Cara-Koneksi-Database-MySQL-dengan-PHP-Nyekrip

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara koneksi database MySQL dengan bahasa PHP. PHP adalah bahasa pemrograman umum yang paling banyak digunakan untuk pengembangan web. PHP sangat cepat dan fleksibel dan banyak digunakan oleh situs-situs paling populer di dunia.

PHP adalah singkatan dari “PHP Hypertext Preprocessor”, PHP sendiri awalnya kependekan dari “Personal Home Page Tools” dan sebagian besar pengembang web membuat konten dinamis yang berinteraksi dengan database melalui PHP.

Database adalah sekumpulan data yang telah terorganisir sehingga memudahkan program komputer untuk mengakses kebagian data yang dibutuhkan. Database yang akan kita akses pada tutorial ini adalah database MySQL.

Pertama kali yang akan kita lakukan adalah membuka koneksi dengan database dan setelah membuka database, kita dapat melakukan beberapa fungsi yang berbeda seperti menambahkan, menghapus, memperbarui dan mengubah data dalam tabel di database MySQL.

Hasil_Akhir_Cara_Koneksi_Database_MySQL_dengan_PHP_Nyekrip

Hasil Akhir

Cara Membuka Koneksi dengan Database MySQL PHP

PHP memiliki banyak fungsi berbeda yang telah built-in untuk manipulasi database. Berikut ini adalah fungsi-fungsi built-in, dan kita pasti akan menemukan ketika membuat aplikasi yang berhubungan dengan PHP dan MySQL:

Membuka koneksi database MySQL PHP

Seperti yang telah disebutkan, sebelum merubah isi tabel dari database, pertama yang harus kita mulai adalah membuat skrip agar terhubung ke database. Fungsi mysql_connect(), seperti namanya, digunakan untuk menghubungkan ke database MySQL.

Perhatikan empat baris skrip pertama yang ditunjukkan di atas, skrip tersebut merupakan pengaturan variabel. Variabel pertama adalah $user_name sedangkan variabel kedua adalah $password, variabel pertama berisi nilai root sedangkan variabel kedua bernilai "" alias kosong, kita menentukan nilai ini karena nilai ini adalah nilai default untuk database MySQL.

Berikutnya adalah variabel $database yang berisi nama database yang ingin dituju dan variabel $host_name yang berisi nama host tempat database berasal. Jika anda belum mempunyai server lokal yang berisi PHP dan MySQL, anda bisa install web server lokal dengan mengikuti tutorial Cara Install XAMPP Web Server di Windows.

INFOJika anda menggunakan database MySQL yang berasal dari XAMPP, maka nama host adalah “localhost” -tanpa tanda petik-, dengan asumsi bahwa database anda berada pada lokal komputer. Pada kasus lain nama host juga bisa berupa nama lainnya dan juga bisa berupa IP.

Baris Skrip PHP di atas digunakan untuk terhubung dengan database dan umumnya berisi tiga parameter termasuk nama host, username dan password database yang baru saja kita isi sebelumnya pada variabel.

Jika tidak ingin menggunakan variabel, maka kita bisa langsung menggunakan nilai tersebut seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Menentukan Database yang ingin dibuka

Pada kode yang telah ditunjukkan di atas, kita telah menyatakan variabel $database berisi nama database yang kita tuju. Mari kita menggunakan variabel tersebut untuk cek apakah database tersebut tersedia atau tidak.

Pada skrip diatas terdapat fungsi mysql_select_db(), fungsi ini adalah fungsi built-in PHP yang digunakan untuk memilih database MySQL yang ingin kita hubungkan. Selanjutnya fungsi mysql_select_db() mengembalikan nilai true jika database yang kita masukkan ditemukan dan mengembalikan nilai false jika database tidak ditemukan, jika nilai tersebut true maka akan menampilkan pesan “Koneksi Terbuka”.

Skrip diatas memiliki kekurangan dalam hal penampilan pesan jika database yang dituju tidak tersedia, maka dari itu kita membuat dan menggunakan variabel untuk menyimpan nilai mysql_select_db() dan mysql_connect(). Dengan variabel tersebut kita dapat menguji dengan if else untuk memeriksa apakah database ditemukan atau tidak.

Database_Ditemukan_Cara_Koneksi_Database_MySQL_dengan_PHP_Nyekrip

Database Ditemukan

Cara Menutup Koneksi Database MySQL PHP

Dalam PHP, mysql_close() digunakan untuk menutup koneksi ke server database MySQL. Kita dapat menggunakan skrip berikut untuk menutup koneksi:

Mari kita tambahkan skrip diatas, sehingga skrip akhir menjadi seperti ini.

Menampilkan isi Tabel dari Database MySQL PHP

Sekarang kita telah mengetahui bagaimana menghubungkan database dan kemudian menutupnya, selanjutnya mari kita mencoba mengambil data atau membaca data tabel dari database MySQL menggunakan PHP.

Tabel_Cara_Koneksi_Database_MySQL_dengan_PHP_Nyekrip

Isi Tabel yang ditampilkan

Hasil_Akhir_Cara_Koneksi_Database_MySQL_dengan_PHP_Nyekrip

Hasil Akhir

Sebelum ditampilkan, maka kita harus memastikan bahwa terdapat tabel dalam database yang kita buka, anggaplah nama tabel tersebut adalah “nyekriptabel” dan telah memiliki 3 baris isi. Untuk mengambil dan menampilkan isi dari tabel “nyekriptabel” dalam database “nyekripdatabase”, maka kita menggunakan fungsi mysql_fetch_assoc(), selengkapnya perhatikan skrip berikut.

Perhatikan skrip diatas, jika database tersedia maka query “select * from nyekriptabel” akan berjalan menggunakan fungsi mysql_query() dan hasilnya disimpan dalam variabel $hasil. Fungsi mysql_fetch_assoc() digunakan untuk mengambil data dari $hasil dan disimpan dalam $field_db. Setelah tersimpan dalam $field_db, maka kita tinggal menampilkan data sesuai nama kolom.

Sekian tutorial Cara Koneksi Database MySQL dengan PHP, cara diatas termasuk salah satu cara dari beberapa cara. Perlu diketahui juga bahwa MySQL dan PHP bersifat gratis sehingga membuat mereka menjadi pasangan yang paling terkenal.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Sayyid

    Ana baru tahu nih gan, ada fungsi close mysql. Selama ini ana gak pernah pakai fungsi tsb. Apakah akan terjadi masalah di kemudian hari jika koneksi yang kita buka gak kita tutup lagi gan? Krn selama ini blm ada masalah. Apa memang wajib ada close mysql ya? Trims atas jawabanya.

  2. Pingback: PHP dan MySQL | Wawan JUMAWAN

  3. Hafid Dwi Adha

    makasih min. tp saya mau nanya, utk tampilan di browser nya tidak berupa tabel ya? saya mau pakai tabel min, gmana caranya?

  4. Zara

    Gan..
    MiNta tolong solusinya..
    Saya udah bikin web.. Tapi koneksinya lewat blog.
    Kalo saya mau bikin database nya gimana caranya gan ?
    Terimakasih

    1. Admin Article Author

      Saya udah bikin web.. Tapi koneksinya lewat blog. kata-kata ini maksudnya apa ya? koneksi yang seperti apa?

      1. nandawan

        sebenar ya mariaDB dan MYSql sama ajakan karena simpembuat cuma hanya merubah nama nya .. lalu knp sekarang adanya ya mySQLi yang katanya berbeda dengan mysl

  5. ivan

    gan mau nanya nih, saya punya server yg di dalam servernya sudah terdapat database, nah saya ingin menarik data yg ada di dalam database tersebut ke database localhost saya
    mohon bantuannya ya gan

    makasih

    1. Admin Article Author

      jika database di server berukuran tidak terlalu besar, mendingan di dump aja, abis itu dump-nya tinggal di run di localhost. 🙂

  6. didit

    kok gini om
    Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/u706590143/public_html/inc/inc.db.php on line 7

    1. Admin Article Author

      itu menunjukkan bahwa versi php agan lebih baru dan kode disini sudah tidak support php terkini, nanti akan saya update untuk kodenya. 🙂

  7. sukron

    terimakasih infonya bagus sekali,
    bagaimana caranya agar form isian semisal bioadata diri di php bisa konek dengan mysql, maaf gan saya masi baru dalam dunia website..

    1. Admin Article Author

      pakai form post atau get, lalu tinggal di push ke database. kedepan akan saya buatkan tutorial-nya. 🙂

  8. imam

    mau nanya sedikit,kalau aplikasi server tidak bisa dibuka dengan keterangan “Authentication to ‘localhost’ for user ‘root’ using method ‘mysql_native_password’ failed with message:Access denied for user ‘root’@localhost'(using password:Yes),itu bagaimana ya mengtasinya?

    1. Admin Article Author

      jalankan perintah pada terminal
      mysqladmin -u root -p password
      enter your current password

      lalu

      enter your new password

      dengan begini, akan memasukkan password baru. takutnya kasus anda karena masalah password.

  9. fa

    hai min mau tanya nih
    ketika kita buat file konfigurasi koneksi.php

    apa juga memerlukan variabel untuk menutup konekti atau ini hanya bersifat opsional
    karena yang saya pelajari

    tutup koneksi tidak di gunakan

    terima kasih

  10. roro

    min mau tanya ini kan untuk port defaul (80), nah kalau untuk port 8080 apakah localhost tetap seperti itu atau diganti localhost:8080?

    1. Admin Article Author

      Option 1
      localhost/web sama dengan localhost:80/web atau 127.0.0.1:80/web

      Option 2
      localhost:8080/web sama dengan localhost:8080/web atau 127.0.0.1:8080/web

  11. roro

    jadi skrip diatas untuk port 8080 jadi (misal)

    $user_name = “root”;
    $password = “”;
    $database = “inicontohdatabase”;
    $host_name = “localhost:8080”;
    atau
    tetep $host_name = “localhost”;
    ?
    makasih min untuk jawabannya 😀

  12. Fitri

    kalau web sudah jadi, bagaimana cara menyambungkan atau koneksi ke database, agar data yang sudah ada bisa dipanggil ketika di search, penjelasan di atas masih belum mengerti. Terima kasih, mohon bantuannnya.

    1. Admin Article Author

      saya belum mencoba php7, jika yang dimaksud connect menggunakan mysqli maka tutorial diatas tidak bisa 🙂

  13. febri

    kalau mau upgrade ke php 7, sebenarnya software apa saja yang dibutuhkan? saya masih belum paham. apakah masih sama dengan php versi sebelumnya? mohon balasannya. terima kasih

  14. iqbalkhs

    maaf untuk penulis postingan ini atas nama siapa? karena saya akan memasukan website ini kedalam daftar pustaka sebuah makalah jika diperbolehkan

  15. darma

    min numpang tanya saya copy source codenya.. terus saya contohin tapi ngga tampil Database ditemukannya min.. itu kenapa yah???

  16. Ika Yunida Anggraini

    Kalo koneksi form ke database gimana ya? Misalnya kita input data di form, terus datanya bisa masuk ke database gitu.

    1. Admin Article Author

      pelajari form dan action to menangkap variable tiap bagian form dan lempar ke query 🙂

  17. aristiawan

    Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in D:\stikom\xampp\htdocs\uas\koneksi.php:7 Stack trace: #0 D:\stikom\xampp\htdocs\uas\komik.php(2): include() #1 {main} thrown in D:\stikom\xampp\htdocs\uas\koneksi.php on line 7

    gan klo kayak gini kesalahannya dmna??

  18. Argo

    Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in C:\xampp\htdocs\tes\koneksi.php:8 Stack trace: #0 {main} thrown in C:\xampp\htdocs\tes\koneksi.php on line 8.

    itu maksudnya apa ya? kok gk bisa connect

  19. Dwi

    Warning: mysqli_select_db() expects exactly 2 parameters, 1 given in D:XAMPP1htdocsbelajar_phpdatabasemysql_connect.php on line 31
    Database Tidak Ada

    mas kalo kaya gini, solusinya apa? scriptnya sama mas

  20. sandy ma

    gan , kalau hostingannya bukan make local kaya xampp, saya make dari idcloudhost jadi pas nge define HOST di tari link apanya gan ?

  21. Herman

    Sudah lama tidak utak atik php, tadi malam coba bikin data base, terus bikin skrip utk koneksi database mysql. Lha koq bisa error. Terus coba browsing skrg mysql_connect() tidak jalan diphp 5 keatas. Nah pertanyaaannya tutorial utk yg ini yg mana min?

    1. Admin Article Author

      ini pakai php yang lama masih versi 5 cuma yang awal, rencana mau update cuma masih belum sempat.. hehe

  22. Joe

    master numpang nanya, saya udah ketik sesuai kode php di atas, tapi saat saya buka di web tulisan nya :

    Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in C:\xampp\htdocs\Belajar PHP\Mysqlconnect.php:11 Stack trace: #0 {main}

    mohon pencerahannya master, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *