Cara Daftar Domain Blog Website Lengkap – Nyekrip

Jika kita ingin membangun sebuah web atau blog, maka sudah seharusnya untuk menyiapkan dan mendaftarkan nama domain. Untuk cara daftar domain, kita tidak harus mempunyai perusahaan atau organisasi, karena setiap orang dapat melakukannya. Jika hosting adalah rumah, maka nama domain adalah alamatnya.

Pengertian Nama Domain Blog dan Website

Sebuah nama domain sangat penting untuk web/blog. Dengan nama domain, maka alamat web yang berupa barisan angka (IP Address) akan dirubah menjadi barisan huruf sehingga akan lebih mudah dibaca (Human Readable) dan di-ingat. Bayangkan jika alamat web berupa angka (IP Address), dipastikan akan menyulitkan kita untuk menghafal beberapa alamat web.

Untuk pembuatan blog di wordpress dan blogger, maka kita bisa untuk memilih domain gratis dan tidak usah bersusah payah mendaftarkan nama domain, untuk mengetahui cara membuat blog silahkan kunjungi artikel ” Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Gambar “. Sedangkan untuk keuntungan dalam memiliki blog, silahkan menuju tutorial ” Alasan mengapa harus memiliki website / blog “.

Untuk lebih detail tentang proses perubahan tersebut tidak akan dibahas disini.  Sebuah nama domain terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

  • www. – Menunjukkan bahwa itu adalah alamat web (bisa diterapkan atau tidak – Optional)
  • nyekrip – bagian utama dari domain, biasanya mewakili sebuah nama perusahaan atau organisasi atau brand produk.
  • .com – akhiran domain

Akhiran domain adalah bagian yang menunjukkan apa jenis domain itu. Contohnya adalah:

  • .com – Company (Perusahaan), sekarang banyak web yang menggunakan dengan tujuan yang lebih luas.
  • .org – Organization (Organisasi).
  • .edu – Education (Pendidikan), ac.id untuk situs pendidikan di Indonesia.
  • .net – Network (Penyedia Jaringan)

Pada nama domain mungkin memiliki awalan  www atau tidak dengan www, keduanya tidak menjadi masalah. Yang perlu diperhatikan adalah untuk mengatur agar web tetap bisa diakses dengan atau tanpa www.

Untuk menentukan nama domain, kita sebaiknya melakukan dengan tepat. Untuk itu silahkan anda membaca tutorial “ Tips Cara Memilih Nama Domain Website “.

Cara Daftar Domain di Tempat Registrar Domain

Banyak web yang menyediakan untuk mendaftarkan nama domain, biasanya web penyedia tersebut juga menyediakan tempat hosting. Di Indonesia sendiri sudah banyak web yang menyediakan layanan ini. Kunjungi salah satu web pendaftar nama domain untuk memeriksa apakah domain yang kita inginkan masih tersedia dan kemudian ikuti petunjuk pada web tersebut untuk mendaftarkannya.

Kita dapat memilih untuk mendaftarkan domain untuk satu tahun atau untuk beberapa tahun. Biasanya, mendaftar untuk beberapa tahun akan mendapatkan diskon. Jika kita memilih untuk mendaftar untuk hanya satu tahun, kita perlu memperbarui domain dalam setiap satu tahun (asumsi kita ingin menjaga web terus beroperasi).

Berikut beberapa web penyedia layanan pendaftaran nama domain yang popular (link dibawah ini tidak bekerja sama dengan nyekrip.com dan bukan link afiliasi).

  • Namecheap.com: Menyediakan layanan pendaftaran dengan harga yang terkenal murah dan ekonomis. Meskipun terkenal dengan harga yang murah, web ini tetap menyediakan fitur yang cukup lengkap.
  • GoDaddy.com: Menyediakan layanan pendaftaran nama domain yang lengkap, hosting, dan alamat e-mail. Web ini memiliki reputasi yang baik dan mudah untuk dihubungi jika memerlukan bantuan.
  • Name.com: Sama bagusnya dengan web yang telah disebutkan diatas, bisa menjadi pilihan jika ingin berpindah.

Cara Daftar domain dengan GoDaddy

GoDaddy adalah salah satu yang paling terkenal sebagai web pendaftar nama domain, yang saya kita gunakan sebagai contoh di sini. Berikut langkah-langkah dalam mendaftar.

home_godaddy_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Halaman awal godaddy

Kunjungi web godaddy.com dan carilah nama domain yang di-inginkan. Periksa ejaan dengan teliti, pastikan untuk tidak salah ketik disini.

Contoh kita mencari nyekripyuk, perhatikan gambar diatas, isikan kata kata nyekrip pada kotak pertama, setelah itu pilih kotak kedua (tombol “ SEARCH DOMAIN “).

Pastikan nama domain yang di-inginkan benar-benar tersedia, jika tidak, kita tidak dapat membelinya.

GoDaddy bertanya apakah kita ingin mendapatkan versi .com (default). Pilih jenis domain yang Anda inginkan. Dalam hal ini, kita ingin .com. Ini berarti mengklik tombol hijau untuk .com.

Pastikan bahwa halaman mengatakan jumlah yang benar dari domain yang dipilih yaitu 1 untuk contoh ini. Kemudian tekan tombol Continue to Cart.

domain_terpilih_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Domain Terpilih

Pada halaman berikutnya, kita akan ditanya apakah kita ingin privasi domain. Ini menyembunyikan informasi pribadi kita dari siapapun yang berusaha untuk mencari pemilik domain. kita dapat mengaktifkan ini, tetapi biayanya kurang lebih £ 5,99 setiap tahun. Sebenarnya ini tidak terlalu perlu. Untuk lebih jelas baca artikel Wikipedia entry on domain privacy.

Abaikan pilihan untuk hosting dan email (gulir ke bawah halaman) dan klik tombol orange “ Continue to Cart”.

tombol_continue_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Tombol Continue

GoDaddy akan menawarkan lebih banyak pilihan seperti privasi domain, domain dengan akhiran yang berbeda, sertifikasi domain dan visibilitas mesin pencari. Lupakan ini, karena tujuan kita hanya membeli domain, tanpa embel-embel lain.

bayar_domain_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Membayar Domain

Perhatikan gambar diatas, sekali lagi baca dengan teliti poin yang telah ditunjuk dengan panah hijau, jika sudah silahkan untuk klik tombol “ Proceed to Checkout “.

Kita akan dibawa ke halaman login atau daftar jika kita belum pernah mendaftar.

login_atau_daftar_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Daftar atau Login

Jika belum memiliki akun, silahkan untuk mendaftar. Isikan untuk username, password, no telepon, alamat, email dan metode pembayaran. Dalam tutorial ini kita memakai metode paypal. Setelah kita mengisi maka kita akan diarahkan dalam halaman paypal. Silahkan login ke paypal dan bayar.

bayar_domain_paypal_Cara_Daftar_Domain_Blog_Website_Lengkap_–_Nyekrip

Membayar Dengan Paypal

Setelah membayar kita akan menerima email konfirmasi yang memberitahu kita tentang apa yang kita beli dan memberikan nomor pelanggan. Tetap ingat username dan password, catat jika takut lupa.

Kesimpulan

Cara diatas merupakan cara yang bisa kita terapkan jika kita menginginkan pembelian nama domain pada godaddy, untuk cara daftar domain pada tempat lain mungkin akan sedikit berbeda dengan cara diatas, namun intinya sama yaitu dimulai dengan pencarian nama domain untuk ketersediaan dan dilanjutkan ke arah pembayaran dan pembuatan akun jika anda belum terdaftar.

Sebelum menetapkan dimana anda membeli nama domain, gunakan tips berikut agar kedepannya anda terhindar dari masalah.

  1. Jika masih ragu akan nama domain, jangan mencoba mencari nama domain pada penyedia layanan hosting, biasanya akan langsung dibeli sama penyedia-nya dan dinaikkan harganya.
  2. Belilah dalam jangka lebih setahun, untuk meminimalkan orang yang memanfaatkan kelengahan anda dalam renew update domain.
  3. Jangan sekali-kali memasukkan nama domain anda dengan istilah yang mempunyai badan hukum, misal betterthanhonda.com. Anda akan dituntut honda 🙂

Demikian tutorial Cara Daftar Domain Blog Website Lengkap, semoga membantu untuk belajar mendaftarkan nama domain dengan GoDaddy. Silahkan kirim komentar jika ada hal yang ingin ditanyakan. Terimakasih.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Rizaldy Pedia

    Ane Biasanya dari Namecheap… Awalnya ane bingung karena gak pernah beli domain di internet… Karena dulu pake domain bawaan aja… Hehehe

    1. Admin Article Author

      iya gan, tetapi kan orang sekarang sudah mengerti kalau buka hanya .com saja, jadi silahkan pilih yang lain. 🙂

  2. Eric

    saya cuma mau menambahkan jika promo2 yang ada di web penyedia hanya berlaku untuk tahun pertama, jadi jangan pada salah ya guys. sukses untuk webnya min.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *