Belajar Nyekrip dengan baik - Nyekrip.com

Ketika kita sedang membuat website atau blog dan bingung saat menata layout atau memilih warna yang cocok untuk website, salah satu trik umum yang digunakan untuk mencari ide adalah dengan mengunjungi web yang memiliki desain yang bagus.

Saat  kita mengunjungi web tersebut, pasti ada pertanyaan tentang bagaimana sang creator membuat layout yang indah pada websitenya, apa saja kode css dan html yang digunakan, warna apa saja yang digunakan. Semua browser memungkinkan pengguna untuk melihat HTML atau skrip lain pada halaman web yang di-kunjungi.

Cara Melihat Source Code Website atau Blog

Untuk mengetahui itu semua bisa dilakukan dengan cara melihat source code website atau blog sang creator, untuk caranya perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

CARA MELIHAT SOURCE CODE WEBSITE

Halaman Depan

Buka halaman website atau blog yang ingin dilihat source code-nya. Dalam tutorial kali ini akan menggunakan halaman utama dari www.nyekrip.com. Setelah halaman sudah terload secara sempurna, klik kanan pada halaman tersebut maka akan muncul pilihan dan pilih “lihat sumber laman”.

CARA MELIHAT SOURCE CODE WEBSITE KLIK KANAN

Melihat Source Code Dengan Klik Kanan

Akan muncul halaman di tab baru secara otomatis, dan disitulah kita bisa melihat source codenya. Cara yang telah dijelaskan diatas adalah ketika kita membuka halaman website atau blog menggunakan browser Chrome dalam bahasa indonesia, jika anda menggunakan firefox langkahnya sama seperti diatas cuma pilihannya “View Page Source”.

CARA-MELIHAT-SOURCE-CODE-WEBSITE-halaman-source-code-nyekrip-com

Source Code Website

Pada halaman source code ini kita bisa melihat kode HTML dan CSS apa yang dipakai bahkan sampai kode Javascript juga bisa dilihat, biasanya pada kode Javascript sudah di encripsi sehingga susah untuk dibaca.

Pada beberapa website atau blog, terkadang sang creator mencegah agar halaman websitenya tidak bisa di klik kanan, cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih menu option pada browser dan pilih “lihat sumber laman” pada chrome, pada firefox pilih “View Page Source” atau langsung tekan CTRL + U secara bersamaan. Setelah kita melihat source codenya, tinggal kita pelajari isi kode tersebut dan semoga mendapat ide baru yang bisa diterapkan dalam pembuatan web.

Lebih jelas untuk melihat kode sumber atau source code pada halaman web:

  • Firefox – CTRL + U (tekan tombol CTRL dan U pada keyboard secara bersamaan). atau menuju ke menu “Firefox” dan kemudian klik pada “Web Developer” dan kemudian “Page Source”.
  • Internet Explorer – CTRL + U. Atau klik kanan dan pilih “View Source”.
  • Chrome – CTRL + U. Atau dapat mengklik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Kemudian klik pada “Tools” dan pilih “View Source”.
  • Opera – CTRL + U. Atau juga dapat klik kanan pada halaman web dan pilih “View Page Source”.
CatatanKetika kita melihat source code website atau blog, hal yang perlu di-ingat adalah source code yang ditampilkan adalah hanya source code yang diproses oleh browser itu sendiri, bukan source code yang diproses oleh server (seperti PHP).

Jika baru pertama belajar pasti bingung melihat banyak kode dan fungsinya apa saja tiap kode, tapi tenang saja dalam tutorial di website ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat website dari awal, jadi pada postingan berikutnya akan di bahas secara mendetail tentang kode HTML.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Ariefin

    kalo kayak gitu mah bisa bos, tapi yang aku bikin bingung kalo scriptnya di kunci bisa di buka gak bisa bos ??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *