Cara-Membuat-Aplikasi-Web-Sederhana-Nyekrip

Halo Nyekriper! Pada tutorial ini kita akan belajar cara membuat aplikasi web sederhana tanpa menggunakan web server seperti apache, hanya menggunakan javascript dan fitur canggih yang dimiliki HTML5. Pada saat ini Web browser sudah mendukung HTML5 yang sudah memiliki fitur seperti canvas, WebGL, localStorage yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk key value, video dan Audio, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya fitur tersebut kita sudah bisa membangun aplikasi yang dapat diakses secara lokal, dan tidak perlu membutuhkan web server. Hasil Akhir dari tutorial ini akan nampak seperti gambar berikut ini:

Tampilan_awal_Cara_Membuat_Aplikasi_Web_Sederhana_nyekrip

Tampilan Awal

Anda bisa download aplikasi web dengan klik tombol “Download” diatas atau ingin mencobanya secara online dengan klik “Demo Skrip”. Untuk membuat Aplikasi web tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Aplikasi Web Sederhana: Persiapan Awal

Dalam artikel ini kita akan membuat sebuah aplikasi web lokal yang mempunyai fitur CRUD (Create Reset Update Delete) data. Berikut ini adalah fitur yang akan kita buat untuk membangun aplikasi web lokal:

  1. Lihat Data – Melihat daftar data yang telah dimasukkan
  2. Tambah Data – Menambah data.
  3. Edit Data – Merubah data yang telah dimasukkan sebelumnya.
  4. Hapus Data – Menghapus data yang telah dimasukkan sebelumnya.

Sedangkan perangkat lunak yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  1. HTML (Hypertext Markup Language), untuk mengetahui lebih jelas tentang HTML, anda bisa mengunjungi artikel ”Pengenalan HTML: Langkah Dasar”.
  2. Javascript, sebuah bahasa pemrograman yang tertanam di web browser. Javascript membantu kita untuk mewujudkan halaman HTML yang dinamis.
  3. CSS, sebuah rules yang digunakan untuk memberikan style pada aplikasi web yang kita kembangkan.
  4. Jquery, framework yang mempermudah dalam penggunaan Javascript. Donwioad Jquery disini: http://jquery.com/download/.
  5. Twitter Bootstrap, kita menggunakannya agar tampilan aplikasi web menjadi responsif. Download Twitter Bootstrap disini: http://getbootstrap.com/.
  6. Web Browser, Untuk pilihannya anda bisa menggunakan Google Chrome, Chromium, atau Safari. Untuk download chrome disini: http://www.google.com/chrome/
  7. Teks Editor, notepad bawaan windows atau teks editor dasar lainnya, jangan menggunakan Microsoft Word. Saya menyarankan untuk menggunakan notepad++, untuk download disini: http://notepad-plus-plus.org/download/

Membuat Aplikasi Web: Membangun Kerangka

Pertama kita akan membuat folder dengan nama “nyekrip aplikasi web” dalam folder tersebut kita akan membuat satu folder lagi dengan nama “files” dan satu file HTML dengan nama “index.html”. Secara lebih detail, fungsi  dari kedua file adalah sebagai berikut:

  1. html, dokumen HTML tang berisikan skrip HTML5, Javascript, dan CSS.
  2. files, berupa folder untuk menyimpan file Twitter Bootstrap dan Jquery yang sudah didownload sebelumnya.

Mari kita buat terlebih dahulu file index.html, oke langsung saja kita ketik-kan skrip berikut ini:

Langkah selanjutnya adalah memasang aset aplikasi yaitu file Twitter Bootstrap dan Jquery yang telah kita download sebelumnya, tambahkan skrip yang telah di-blok dengan background hitam berikut dibawah tag title.

Setelah menyiapkan file HTML, selanjutnya kita membuat folder yang bernama “files”, dalam folder tersebut kita masukkan file Twitter Bootstrap dan Jquery.

Aplikasi Web Sederhana: Membuat Form dan Navigasi

Selanjutnya kita membuat dua form yaitu form tambah data dan form edit data, kita akan membuat perubahan di dalam dan pada tag <body></body>. Pada tahap ini kita akan membuat 4 bagian skrip yaitu:

  1. Judul dan Menu Aplikasi
  2. Form Tambah Data
  3. Form Edit Data
  4. Tampilan Daftar Data
  5. Fungsi Ganti Menu

Berikut ini adalah perubahan isi dan tag <body></body> di file index.html yang telah ditambahkan empat bagian skrip diatas.

Penjelasan singkat tentang kegunaan Skrip :

  • Event onload pada tag <body></body> akan menjalankan fungsi muatDaftarData(). Cuma pada saat ini fungsi tersebut belum kita buat, sehingga belum bisa memuat daftar data.
  • Pada <div class="page-header"></div> kita membuat judul dan navigasi aplikasi web serderhana
  • Membuat Form tambah data dalam <div id="tambah-data" class="well" style="display:none;"></div>, kita berikan atribut style style="display:none;" supaya hanya muncul ketika navigasi tambah data di klik. Di bagian akhir dalam tombol submit kita berikan fungsi simpanData(), fungsi simpan ini akan di-eksekusi ketika tombol tersebut di-klik atau dijalankan.
  • Membuat Form edit data dalam <div id="edit-data" class="well" style="display:none;"></div>. Sama seperti Form tambah data, di bagian akhir dalam tombol submit kita berikan fungsi simpanEditData(), fungsi edit ini akan di-eksekusi ketika tombol tersebut di-klik atau dijalankan.
  • Membuat area yang menampilkan daftar data yang telah dimasukkan, jika belum ada data maka akan menampilkan tulisan “Tidak ada data…”

Selanjutnya tambahkan skrip javascript berikut untuk membuat fungsi ganti menu, letakkan persis dibawah tag body:

Penjelasan singkat kegunaan skrip:

Fungsi gantiMenu(menu) diatas memiliki parameter berupa string yang akan diperiksa untuk menampilkan div yang diinginkan. Melalui kondisional if dan else if, tombol di daftar menu yang diklik akan diperiksa. Dengan memanfaatkan fungsi Jquery fadeIn() (menampilkan) dan hide() (menyembunyikan) kita memanipulasi tampilan halaman web agar seolah-olah pindah halaman.

Sampai tahap ini kita sudah membuat aplikasi web sederhana dalam tahap view dan sudah menentukan letak dan nama fungsi, maka selanjutnya kita akan membuat fungsi tersebut agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Membuat Fungsi daftar, edit, simpan dan hapus Data

tambah_data_Cara_Membuat_Aplikasi_Web_Sederhana_nyekrip

Tambah Data

Setelah kita membuat form dan navigasi sebagai elemen view, saatnya kita membuat controller dengan membuat fungsi daftar, edit, simpan dan hapus data.

Ketik-kan  skrip berikut dalam tag <script type="text/javascript"></script>.

Penjelasan singkat skrip:

  • Fungsi muatDaftarData() ini di-eksekusi ketika halaman aplikasi dimuat, tombol menu “Daftar Data” di-klik, proses penambahan data berhasil, dan penghapusan salah satu data. Saat fungsi ini dieksekusi, proses yang pertama kali dilakukan adalah pengecekan daftar_data dan id_data di locaIStorage. Jika data ditemukan, maka akan menampilkan data beserta tombol hapus dan edit. Jika tidak ada data, maka akan menampilkan tulisan “Tidak ada data…”
  • Fungsi editData(id) akan di-eksekusi ketika klik tombol edit di salah satu data.  Fungsi ini akan mengambil id_data yang akan diedit, berdasarkan id tersebut akan diambil data tentang nama, alamat, keterangan dan akan langsung di masukkan dalam form edit.
  • Fungsi simpanData() ketika di-eksekusi, proses yang pertama kali digunakan adalah pengambilan nilai dari setiap field di form tambah data. Kemudian setelah proses pengambilan nilai dari setiap field di form tambah data, dilanjutkan dengan penyimpanan data ke localStorage.
  • Fungsi simpanEditData() ketika di-eksekusi, proses yang pertama kali digunakan adalah pengambilan nilai dari setiap field di form edit data. Kemudian setelah proses pengambilan nilai dari setiap field di form edit data, dilanjutkan dengan penyimpanan data ke locaIStorage.
  • Fungsi hapusData(id) akan di-eksekusi ketika klik tombol hapus di salah satu data. Proses yang pertama kali terjadi adalah pemeriksaan apakah daftar_barang dan id_barang sudah tersimpan di localStorage atau belum. Kemudian jika daftar_data dan id_data sudah tersimpan, dilanjutkan dengan penghapusan daftar_barang berdasarkan id_barang dari localStorage.

Akhirnya kita selesai juga dalam membuat aplikasi web sederhana dengan memanfaatkan localStorage, dengan fitur tersebut kita tidak perlu menggunakan web server untuk menyimpan data. Selain itu karena dalam aplikasi web sederhana ini kita menyertakan file Twitter Bootstrap, maka tampilan dari aplikasi web ini sudah responsif dan bisa digunakan di komputer dekstop maupun mobile gadget seperti smartphone dan tablet.

Jika anda ingin membuat website sederhana dengan html5 kunjungi artikel “Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML 5“.

Happy Nyekrip!

 

About The Author

Comments

  1. krisna bara

    gan kalau cara mengganti tampilan daftar data yang terbaru paling atas gimana? kan dalam contoh tampilan terbaru setelah tambah data paling bawah..

    1. Admin Article Author

      wah… ane juga baru nyadar… ane juga belum ngerti gan.. bentar biar ane utak-atik dulu.. 🙂

    1. Admin Article Author

      ane juga belum yahu tuh gan… pasti nanti fotonya harus disimpan dalam database HTML5 juga… ane juga baru mau belajar.. 🙂

    1. Admin Article Author

      karena fungsi sama seperti auto increment pada sql.. jadi memori mengingat id terakhir 🙂

  2. Sandi Mulyadi

    Kira-kira database yang paling cocok buat nangani data yang besar serta menangani proses CRUD realtime apa ya, Mas? 🙂

  3. candra priyatna

    gan turtor lengkap kalo mau pakai mysql sebagi dtabase web di atas gimana ???
    plus minusnya pakai local storage apa gan??

    trima kasih atas sharing ilmunya

    ilmu yg berguna adalah salah satu amalan yg tidak akan pernah putus

  4. Ara

    Mas bro, Mau tanya, kalau mau bikin form isian di Blogger, #di salah satu halaman posting, lalu ketika tombol submit telah ter-klik, data akan terkirim ke email dan saat bersamaan pengunjung blog tersebut langsung pindah halaman bikinnya gimana ya mas, minta tolong dong.. thanks

    1. Admin Article Author

      pertanyaan tidak sesuai dengan artikel nih.. 🙂 kirim email aja ya.. atau hubungi di kontak page

  5. Fadli

    cara konekin ke browser gimna gan ? mngunakan xampp atau apa ini gan masih bingung soalnya ? *mhnpncerahannya thx

    1. Admin Article Author

      tidak membutuhkan server gan, jalan langsung di browser… ketikkan alamatnya langsung aja… 🙂

    1. Admin Article Author

      javascript itu running sisi client atau browser… jadi anda tinggal ketikkan di notepad dan running via browser… 🙂

  6. EDDY PURWOKO GOO

    pak, saya ingin belajar membuat web responsive tentang membuat aplikasi CRUD dengan PHP & PostgreSQL. bisa buatkan saya TUTOR lengkap dasar-lanjut, jika cocok saya bersedia membeli TUTOR nya.

    Thz, Eddy – 0823 020 73513

  7. Nazar

    mohon bantuannya mas.. supaya bisa make sql, skripnya ditambahi apa mas?
    udah cobak pelajarin tapi gak bisa2 mas.
    terimkasih

  8. Wijaya

    gan mau tanya, kenpa setelah selesai input data lalu diclose aplikasi web nya, lalu dibuka kembali eeeh datanya tidak ada, untuk mengetahui data yang sudah diinput dimana ya gan, thanx

  9. Joko P

    Maaf gan admin, sebelumnya saya belum nyoba praktekin artikel ini sih, tapi saya sudah coba pahami, dan saya menemukan hal yang mungkin janggal, jadi saya mau nanya nih. Itukan kalo mau edit, klik tombol edit terus otomatis form ke isi sendiri berdasarkan id kan + data berdasarkan id itu langsung di splice(dihapus). Nah kalo kita cancel edit berarti data yang ga jadi kita edit tadi jadi terhapus dong? Atau saya yang salah baca karena kurang teliti.

    Terimakasih.

  10. Dicky Dharmawan

    Min, kalo mau masukin pilihan, misal :

    Jenis Kelamin:

    –Pilih–
    Pria
    Wanita

    biar muncul di “daftar data” setelah kita memilih salah satu itu gimana ? misal milih “Pria” trus simpan, nah kan gak muncul tuh di “daftar data” biar muncul pilihannya bagaimana?
    Mohon bantuannya Min, lagi dapet kelas Pemrograman Web tapi baru pertama kali.
    Tolong Min bls.
    dicky.dharmawan21@gmail.com

  11. Abdullah

    min itu data disimpan di lokal ya? kalau nyari datanya dilokal pakai android lokasinya dmn ?

    maklum lg latihan buat backup data 😁 mksh sebelumnya min aplikasiny

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *