Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Cara hosting website blog atau website sangatlah mudah jika kita memanfaatkan CPanel, lain cerita jika kita menggunakan tempat hosting kosongan atau masih belum ter-install apapun, kita harus menyiapkan mysql (bagi yang menggunakan mysql), apache (bagi yang menggunakan php) dan lain-lain.

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas cara mendaftarkan domain, jika belum silahkan kunjungi tutorial ” Cara Daftar Domain Blog Website Lengkap ” dan sekarang saatnya kita membahas tutorial cara hosting web atau blog dengan cpnel. Oh ya, dalam hosting web atau blog, apapun itu jenis blog atau web-nya, cara-nya tetaplah sama. Langkah dasar-nya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan database local (bisa di dump dulu)
  2. Siapkan files php atau sejenis (asp atau lainnya)
  3. Filezilla atau alat upload lainnya (ftp)
  4. Tempat hosting (ya iya lah 🙂 )
  5. Pastikan tempat hosting sudah tersedia tempat running database dan php kita (biasanya ada cpnel untuk ini)
  6. Setting pengaturan database local ke database hosting pada file php pengatur koneksi
  7. Testing and running
cpanel_logo_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

CPanel dan WordPress

Cara Hosting Website Blog WordPress menggunakan CPanel

Perhatikan pada point nomor 5 diatas, supaya tutorial tidak terlalu melebar, pada tutorial kali ini kita hanya membahas cara hosting web atau blog dengan cpnel. Bagi yang calon tempat hosting-nya tidak ada CPanel, akan dibuatkan tutorial khusus untuk install manual database mysql dan apache. Untuk jenis blog atau website yang akan kita hosting dalam tutorial ini adalah ” WordPress “.

Masih ingat dengan tutorial ” Cara Install WordPress Offline di Xampp Manual “, disitu kita telah install wordpress secara local di pc kita, biasanya cara ini ditempuh dalam rangka development theme. Dalam tutorial ini, kita akan hosting blog wordpress lokal kita ke penyedia hosting yang tentunya sudah menyediakan CPanel.

Dengan mengikuti proses pada tutorial ini, kita akan memindahkan semua konten kita di localhost (posting, halaman, gambar, dll), template, serta plugin dari server lokal ke tempat hosting.

Langkah Pertama : Eksport Database Lokal WordPress

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah ekspor database Database Lokal. Kita akan menggunakan phpMyAdmin untuk melakukan eksport. Untuk akses phpMyAdmin cukup ketik-kan alamat http: //localhost/phpmyadmin/ pada browser dan klik database WordPress. Berikutnya, klik tombol Ekspor pada menu bar.

Cara_export_database_wordpress_lokal_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Export Database melalui phpMyAdmin

  1. Perhatikan bahwa yang dieksport adalah database yang akan dikehendaki untuk kita hosting
  2. pilih menu expor
Cara_export_database_wordpress_lokal2_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Export Database

  1. Menu export
  2. Pilih Kustom
  3. Pilih Semua Tabel
  4. Kompresi, pilih gzip

Dalam opsi Metode Ekspor pilih metode kustom, yang akan memberi kita lebih banyak pilihan untuk mengekspor database. Pilih semua tabel untuk ekspor dan gzip untuk kompresi. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan tekan tombol Go/Kirim untuk men-download database.

Langkah 2: Mengupload File WordPress (Hosting WordPress)

Sekarang buka software FTP dan koneksikan ke web hosting. Setelah terhubung ke situs, pastikan kita meng-upload file dalam direktori yang tepat. Sebagai contoh jika kita ingin situs yang akan di-host di yoursite.com, maka kita akan meng-upload semua file dalam direktori public_html dalam server hosting.

Mengupload_File_Wordpress_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Upload File WordPress

  1. Alamat web wordpress lokal
  2. Alamat web hosting
  3. Pilih semua file, klik kanan dan pilih upload

Langkah 3: Membuat Database MySQL di Server Hosting

Pada saat FTP meng-upload file WordPress, kita dapat sekalian mengimpor database ke server hosting. Karena tutorial ini membahas cara hosting blog wordpress dengan CPanel, jadi kita akan membahas cara untuk membuat database menggunakan CPanel. Login ke dashboard CPanel dan klik ikon MySQL database yang dapat ditemukan di bagian database.

Membuat_Database_MySQL__Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Membuat Database

Pada layar berikutnya, silahkan membuat database dengan memasukkan nama untuk database.

Membuat_Database_MySQL2__Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Membuat Database MySQL

Setelah membuat database, gulir ke bawah untuk bagian user MySQL dan membuat atau menambah user yang sudah ada ke database. Setelah menambahkan user, CPanel akan membawa kita untuk mengatur hak MySQL untuk user tersebut. Cukup berikan semua hak istimewa kepada user yang baru kita tambahkan atau buat tadi.

Membuat_Database_MySQL3__Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Membuat user database

Langkah 4: Mengimpor Database WordPress di Server Hosting

Langkah berikutnya dalam proses ini adalah untuk mengimpor database WordPress. Silahkan menuju ke dashboard CPanel, gulir ke bawah ke bagian database dan klik phpMyAdmin. Ini akan membawa kita ke phpMyAdmin.

Mengimpor_database__Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Impor Database

phpMyAdmin akan menunjukkan database baru yang telah kita buat sebelumnya. Klik pada tab Impor di menu atas. Pada halaman impor, klik pada tombol pilih berkas dan kemudian pilih file database gzip (file gzip sudah kita buat pada langkah sebelumnya). Terakhir, tekan tombol Go di bagian bawah halaman. phpMyAdmin sekarang akan mengimpor database WordPress.

Langkah 5: Mengubah URL Web

Sekarang kita perlu mengubah URL web atau blog, sehingga kita dapat membuat situs WordPress bisa diakses secara online. Di phpMyAdmin, carilah tabel wp_options dalam database yang baru saja kita impor pada langkah 4. Jika Anda mengubah prefix database, maka bukan wp_options.

Klik pada tombol browse (jelajahi) di sebelah wp_options atau link pada sidebar untuk membuka halaman dengan daftar field dalam tabel wp_options. Lihat gambar di bawah:

Ubah_URL_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Mengubah URL

Di bawah field options_name, carilah row dengan value siteurl. Klik ikon Ubah yang dapat ditemukan di paling kiri pada awal baris.

Ubah_URL2_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Ubah URL pada Field ini

Ketika mengklik ikon ubah, maka window baru akan muncul. Dalam kotak input ‘option_value‘, kita akan melihat URL lokal seperti: http://localhost/wordpress. Hati-hati memasukkan url situs baru di bidang ini, misalnya: http://www.nyekrip.com. Simpan dengan mengklik tombol Go / kirim. Lakukan hal yang sama untuk field options_name berisikan home.

Langkah 6: Setting Koneksi Database

Sekarang kita telah mengimpor database, dan semua konten kita sudah di-upload, sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi WordPress. Pada saat ini, jika kita mencoba akses situs, maka situs kita akan menununjukkan halaman error berupa kesalahan koneksi database.

Untuk mengatasinya, silahkan buka program ftp dan rubah file wp-config.php. Atur nama database, user dan password yang telah dibuat sebelumnya di langkah 3. Simpan file wp-config.php dan upload kembali ke server Hosting.

Langkah 7: Memperbaiki Url Gambar dan Broken Link dengan Update Database

Setiap kali kita pindah situs WordPress dari satu domain ke yang lain, atau dari server lokal ke situs Hosting, kita akan mendapati link yang rusak dan hilang sehingga juga menimbulkan masalah pada load gambar. Kita bisa menggunakan query SQL atau menggunakan plugin Velvet Blues WordPress.

Ubah_URL_gambar_Cara_Hosting_Website_Blog_Wordpress_CPanel_–_Nyekrip

Plugin Pengubah URL

Bagi yang ingin melakukannya melalui SQL, berikut adalah query SQL sederhana yang bisa mengatasi masalah ini:

Silahkan menuju ke phpMyAdmin, klik pada database dan kemudian klik pada menu SQL. Tulis query ini tapi jangan lupa untuk mengubahnya dari situs lokal dengan URL situs yang baru.

Kesimpulan Cara Hosting Blog atau Website

Deikian tutorial Cara Hosting Website Blog WordPress CPanel, semoga bermanfaat bagi pengunjung. Oh ya, semoga web yang sudah di-upload bisa berjalan dengan sempurna. Jangan lupa segera cek situs untuk memastikan bahwa setiap hal bekerja dengan baik seperti yang diharapkan.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai masalah dan pertanyaan apapun jangan ragu untuk komentar di bawah ini dan kami akan mencoba untuk membantu sebanyak yang kami bisa.

Happy Nyekrip! 🙂

About The Author

Comments

  1. Mujahid Shafi

    mas kalo ada tulisan Error establishing a database connection
    kenapa ya?
    langkah diatas sudah ane coba berkali” tapi tetep aja hasilnya seperti itu.
    mohon bantuannya 🙂

  2. aep

    Gan,
    need your assistance nih, gw baru mau mulai ngblog, udah daftar nih di wordpress terus ane gak paham nih mau mulai dari mana, banyak cara-cara yang belum ane pahamin nih masalah tentang buat web easyreader, menu menu terus tampilan setiap materi yang kita post.

    mohon bantuanny yaa gan,start from scratch..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *