Beberapa cara membuat website -Nyekrip.com

Ada banyak cara membuat web dan kita bisa memilih sesuai kebutuhan, Hand coding atau custom cms (Memulai dari awal semua skrip yang dibutuhkan oleh sebuah website) hanyalah salah satu dari beberapa cara dan juga yang paling sulit.

Jika baru mengunjungi sebuah situs web dan ingin membuat website sendiri untuk alasan apapun, maka disarankan untuk tidak langsung hand coding dalam membuat website. Mari kita lihat beberapa cara membuat web bahkan tanpa harus mengetahui jenis coding sama sekali.

Daftar Cara Membuat Web

Meskipun ada banyak cara membuat web. Cara membuatnya harus dipertimbangkan karena sangat ditentukan oleh jenis website yang ingin dibuat.

JOOMLA CMS

JOOMLA CMS

Cara Membuat Web dengan Content Management System

Content Management System biasanya disingkat menjadi CMS. CMS adalah aplikasi web yang dapat diinstal ke website (Web Hosting) yang pada dasarnya akan menangani seluruh situs. Sebuah contoh yang baik dari CMS adalah Joomla, Joomla adalah CMS yang paling populer yang tersedia dan gratis.

Yang perlu dilakukan adalah menginstal Joomla ke website, tentukan apa template yang akan digunakan (yang menentukan tampilan / style situs) setelah itu hanya menambahkan konten, semua itu dilakukan tanpa coding.

Ada begitu banyak lagi yang dapat dilakukan oleh Joomla, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Joomla, kedepannya akan dibuat postingan mengenai detail Joomla. Catatan: Joomla itu Open Source yang berarti 100% gratis untuk didownload dan digunakan.

Cara Membuat Web dengan Site Build It (SBI)

Site Build It (disingkat SBI) adalah site builder yang sangat komplek, tapi bagian utama dari SBI adalah website builder yang membantu membuat website dengan sangat mudah.

Jika tujuannya adalah untuk membuat website untuk menghasilkan pendapatan uang pasif disarankan untuk belajar lebih banyak tentang SBI. SBI adalah sebuah sistem untuk membantu membangun bisnis online yang dikembangkan oleh SiteSell.

Mereka menyediakan semua alat untuk membangun sebuah website yang produktif dengan menyertakan tutorial yang ditulis untuk membangun bisnis online yang sukses.

wordpress - nyekrip.com

WordPress

Cara Membuat Web Dengan Blogging Software

Kemungkinan besar orang pasti pernah mengunjungi Blog, ada banyak aplikasi Blogging tersedia di luar sana tapi WordPress adalah yang terbaik dan paling populer. WordPress sangat mirip dengan Joomla tapi ini lebih terfokus pada Blogging.

Seperti CMS kebanyakan, WordPress diinstal pada sebuah web hosting dan kemudian tentukan tema atau template apa yang ingin diterapkan, itu semua tidak memerlukan kode apa pun, tinggal klik. Jika ingin mencoba blog wordpress secara gratis, kita bisa membuat blog wordpress di wordpress.com, untuk caranya silahkan kunjungi tutorial ” Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Lengkap “.

Sebelum memutuskan untuk memakai wordpress dalam membuat blog, sebaiknya kita mencoba dulu wordpress secara offline, untuk caranya silahkan kunjungi tutorial ” Cara Install WordPress Offline di Xampp Manual “.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang WordPress, belajar cara menginstal dan menggunakannya yang akan dibuat pada postingan di kesempatan berikutnya.

Cara Membuat Web dengan Website builder

Website builder adalah alat yang memungkinkan pembangunan kunstruksi website tanpa mengedit kode manual. Mereka terbagi dalam dua kategori: Proprietary online yang disediakan oleh perusahaan web hosting, biasanya ditujukan bagi pengguna untuk membangun situs pribadi mereka; dan perangkat lunak software yang berjalan pada komputer, membuat halaman offline dan yang kemudian dapat mempublikasikan halaman tersebut pada setiap host. (Yang terakhir sering dianggap sebagai “website design software” daripada “website builders”.)

Cara Membuat Web Dengan Hand Coding (Custom CMS)

Hand coding adalah cara lain untuk membuat sebuah website, teknik ini memberikan kontrol yang paling lengkap terhadap website yang dibuat. Namun hal ini juga merupakan cara yang paling sulit untuk membuat sebuah website dan akan melibatkan kurva belajar yang besar dan membutuhkan waktu yang lama.

Meskipun begitu, banyak hal yang mengguntungkan untuk website yang menggunakan custom CMS atau website yang dibuat sendiri. Tak heran para profesional pembuat webstie lebih memilih membuat website sendiri ketimbang menggunakan Open Source CMS.

Demikian tutorial tentang beberapa cara membuat web, untuk pemula disarankan agar memulai dengan menggunakan CMS, karena selain cepat juga handal dalam hal performance.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. megawati

    sangat membantu sekali dalam hal saya mengelola dan membuat web dan seo thx … www[dot]megawin188[dot]com

  2. www.emhaemen.com

    Waah, sepertinya yang hard-coding mantap tuh gan. Bisa bagi referensi bukunya gan? Lagi nyari2 buku coding nih. Pengen belajar dari nol…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *