Cara-Install-Wordpress-Offline-di-Xampp-Manual-Cover-Nyekrip

Tutorial cara install wordpress offline di xampp secara manual ini ditujukan jika kita ingin mengembangkan web berbasis wordpress di pc secara offline, dengan cara ini kita bisa mengedit atau memodifikasi tema, mencoba berbagai plugin sampai merubah file skrip wordpress secara aman dan cepat.

Yang akan kita lakukan dalam cara install wordpress offline adalah dengan menggunakan XAMPP yang merupakan server web yang gratis dan lengkap, sudah mencangkup Apache dan database MySQL yang merupakan alat penting untuk menjalankan setup wordpress. Jika kita menggunakan OS Linux, maka kita akan menggunakan LAMP.

xampp_icon_nyekrip

logo xampp

Pengertian XAMPP untuk Install WordPress Manual

XAMPP merupakan singkatan dari cross-platform(X), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Merupakan server web lokal yang ringan untuk tujuan pengujian. Karena XAMPP adalah cross-platform, maka juga bekerja pada Mac dan Linux (LAMP), pada tutorial cara install wordpress offline ini kita akan menggunakan  XAMPP pada Windows 7.

WordPress bukanlah aplikasi yang bisa berdiri sendiri melainkan membutuhkan perangkat lunak server untuk menjalankan-nya. XAMPP menyediakan perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan WordPress pada server lokal. Download XAMPP versi terbaru di halaman ” https://www.apachefriends.org/index.html “.

Untuk cara install XAMPP di windows, silahkan kunjungi tutorial ” Cara Install XAMPP Web Server di Windows “. Setelah anda install XAMPP maka pastikan untuk menghidupkan atau mengaktifkan Apache dan MySQL pada kontrol panel seperti gambar dibawah, lihat background hijau untuk memastikan-nya. Untuk selajutnya ikuti langkah-langkah cara install wordpress offline menggunakan XAMPP dibawah ini.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_aktifkan_apache_mysql_-_Nyekrip

Gambar Panel Xampp

Langkah 1: Membuat Database Cara Install WordPress Offline

Wordpress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang membutuhkan MySQL untuk menyimpan semua informasi yang berhubungan dengan posting, halaman, komentar, format post, identitas pengguna dan pengaturan kustom lainnya. Kita akan menggunakan phpMyAdmin untuk membuat database MySQL.

Setelah anda install XAMPP dan menghidupkan Apache dan MySQL pada kontrol panel, silahkan menuju link ” http://localhost/phpmyadmin/ “. Maka halaman web akan menampilkan dashboard phpMyAdmin, buat database dengan nama ” tesdb ” (tanpa tanda petik) atau dengan nama lain. Perhatikan gambar berikut.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_Membuat_Database_-_Nyekrip

Gambar Membuat Database

Pada gambar diatas letakkan nama database pada kolom yang ditunjukkan kotak hijau no 1 dan klik tombol ” Buat ” yang ditunjukkan kotak hijau no 2. Jika berhasil akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_Pesan_Sukses_-_Nyekrip

Gambar Sukses

Sampai disini untuk cara membuat database wordpress secara offline, kita juga bisa membuat database baru lagi dengan cara diatas.

Langkah 2: Persiapan Cara Install WordPress di XAMPP

Sekarang waktunya untuk menginstal wordpress secara offline. Sebelum melakukan-nya kita harus men-download file wordpress terlebih dahulu. Silahkan kunjungi halaman wordpress di ” https://wordpress.org/ ” dan klik tombol ” Download WordPress ” pada halaman web tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_Download_-_Nyekrip

Download WordPress

Maka kita akan mendapatkan file wordpress dalam format zip. Supaya WordPress bisa bekerja dengan XAMPP kita perlu unzip WordPress ke folder yang tepat. Sekarang kita menuju ke folder tempat XAMPP di instal dan buka folder htdocs, yaitu di ” C:\xampp\htdocs “. Perhatikan gambar dibawah.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_htdocs_-_Nyekrip -2

Isi Folder Htdocs

Unzip WordPress ke dalam folder htdocs (gambar diatas) dan nama folder bisa kita ubah sesuai kebutuhan. Dalam tutorial ini nama folder dibiarkan standar dengan nama ” wordpress “. Buka folder WordPress kita, temukan file ” wp-config-sample.php ” dan rename (ubah nama) ke ” wp-config.php “. Buka file dan gulir ke bawah sampai melihat baris berikut:

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_Setting_Skrip_-_Nyekrip

Skrip Config

Ini merupakan baris kode yang menentukan rincian login untuk database. Perhatikan nomor pada gambar.

  • Pada nomor 1: – Ganti ” database_name_here ” dengan nama database yang kita buat sebelumnya, yang dalam tutorial ini adalah ” tesdb “.
  • Pada nomor 2: – Ganti ” username_here ” dengan ” root “
  • Pada nomor 3: – Hapus tulisan ” password_here ” menjadi ” ” (dibuat kosong)
  • Pada nomor 4: – Biarkan saja

Simpan file dan dan tutup. Sekarang kita bisa melanjutkan memulai menginstal WordPress.

Langkah 3: Memulai Cara Install WordPress Offline

Sekarang buka browser dan ketik-kan alamat ” http://localhost/wordpress/ ” dan pilih bahasa indonesia dan klik ” Lanjutkan “. Kita akan melihat halaman selamat datang untuk proses instalasi WordPress.

Cara_Install_Wordpress_Offline_di_Xampp_Manual_selamat_datang_-_Nyekrip

Instalasi WordPress

Masukkan rincian dan klik ” Instal WordPress “. Instalasi WordPress sudah selesai!

Jika anda ingin membuat blog yang gratis dengan wordpress di wordpress.com, silahkan kunjungi tutorial ” Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Lengkap “.

Demikian tutorial Cara Install WordPress Offline di Xampp Manual, silahkan ajukan pertanyaan jika ada langkah yang kurang dipahami. Terimakasih.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: hy teh | My Blog

  2. Pingback: Daftar CMS Website Terbaik dan Gratis HTML5 | novarizakhairani

  3. riza

    Mas tutorialnya bisa di kirimkan ke email sy ga….cara untuk buat dari offline localhost website ini ke online dari buat domain, hosting dan upload filenya

  4. Asykur

    Gan ini waktu ke “localhost/wordpress/” kok gak bisa ya. can’t reach this page padahal xampp udah nyala
    mohon pencerahannya makasih

    1. Admin Article Author

      itu dalam tabel wp_options, banyak hal yang harus cek ketika eror itu muncul, perhatikan gambar Skrip Config diatas. atau coba kirimkan screenshot error ke email nyekripweb gmail. 🙂

  5. fais

    makasih om, saya udah berhasil
    cuma mau nanya cara masukin / input datanya scr offline bagaimana? di wordprees ato di phpmyadmin?
    trus cara

  6. Engkus

    import local wordpress ke live wp harus pake pay plan ya master?
    di worpress free plan ga ada option kaya wpadmin, tool, plugin juga ga bisa di akses…

    mohon rekomendasi dong master dengan template/content dari local bisa di export ke hosting apa aja yg gratis…heeee
    caranya biar ane ngulik sendiri hint hosting/domainnya aja

    mkasih master

    1. Admin Article Author

      intinya mau cari hosting gratis? coba search di google ada kok, cuma jangan gratis mulu ya.. hehe

  7. yudhaligar

    Sangat membantu mas, karena saya pun masih awam..
    .panduan nya per step dengan menggunakan gambar membantu..

  8. Dimas

    Maaf mau tanya , saya punya tugas , berkaitan tentang pembuatan sebuah sistem informasi. Yang saya bingungkan, ini saya mulai dari mana? untuk membuat sebuah sistem informasi kecil – kecilan . Dan kompiler apa yang mudah untuk d gunakan , baik secara koding dan desain webnya itu sendiri ?

    1. Admin Article Author

      maaf komen anda out of topic, akan saya bantu jawab, untuk kompiler untuk php dengan mengaktifkan apache dan mengakses ke browser. untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan kirim email, mohon untuk tidak komentar yang out of topic. 🙂

  9. imran

    Salam Kompak…
    Mas, untuk install wordpress offline, kita kan membutuhkan database pada xampp.
    Nah, saat membuat database, kita diminta mengisi nama database dan setelah tombol create kita tekan, lalu kita diminta mengisi nama table, ok kita masukkan nama table. tapi setelah itu kita diminta lagi mengisi beberapa field. Nah yg jadi pertanyaan saya, apa yang harus saya isi kedalam field tersebut?
    Terima kasih banyak…

  10. Kurniawan Chandra Wijaya

    Cara buka file ” wp-config-sample.php ” dan rename (ubah nama) ke ” wp-config.php “ file untuk ganti baris kode login untuk database bagaimana? Maaf saya masih pemula

  11. Iwan

    Cara buka file “wp-config.php” Bagaimana? Saya dobel klik kok gak keluar coding yang akan diedit? Maaf saya masih pemula mohon pencerahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *