Cara Membuat Email Baru Lengkap Gambar - Nyekrip

Pada kesempatan kali ini nyekrip akan membahas cara membuat email, apa itu email dan fungsi dari email. Dalam tutorial ini akan dibahas secara detail langkah demi langkah tentang cara membuat email pada tiga tempat, yaitu Gmail, Yahoo dan Hotmail. Tutorial akan mencangkup tiga bagian, pada bagian pertama cara membuat email baru di gmail, bagian kedua cara membuat email baru di yahoo dan bagian ketiga cara membuat email baru hotmail atau microsoft.

Email adalah alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Email adalah alat komunikasi berjenis surat dalam bentuk elektronik dan merupakan salah satu aplikasi internet yang digunakan dalam hal surat menyurat.

Kegunaan dari email sangatlah banyak, kebanyakan orang membuat email untuk kebutuhan dalam membuat akun, baik itu akun facebook, akun twitter dan sosial media lain. Pada saat kita ingin membuat web 2.0 atau ingin membuat web gratis, kita juga akan membutuhkan email. Pada dasarnya semua jenis layanan yang berada di internet baik gratis atau berbayar, biasanya menyediakan halaman pendaftaran, dan ketika mendaftar akan dibutuhkan alamat email.

Untungnya, dalam membuat email tidak dibutuhkan biaya alias gratis. Oke, Mari kita mulai membuat akun email gratis untuk mulai mengirim dan menerima email.

Cara membuat Email Baru Gmail

Agar mudah dalam memahami dan mengikuti cara pembuatan email, tutorial cara membuat email baru lengkap dengan gambar dibuat dengan sederhana langkah demi langkah.

  • Kunjungi Gmail.com. Langkah pertama untuk membuat akun email dengan Gmail, layanan email gratis dari Google, adalah untuk mengunjungi situs utama Gmail. Ketik ” gmail.com ” ke bar navigasi dari browser Anda, atau sebaliknya, ketik “Gmail” ke mesin pencari pilihan Anda dan klik hasil yang relevan. Klik “Buat akun” Pada layar login Gmail, lihat link pembuatan akun di bawah form login. Klik link ini untuk melanjutkan ke proses pembuatan akun.
cara membuat email baru gmail_1-_Nyekrip

Form Login Gmail

  • Masukkan informasi pribadi Anda. Masukkan nama depan dan nama belakang, tentukan sandi dan ulang tahun anda. Pada kolom berikutnya, Anda akan diminta untuk gender, nomor telepon dan alamat email alternatif. Untuk pengisian alamat email alternatif bersifat opsional.
cara membuat email baru gmail_2-_Nyekrip

Memasukkan Nama

  • Pilih alamat email dan password. Pada halaman pembuatan akun yang sama, Anda juga akan diminta untuk menentukian alamat email dan password. Sandi yang Anda pilih minimal delapan karakter, sedangkan alamat email Anda buat belum pernah digunakan oleh orang lain. Masukkan informasi ini dalam kotak yang sesuai. Anda harus mengetikkan password dua kali untuk konfirmasi keakuratan.
cara membuat email baru gmail_3-_Nyekrip

Memasukkan Password

  • Gulir ke bawah sampai Anda melihat gambar yang berisi beberapa nomor. Ketik angka-angka ini ke dalam kotak yang ditunjuk – hal ini memastikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan robot yang mencoba untuk mendaftar akun email. Jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses verifikasi ini, Anda akan diminta untuk memverifikasi melalui telepon.
cara membuat email baru gmail_4-_Nyekrip

Verifikasi Human

  • Centang kotak di sebelah teks yang mengatakan “Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google.” Ini menandakan bahwa Anda memahami dan menyetujui segala persyaratan, klik “Langkah berikutnya.”
cara membuat email baru gmail_5-_Nyekrip

Centang Persetujuan

  • Selamat! Kita telah berhasil membuat akun Gmail baru :). Cukup selesai disini, silahkan Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk mengakses inbox email anda.
cara membuat email baru gmail_6-_Nyekrip

Halaman Inbox

Cara Membuat Email Baru Yahoo

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi mail.yahoo.com, maka kita akan diarahkan ke halaman login seperti gambar berikut:

cara_membuat_email_di_yahoo_-_create_new_account_-_nyekrip

Create New Account

  • Perhatikan gambar diatas, klik tulisan ” Sign up for a new account “, maka kita akan diarahkan ke halaman lain, seperti gambar dibawah ini:
cara_membuat_email_di_yahoo_-_isikan_keterangan_anda_-_nyekrip

Signup Email

  • Pada halaman signup ini kita dipersilakan untuk mengisi data mengenai diri kita, selengkapnya perhatikan nomor pada gambar diatas dan berikut penjelasannya.

nomor 1: Isikan nama depan kita

nomor 2: Isikan nama akhir kita

nomor 3: Isikan alamat email yang ingin kita buat

nomor 4: Isikan password email kita

nomor 5: Isikan no hp untuk proses aktivasi dan recovery

  • Gulir kursor kearah bawah dan kita akan dipersilahkan untuk melengkapi data diri kita.
cara_membuat_email_yaho_baru_-_create_account_-_nyekrip

Create Account

  • Lanjut, penjelasan nomor pada gambar diatas.

nomor 1: Isikan tanggal bulan dan tahun pada saat kita lahir

nomor 2: Isikan jenis kelamin

nomor 3: Bersifat optional, isikan no hp cadangan

  • Klik tombol ” Create account ” untuk membuat akun email yahoo. Maka kita akan diarahkan ke halaman baru seperti gambar dibawah ini:
cara_membuat_email_di_yahoo_-_send_sms_-_nyekrip

Send SMS

  • Klik tombol ” Send SMS “, pada no 1 diatas merupakan no hp yang telah kita isiskan sebelumnya. setelah klik kita akan diarahkan ke halaman baru untuk aktivasi, seperti gambar dibawah ini:
cara_membuat_email_yahoo_baru_-_submit_code_-_nyekrip

Submit code

  • Isikan kode verivikasi yang telah dikirimkan ke hp ke kolom yang ditunjuk no 1 dan klik tombol ” Submit code “, maka kita akan diarahkan ke halaman inbox seperti gambar dibawah ini:
cara_membuat_email_di_yahoo_-_halaman_inbox_-_nyekrip

Halaman Inbox

  • Selamat! Email yahoo kita telah selesai dibuat. 🙂

Cara Membuat Email Baru Hotmail

Langkah yang akan ditempuh hampir mirip dengan langkah cara membuat email baru di gmail dan yahoo, untuk lebih jelasnya perhatikan langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama adalah kunjungi halaman live.com dan kita akan diarahkan ke halaman login seperti gambar dibawah ini:
cara_membuat_email_di_hotmail_-_daftar_sekarang_-_nyekrip

Daftar Sekarang

  • Perhatikan gambar diatas, karena kita mau membuat akun baru, maka klik tulisan ” Daftar sekarang ” maka kita akan diarahkan ke halaman pengisian data diri kita. Perhatikan gambar dibawah.
cara_membuat_email_di_hotmail_-_isi_data_-_nyekrip

Isi Data

  • Lihat gambar diatas, pengisian data diri ini melingkupi:

nomor 1: Isikan nama depan

nomor 2: Isikan nama Akhir

nomor 3: Isikan alamat email yang diinginkan

nomor 4: Isikan sandi atau password

  • Oke, masih belum selesai. Gulir kursor kearah bawah dan masih ada beberapa kolom yang harus kita lengkapi. Perhatikan gambar dibawah.
cara_membuat_email_di_hotmail_-_lengkapi_data_-_nyekrip

Lengkapi Data

  • Lihat gambar diatas, berikut penjelasan nomor.

nomor 1: Isikan lagi sandi untuk memastikan

nomor 2: Isikan Negara kita

nomor 3: Isikan Tanggal Lahir

nomor 4: Isikan Jenis Kelamin

nomor 5: Isikan no hp

nomor 6: Isikan email alternatif, email ini akan sangat berguna untuk recovery pada saat kita lupa password

  • Ayo gulir lagi kursor kita ke bawah, maka kita akan dipersilahkan mengisi captcha seperti gambar dibawah.
cara_membuat_email_di_hotmail_-_buat_akun_-_nyekrip

Buat Akun

  • Lihat gambar diatas, berikut penjelasan nomor.

nomor 1: Isikan kode captcha yang anda lihat

nomor 2: Centang combo box jika kita ingin tawaran promosi dari microsoft

nomor 3: Klik tombol ” Buat akun ” untuk membuat akun email hotmail

  • Maka kita akan diarahkan ke halaman inbox hotmail, lihat gambar dibawah.
cara_membuat_email_di_hotmail_-_halaman_inbox_-_nyekrip

Halaman Inbox

Selamat email hotmail kita sudah jadi! :).

Kesimpulan Cara Membuat Email

Ternyata tidak sulit dalam membuat email, kita hanya cukup menyiapkan data diri kita yang meliputi nama, tanggal lahir dan no hp. Beberapa layanan email ada yang mengharuskan no hp ada yang tidak. Dengan mengisikan no hp, kita bisa memanfaatkan fitur recovery melalui hp. Fitur recovery dibutuhkan ketika kita lupa password.

Cukup disini dulu tutorial Cara Membuat Email Baru Lengkap Dengan Gambar, dalam sesi ini sudah lengkap mencangkup cara membuat email di tiga tempat yaitu di gmail, yahoo dan hotmail. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      gpp gan, sebagai kelengkapan saja.. dan terkadang dibutuhkan ketika kita lupa password 🙂

  1. Pingback: septia

  2. Arief Firmansyah

    Untuk caranya sendiri kebetulan emang benar dan bisa work untuk sukses dipratekan tuh, dan thanks juga nih brother sama info dari ente.. 😀

  3. Pingback: Tutorial Membuat Wordpess | fajaryusuff

  4. Distrokids Kaos Keluarga Muslim

    kakak, kalau pengen buat email itu seperti emailnya olX atau olshop lainnya seperti email konfirmasinya kan tampilan layoutnya itu ada backgroundnya kan kak, buatnya gimana ya ?
    makasih tak tunggu jawabannya

    1. Admin Article Author

      kemungkinan benar juga pemikiran agan. kalau saya mikirnya yang komen disini ingin membuat email di tempat berbeda.. 🙂 hehe

  5. Rudi A.

    Kalau saya lebih suka memasukkan alamat email pemulihan pada kolom ” Alamat email anda saat ini “. terima kasih artikelnya lengkap banget

  6. World Balon

    Artikel yang sangat bermanfaat..sangat membantu siapapun yang berkecimpung di dunia maya
    Sukses untuk nyekrip…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *