita dimana saja. Sehingga kita tidak memerlukan tempat kerja secara khusus. Dengan kemudahan seperti ini kita bisa merubah dan menambah konten dalam website dimanapun kita berada. Para pelaku bisnis jualan online, mereka hanya bekerja didalam rumah ketika mereka mengupdate barang-barang jualan.

Kemudahan Membuat Web

Membuat website itu sangat mudah, asalkan tahu tujuan dalam membuat website seperti apa. Banyak sekali ditemukan CMS yang bertebaran gratis di dunia maya, ada CMS yang berfungsi secara global seperti WordPress, Joomla, Drupal dan sebagainya, juga ada CMS yang dibangun khusus untuk tujuan tertentu.

Itulah alasan mengapa harus perlu memiliki website bagi para pebisnis. Untuk yang tidak ada keperluan bisnis, website juga banyak memberikan keuntungan, mari kita bahas dibawah ini.

Alasan Mengapa Harus Perlu Memiliki Blog Untuk Personal/Pribadi

Tidak lepas dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas, bagi yang tidak mempunyai urusan bisnis, mempunyai website juga akan memberikan manfaat atau keuntungan, website yang dimaksud disini adalah blog dan penulisnya disebut blogger, Apa saja keuntungan memilki blog? Mari kita bahas.

cms-Alasan-mengapa-harus-perlu-memiliki-website-blog-nyekrip

CMS yang sering dipakai membuat web/blog

Media saling berbagi

Kita bisa berbagi tulisan kita yang berupa info menarik, cerita, tips dan trik, tutorial, pengalaman, dan sebagainya kepada orang lain melalui website, sehingga akan memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkannya dan anda akan mendapat pahala karena berbagi ilmu.

Melatih Kreatifitas

Misalnya kita memiliki hobi foto, kita bisa mempublikasikan hasil foto-foto kita di blog, atau kita hobi game dan kita bisa menuliskan tentang game-game yang anda ketahui di blog. Kita bisa mengisi blog dengan tulisan tentang hobi dan itu berarti sudah memperdalami hobi dan menjadikan blog sebagai tempat untuk melatih kreatifitas.

Melatih skill Menulis

Kita bisa suatu hal karena berlatih, begitu juga dengan menulis. Jika kita terus menuliskan hal apa saja di blog, maka mungkin tanpa disadari kita telah berlatih skill menulis dan tulisan kita dapat dengan mudah dimengerti dan memberikan manfaat bagi si pembaca.

Media Curhat

Dalam website, kita bisa menulis dan bercerita tentang apa saja yang inginkan dan juga bisa mencurahkan isi hati dan pikiran. Jika menceritakan pengalaman, kita mungkin akan memberikan dampak positif kepada si pembaca dan juga bisa sebagai media pelepas stress.

Menambah Ilmu dan Menambah Teman

Selain berbagi tulisan, kita pasti sering browsing di internet untuk mencari bahan untuk membuat artikel baru dan membaca tulisan-tulisan milik orang lain, oleh karena itu karena dengan membaca maka akan menambah ilmu dan wawasan. Dengan kita mengunjungi web/blog tetangga jangan lupa untuk tinggalkan komentar dan url website kita, dengan begitu kita telah melakukan komunikasi dengan pemilik web/blog.

Menjadi Terkenal

Jika kita telah memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain, maka orang itu akan mengingat siapa kita, jadi menjadi terkenal melalui web/blog bukanlah hal yang mustahil, contohnya raditya dika. Pada awalnya kita tahu bahwa bang raditya dika  awalnya adalah seorang penulis biasa yang sering menulis di blognya. Tapi kini, anda pasti mengenal dia kan?

Sekian artikel “Alasan mengapa harus perlu memiliki website atau blog” diatas telah dibahas beberapa manfaat yang diperoleh ketika kita mempunyai website, apapun tujuan website tersebut baik untuk tujuan Bisnis atau untuk pribadi. Asalkan kita menekuni dan telaten dalam merawat website/blog yang sudah dibangun, kita pasti bisa meraih manfaat diatas, bahkan lebih.

Sebelum mempunyai website atau blog, akan lebih baik jika kita mengetahui tujuan dari membuat website sehingga kita bisa menentukan langkah-langkah dalam membuat website, sehingga kita tidak akan menghabiskan waktu hanya untuk menentukan teknik apa yang akan diterapkan dalam membuat website.

 

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      banyak gan, intinya di tingkat tujuan-nya. Kalau web untuk media promosi, pengenalan organisasi, jualan dan produk. kalau blog lebih kearah sharing tips dan trik. 🙂

    2. Hafid Nur

      Blog itu bagian dari website, atau istilahnya jenis dari sebuah website itu sendiri. Website sendiri bermacam-macam. Ada yang merupakan forum, blog, web perusahaan, dll. .

    1. Admin Article Author

      dengan giat belajar pemrograman web, pelajari css dan php… jika anda yang bekerja, maka akan gratis.. 🙂 atau silahkan cari template gratisan…

  1. Alboin Saragih

    thks sob…inspirasi awal saya dari sini,,,klo lagi santai visit my blog and tolong kasih masukan lewat email klo ada yang kurang senonoh disana atau hal lainnya….salam hormat

  2. Viandra

    Untuk membuat web saat ini cukup mudah apalagi adanya wordpress dan cms lainnya, tinggal gimana pilih hosting dan domain yg berkualitas.

  3. Ridho

    kalo misalkan kita sedang masa kuliah, selain untuk faktor” diatas, kok masih ragu untuk memulai menjadi blogger?
    mohon opininya… :3

  4. Andri

    Bener banget gan, salah satu saya membuat web/blog hxxp://pondokim.com ini salah satunya untuk melatih skill menulis hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *