cara-membuat-blog-di-wordpress-cover-nyekrip

Blog nyekrip ini sudah dimulai menggunakan platform WordPress dan telah menemukan sebuah teknologi platform gratis dan besar untuk mempublikasikan konten secara online.

Jika kita sedang mencari cara mudah untuk membuat web dan ingin mulai berbagi ide-ide secara online, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat blog. Jutaan pengguna di seluruh dunia sudah mengekspresikan diri dan berbagi pemikiran mereka dengan cara membuat blog pribadi.

Jika kita adalah seorang penulis, fotografer, desainer atau hanya seseorang yang ingin menulis tentang sesuatu yang pribadi dan ingin mendengar pendapat orang lain – blog pribadi adalah sesuatu yang dapat menemukan hal yang baru dan menarik.

Setelah sebelumnya sudah dibahas tutorial ” Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Gambar “, sekarang kita akan membahas cara membuat blog di wordpress terbaru dan lengkap dengan gambar yang sama gratisnya dengan membuat blog di blogspot, perlu diketahui jika dalam tutorial ini kita tidak menggunakan wordpress yang membutuhkan hosting.

wordpress-icon-nyekrip

Logo WordPress

Langkah – Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Terbaru

Oke, langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah untuk cara membuat blog di wordpress secara gratis.

Mendaftar untuk membuat akun Gratis WordPress

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_halaman_depan_nyekrip

Halaman Depan

Pertama yang harus kita lakukan adalah menuju web WordPress di ” https://id.wordpress.com/ “, kita akan menjumpai halaman seperti gambar diatas dan klik tombol ” Buat Situs Web ” maka akan mengantarkan kita pada halaman pemilihan nama domain atau blog seperti gambar dibawah ini. Untuk memilih nama domain atau blog silahkan mengunjungi tutorial ” Tips Cara Memilih Nama Domain Blog atau Website “.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_memilih_nama_blog_nyekrip

Memilih Nama

Blog WordPress yang gratis, alamat blognya akan selalu berakhir dengan “.wordpress.com“. Nama domain yang dipilih tidak dapat diubah, sedangkan nama blog yang dipilih pada tahap ini masih dapat diubah nantinya. Maka dari itu pemilihan nama domain dalam membuat blog menggunakan wordpress harus disiapkan secara matang.

Pada halaman ini pastikan alamat atau nama blog yang dipilih masih tersedia, lihat gambar yang telah di area kotak diatas, setelah itu tinggal melanjutkan dengan klik tombol ” Buat Situs Anda dan Lanjutkan ” dan kita akan diarahkan pada halaman berisi formulir untuk membuat blog sekaligus akun WordPress secara gratis seperti gambar dibawah ini.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_mengisi_formulir_nyekrip

Mengisi Formulir

Penjelasan nomor pada gambar diatas.

  • Nomor satu merupakan tempat kita mengetik alamat atau nama blog
  • Nomor dua merupakan tempat kita mengetik alamat email, jika belum punya email silahkan mengunjungi tutorial ” Cara Membuat Email Baru Lengkap Gambar
  • Nomor tiga merupakan tempat kita mengetik nama akun kita di WordPress, ini juga pastikan kalau masih tersedia
  • Nomor empat merupakan tempat kita mengetik password atau kata sandi

Setelah kita mengisikan formulir diatas, selanjutnya klik tombol ” Langkah Berikutnya “, maka kita akan diantarkan pada halaman ” Cari Alamat Kustom ” seperti gambar dibawah ini. Jika kita ingin menggunakan sub-domain maka kita lewati aja pada langkah ini dengan klik tombol ” Tidak, Terima Kasih “.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_Cari_alamat_kustom_nyekrip

Cari Alamat Kustom

Setelah klik tombol tersebut kita akan diarahkan dalam sebuah halaman untuk memilih template atau tema blog kita, pada tahap ini silahkan pilih tema yang menurut kita bagus atau langsung saja memilih tema yang standar karena nantinya bisa kita ganti sesuka kita.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_memilih_tema_nyekrip

Memilih Tema

Setelah memilih tema kita akan menghadapi halaman untuk memilih paket, karena dari awal niat kita ingin yang gratis, maka langsung saja pilih paket yang gratis. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_memilih_paket_nyekrip

Pilih yang Gratis

Klik tombol ” Pilih Gratis “, maka kita akan menuju halaman dashboard di WordPress.com seperti gambar berikut, pada tahap ini kita sudah selesai dalam membuat blog di WordPress untuk mengetahui panel pengaturan lebih lanjut, silahkan ikuti langkah dibawah ini. Sebelum lebih jauh silahkan anda cek email untuk melakukan proses Aktivasi.

Mengenal Panel Dashboard WordPress

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_selamat_datang_nyekrip

Halaman Selamat Datang

Perhatikan gambar diatas, sebenarnya halaman yang ditunjukkan pada gambar diatas sudah masuk dashboard cuma saya lebih suka jika masuk langsung ke area ” Admin WP ” karena lebih familiar, oke mari kita bahas nomor pada gambar diatas.

  • Nomor satu merupakan tombol untuk membuat post baru
  • Nomor dua merupakan link menuju pembuatan blog baru
  • Nomor tiga merupakan link jika kita ingin melihat blog kita
  • Nomor empat merupakan link menuju ke area ” Admin WP “

Sekarang mari kita menuju area Admin WP dengan klik link yang ditunjuk-kan pada nomor empat, maka kita akan melihat halaman baru seperti gambar dibawah ini.

Cara_Membuat_Blog_di_Wordpress_gambar_wp_admin_nyekrip

Admin WP

Perhatikan gambar diatas, mari kita bahas nomor pada gambar tersebut.

  • Nomor satu merupakan tempat informasi akun kita, dan juga tempat link jika kita mau logout
  • Nomor dua merupakan area informasi jika kita belum melakukan aktivasi akun dengan mengunjungi link yang telah dikirimkan ke email yang telah kita gunakan untuk pendaftaran tadi
  • Nomor tiga merupakan informasi tentang penggunaan space, perhatikan bahwa dalam akun gratis ini kita hanya bisa menyimpan maksimal sebesar 3000 MB atau 3 GB

Silahkan anda menjelajahi halaman dashboard ini, semua arahan sudah dalam bahasa indonesia sehingga sangat mudah untuk dipahami, kita dapat mengubah tema blog (desain), menulis post dan halaman, menambahkan pengguna, merevisi profil pengguna dan masih banyak lagi. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas bagaimana membuat post, mengatur tema dan lain-lain yang tentunya akan sangat panjang jika dibahas dalam tutorial ini.

Sekian tutorial cara membuat blog di wordpress gratis dan lengkap gambar, Luangkan waktu untuk mengeksplorasi dashboard WordPress ini, dan jangan takut untuk menguji berbagai perangkat dan fitur yang tersedia untuk membantu menyesuaikan blog. Jika memiliki masalah, klik pada tab ” Bantuan ” di sudut kanan atas sehingga akan membawa kita ke bagian bantuan online WordPress serta forum pengguna aktif di mana kita bisa mengajukan pertanyaan.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: hy teh | My Blog

  2. Zul Kurniawan

    Hallo bang Admin!

    Saya mau tanya, WP versi gratis ini apakah bisa di export untuk di-host sendiri? (seperti WP.org self-hosted)

    Untuk kustom Domain di WP versi gratis ini, saya dengar biayanya USD99 yah?

    Terima kasih.

  3. Pingback: Langkah – Langkah Cara Membuat Blog di WordPress | nikeindahratnadevi

  4. Pingback: Cara Bikin Blog GRATIS | adiningtyas kurniawati

  5. Pingback: Tips dan Trik Membuat Blog WordPress | My Blog

  6. Pingback: Beberapa Cara Membuat Web Paling Populer | dzulfahmi96

  7. Pingback: Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Lengkap | arfifirmansya

  8. Budi

    Terima kasih sudah berbagi, mau nanya kalo awalnya kita daftar gratis blog nya tapi untuk kedepannya kalo kita ingin upgrade yang berbayar tetap bisa kan? ga perlu ngulang bikin blog baru lg…!?

  9. Windri

    Terima kasih infonya min, saya baru memulai belajar nge-blog min, mohon saran dan bantuannya yaa…
    Terima kasih

    Salam ukhuwah

  10. Pingback: Cara Membuat WordPress Offline | StarOrdinary

  11. oqizor rutadiaz

    kak share dong caranya buat library yg gampang di wordpress jg ga pa2 saya suka bingung baca yg blog2 lainnya jg yg jelas yg terbaru ya… makasih…

  12. Michele Goderich

    Substantially, the post is really the sweetest on this precious topic. I fit in with your conclusions and will eagerly look forward to your coming updates. Simply saying thanks will not simply be enough, for the awesome lucidity in your writing. I will at once grab your rss feed to stay abreast of any updates. Genuine work and much success in your business efforts!

  13. fendi

    infonya sangat bermanfaat gan.
    oh ya gan mau tanya klu ada komen yang masuk ke dalam dasbor word press kita baiknya di hapus apa di biarkan aja ya gan ? mhon infonya, mksh….

  14. Pingback: Tips and Tricks | evilusianadwis

  15. Pingback: Tutorial Membuat Wordpess | fajaryusuff

  16. Pingback: Tutorial membuat blog dengan wordpress | angfikaseptianto97

  17. Akara House

    Tipsnya sangat membantu, sekarang banyak blogger yang beralih ke wordpress karena dalam penyusunan Desain Website blogger dapat memodifikasinya menjadi lebih elegant. Manfaat lainnya dari WordPress tentu aja banyaknya pendukung pluggin yang membantu blogger dalam mengoperasikan websitenya.

  18. Arwin

    aku basih baru di wordpres , jujur utk memulai menulis juga aku masi bingung di mana kita mau ngepos dn side bar itu menunya di mana, saya uda uda bikin blog tapi sangat -sangat bingung untk memulainya,, masih gelap gulata..banget nih… tolong dong,, ghmna caranya …

  19. Pingback: Penerapan komputer ITP 51 IPB | sheinaaulia14

  20. Bio Spray

    Saya baru saja mau mencoba menggunakan wordpress.. selama ini cuman bisa menggunakan blogcepot..
    Mohon bimbingan nya agar bisa mendalami wordpres..
    terima kasih

  21. Nunung

    Sudah nyoba buat blog di wordpress , gimana caranya info ke org lain kalau kita punya blog tsb. ? maunya buat minta saran/pendapat kurang-nya dimana maklum masih amatiran he3 …. Thanks ya !

  22. Pingback: langkah langkah membuat word press | lisna2015

  23. Pingback: LANGKAH LANGKAH MEMBUAT WORDPRESS | lelapermatasari

  24. Pingback: LANGKAH LANGKAH MEMBUAT WORDPRESS | yustikanurlaswati

  25. Pingback: langkah-langkah membuat blog word press | arisolagung2015

  26. Pingback: Cara Membuat Blog di WordPress Gratis | andhikaputrisite

  27. mila azizah

    bagaimana cara membuat halaman dan menampilkannya? serta cara mengatur letak2 nya? saya sudah buat halamannya, tp tida terpampang,,, saya ingin ada pilihan halaman seperti ini,
    Beranda
    Al-Qur’an
    Tafsir
    Hadits
    Diskusi
    sudah saya buat, tp yg nampak hanya halaman utama. bagaimana caranya memunculkan halaman?

  28. Pingback: Tutorial Membuat Blog Keren Gratis, dari Blogger | Inspihero.com

  29. Pingback: cara membuat wordpres | yoga990

  30. Mega tyas

    Dear admin.. Cara merubah gambar di my site gimana ya? Yg di kiri atas saat kita masuk blog.. Yg kalo pas di share ke FB gambar itu tuh yang muncul.. Really need your help.. Dulu bisa munculin gambar,tp lupa cara gantinya :'(

  31. Muh Dzul Fadly

    Kalau kelebihan WordPress sendiri dibandingkan dengan blog itu apanya? apalagi kalau Space penyimpannya cuman 3000 mb

  32. ahmad ali

    sebenarnya dari awal ngeblog ane mau pake wordpress sebagai platform namun setelah ane lihat lihat kebanyakan para masterblog gunain blogger..
    jadi ane bingung…

    namun ane pengen tahu nih bang
    kalo bole nanya!
    apa kelebihan dan kekurangan wordpress dibanding blogger bang?

    balas ya ….

  33. adsense padamu negeri

    masih belajar wordpress nih….ketemu artikel agan udah ada pencerahan…hehehe….selama ini baru bikin dari blogcepot……untuk optimasinya lebih enakan yg wordpress apa yg blogcepot ya gan?

    1. Admin Article Author

      kode aktivasi akun? biasanya aktivasi tinggal klik alamat link yang diberikan dalam email.. coba cek inbox email yang digunain untuk mendaftar 🙂

  34. dana harliansyah

    gan, ane udah bikin blog wordpress trus di suruh nunggu. “luar biasa! tunggu sebentar, kami hampir selesai. Harap Tunggu”
    itu kok lama banget ya??

  35. Ilham

    Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya tentang cara upgrade blog wordpress garis ke premium itu bisa tidak kalo0 kita beli domain+hosting diluar layanan wordpress (contoh niagahoster atau idhostinger)…?

    Mohon jawabannya… Thanks

  36. Alma Wahdie

    Makasih tutorial lengkapnya, Mas.
    Saya ijin share ulang screenshootnya ya. Semoga bisa bermanfaat untuk para siswa dan pengunjung lainnya.
    Terima kasih.

  37. TopSeoFriendly

    Salam… .saya pengguna blogspot dan terasa ingin menukar kepada wordpress. Dengan entri ini, bisa saya menukarnya. Terima kasih ya mas….

    Sangay sesuai newz biz macam saya ni.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *