Cara-Cepat-Export-Tabel-Html-ke-Excel-dengan-PHP-Cover--Nyekrip

Cara export tabel html ke excel: Dalam pembuatan program SIM(Sistem Informasi Manajemen), pasti ada bagian reporting. Bagian reporting dibutuhkan untuk mengelola data yang telah diinput untuk dijadikan laporan, biasanya laporan ini akan diolah kembali atau langsung didistribusikan.

Dalam modul reporting tersebut pasti ada fitur export, baik export ke Pdf ataupun export ke Excel. Jika SIM yang kita buat dalam bentuk web dan PHP sebagai bahasa pemograman-nya, maka kita bisa menggunakan fungsi header dari PHP yang sangat simple untuk merubah tabel html ke bentuk format Microsoft Excel.

Sebenarnya terdapat beberapa library untuk melakukan export, tapi di tutorial ini kita akan menggunakan cara paling cepat, yaitu menggunakan fungsi header. Ok langsung saja kita mulai.

Cara Export Tabel Html: Skrip PHP

Pertama kita ketik-kan skrip dibawah ini, skrip berikut adalah fungsi header yang dimaksud.

Pada baris bertama berfungsi untuk merubah tabel  HTML ke file excel, sedangkan pada baris kedua berfungsi untuk menentukan nama file hasil export.

Cara Export Tabel Html: Skrip HTML

Setelah kita mengetikkan skrip fungsi header, maka selanjutnya kita buat tabel HTML, dalam tabel HTML tersebut kita masukkan data-data yang ingin diexport. Jika anda mempunyai data dari MySQL atau sumber database lain, anda bisa menyisipkan data tersebut di dalam tabel HTML. Oke, sebagai contoh kita akan menggunakan skrip tabel HTML berikut:

 

Perhatikan pada skrip tabel HTML diatas, pada tabel kita berikan atribut border dan valunya kita set angka 1. Dengan pemberian atribut border, maka hasil export akan mempunyai border juga, ini menunjukkan bahwa pengaturan atribut pada tabel HTML juga berdampak pada hasil export.

Kita juga bisa menambahkan atribut lain seperti rowspan dan colspan, dengan begitu kita bebas memodifikasi hasil export dan tidak hanya melulu dengan hasil export yang standar.

Hasil Akhir

Hasil akhir skrip Cara cepat export tabel html ke excel sebagai berikut:

Cara Export Tabel Html ke Excel dengan PHP -Nyekrip

Kotak Dialog Hasil Export

Simpan skrip diatas dalam file php. Ketika dijalankan file tersebut maka akan langsung  muncul kotak dialog untuk menyimpan file “hasil.xls”.

Gunakan cara ini jika menginginkan hasil yang cepat, tapi juga perlu diperhatikan bahwa cara ini ditujukan untuk export data yang tidak terlalu rumit dan komplek.

Happy Nyekrip! Terimakasih.

About The Author

Comments

  1. Hendro PS

    mau tanya, saya ikuti cara ini sukses membuat file xls

    namun kendalanya ketika value nya berupa angka ribuan dengan separator koma (24,040) , setelah create ke xls, hasil nya adalah 24,04

    apakah ada caranya agar yang ter konvert ke xls full semua dibelakang koma?

    thx sebelumnya

  2. ady

    gimana min kalau 2 tabel html namun simpannya beda sheet di excel ?? mksih sebelumnya min… mudah2an bisa kejawab

  3. Fadli Irawan Marjan

    Wah, makasih banyak ini gan. sangat bermanfaat. penulisannya juga mudah untuk bisa di mengerti gan. makasih sekali lagi.

  4. Winda

    makasih infonya min, saya mau nnya kalo cara agar dimulai dari kolom B gimana ya? trus kalo mau mengatur warna tabelnya gimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *