ATRIBUT-DALAM-ELEMEN-HTML-Nyekrip.com

Atribut memberikan informasi tambahan tentang isi elemen. Mereka muncul pada tag pembuka dan terdiri dari dua bagian: Name (nama) dan Value (nilai), dipisahkan oleh tanda sama dengan (=).

ATRIBUT DALAM ELEMEN HTML -Fungsi Atribut- nyekrip.com

ATRIBUT DALAM ELEMEN HTML

Value (Nilai) adalah informasi yang ditentukan untuk atribut. Harus di tulis diantara dobel tanda petik. Untuk atribut yang sama bisa memiliki value yang berbeda.

Pada contoh diatas, atribut lang digunakan untuk menunjukkan penggunaan bahasa pada elemen tersebut sedangkan value (nilai) menunjukkan bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.

HTML5 memungkinkan Anda untuk menggunakan nama atribut dengan menggunakan huruf besar dan menghilangkan quotemarks (tanda kutip), tapi ini tidak dianjurkan.

Atribut secara mayoritas hanya dapat digunakan pada elemen tertentu, meskipun beberapa atribut (seperti lang) dapat digunakan pada beberapa elemen.

Pilih Tanda Kutip Tunggal atau ganda?

Penggunaan tanda kutip ganda adalah yang paling umum digunakan dalam HTML, tapi tanda kutip tunggal juga dapat digunakan.

Dalam beberapa situasi, ketika nilai atribut itu sendiri berisi tanda kutip ganda, maka perlu menggunakan tanda kutip tunggal sebagai pembungkusnya.

Contoh:

<p title='ini "Web" Nyekrip'>

Contoh sebaliknya:

<p title="Ini 'web' Nyekrip">

Daftar Atribut yang sering digunakan

Dibawah ini adalah daftar atribut dalam elemen html yang sering digunakan dalam HTML.

Title

Pada elemen paragraf, tag yang digunakan untuk menandai adalah <p>.

Pada contoh dibawah ini tag <p> memiliki atribut title, yang akan disetting memiliki value “web nyekrip”. Ketika anda menggerakkan mouse anda diatas elemen ini, titel yang sudah ditentukan akan terlihat sebagai tooltip.

Href

Jika kita ingin menyisipkan alamat web pada sebuah tulisan, kita bisa menggunakan tag <a> yang disusul dengan atribut href.

Lihat contoh dibawah ini:

Size

Atribut size digunakan untuk menentukan ukuran sebuah objek baik berupa gambar, font atau huruf dan bahkan untuk ukuran layout tertentu.

Atribut Size terdiri dari dua atribut, yaitu atribut width (lebar) dan height (tinggi), pada contoh dibawah ini adalah demo dari atribut size untuk menentukan ukuran dari sebuah gambar.

Alt

Alt attributes biasanya digunakan untuk memberikan gambaran singkat mengenai suatu gambar atau tulisan yang ditampilkan dalam content. ALT attribute ini dianggap penting karena beberapa hal:

  • BOT yang hanya memiliki kemampuan untuk membaca informasi teks.
  • Jika gambar yang diberi atribut ini tidak muncul saat loading, maka atribut ini memegang peranan penting sebagai informasi mengenai gambar.

Lihat contoh penggunaan atribut alt dibawah ini :

Untuk daftar atribut lainnya akan dibahas secara mendalam dalam postingan berikutnya.

Happy Nyekrip!.

About The Author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *