Apa itu Nyekrip - Nyekrip.com


Definisi Istilah Nyekrip atau Ngoding

Bingung istilah Nyekrip? Pernah Nyekrip? apa itu nyekrip? Mungkin rata-rata para programmer mengetahui istilah ini, tapi tidak semua programmer mengetahui apa sih Nyekrip ini. Mungkin lebih dengar istilah ngoding daripada nyekrip. Mari kita bahas.

Nyekrip atau dalam bahasa bakunya memprogram, adalah sebuah kegiatan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan algoritma-algoritma yang disusun untuk menciptakan sebuah program baru. Nah jadi tahu deh kalau istilah nyekrip sama dengan istilah ngoding. Kalau ngoding berasal dari kata coding, sedangkan nyekrip berasal dari kata skrip.

Nyekrip atau Ngoding adalah istilah yang biasa disebutkan oleh programmer. Pengertian dasarnya adalah “menyusun kode/skrip” sehingga tercipta suatu program. Ketika seorang programmer membuat aplikasi atau program, dan mengetik-kan source code atau skrip menggunakan bahasa pemrograman tertentu (PHP, HTML dan lain2), maka dia disebut sedang Nyekrip. Sebenarnya istilah nyekrip ini memiliki dua makna, selain bermakna membuat program, ada yang bilang nyekrip itu ya nyekripsi atau membuat skripsi. Pemberian nama nyekrip pada web ini lebih kearah nyekrip yang berarti membuat program.

Nyekrip itu seperti seni yang membawa kesenangan tersendiri. Kenapa demikian? Dengan Nyekrip, kita bisa menciptakan sesuatu program. Kita bisa melihat ciptaan program kita berjalan sesuai ekspektasi dan kita bisa bermain-main dengannya. Pasti temen-temen pernah merasakan kebahagian jika apa yang kita kerjakan dapat beroperasi dengan sukses, karena pada saat menuju sukses itupun juga menempuh jalan yang berbeda, ada yang sekali percobaan atau bahkan setelah ratusan percobaan.

Selain menyenangkan (kalau berhasil 🙂 ), apabila kita sudah mahir dalam Nyekrip, kita bisa menerapkan ilmu kita di lingkungan sekitar. Contohnya saja untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar kita, adakalanya permasalahan tersebut bisa dipecahkan dengan membuat sebuah program. Dulu saya pernah membuat program absen, dan ternyata program saya itu dipakai oleh kampus. Senang rasanya jika program saya bisa bermanfaat.

Cara Belajar Nyekrip dan Tujuan Nyekrip

Belajar Nyekrip adalah tentang pelajaran mengenai logika dan cara berpikir, logika bagaimana menyelesaikan masalah yang terjadi. Memang adakalanya perlu untuk menghafal sintaks dan aturan penulisan dalam program, tapi itu bukan harga mutlak. Bisa “melirik” ebook atau catatan ketika lupa. Jangan kuatir, lama-kelamaan pasti kita akan mengingat dengan sendirinya. Bisa karena biasa.

Kita jangan sampai menjadi tukang ketik atau malahan yang lebih parah lagi jadi tukang copy paste. Ketika belajar Nyekrip kita harus memahami setiap baris kode tau skrip dan alur program itu sendiri. Kalau kita sudah paham tentang skrip yang akan kita pakai, coba kita tulis kembali programnya dengan versi kita sendiri. Cepat atau lambat, sadar atau tidak kita akan hal itu,  akan melatih logika cara berfikir kita dan mempelajari tentang mengolah dan menerapkan logika berfikir kita kedalam program.

Belajar Nyekrip jangan hanya di kelas atau bangku kuliah saja, coba kita main ke forum dan gabung di bagian pembuatan program, karena kebanyakan dikelas atau bangku kuliah hanyalah memberi teori saja. Gali potensi diri tentang segala hal tentang nyekrip dan pemrogaman. Jangan pernah menyerah dan berhenti mempelajari pemrograman, karena setelah kita menguasai-nya maka sangat banyak peluang untuk menjadi karyawan IT atau ingin membuka usaha tentang IT. Terimakasih.

Sumber :

satriaskyterror.wordpress.com

azware.wordpress.com

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *