Cara-Membuat-Konten-atau-Post-SEO-dan-Menarik-Nyekrip

Pada kesempatan ini mari kita membahas cara membuat konten post seo dan menarik untuk pembaca, konten atau post merupakan nyawa dari blog sehingga kita bisa menarik trafik hanya dengan mengandalkan post dan konten yang kita buat.

Apakah anda baru memulai dalam membuat blog/web atau sudah lama mempunyai blog? Pernahkah anda memikirkan SEO? Jika anda pemula maka akan sangat baik jika anda memulai untuk belajar tentang SEO, bagi anda yang sudah lama blogging dan belum mengerti SEO, segeralah belajar untuk dapat bersaing dengan para blogger lainnya.

Bagi saya SEO dalam post atau konten adalah gabungan antara memperhatikan kualitas untuk pembaca dan juga robot google. Perlu untuk diketahui bahwa google menggunakan tingkah laku para pembaca blog dalam menentukan posisi serp, mulai dari bounce rate sampai lama kunjungan.

Cara-Membuat-Konten-Post-SEO-dan-Menarik-Nyekrip

Cara Membuat Konten Post SEO dan Menarik

Jika anda masih dalam pembuatan web, alangkah baik jika anda mulai memperhatikan struktur website yang seo, kunjungi artikel ” Cara Membuat Struktur Website yang SEO “.

Jika selama ini anda telah membuat konten yang enak dibaca dan benar-benar dikhususkan untuk pembaca maka anda juga telah melakukan hampir setengah dari optimasi SEO untuk robot Google, tapi ingat itu belum cukup kita juga harus menerapkan beberapa optimasi tambahan. Pada tutorial cara membuat konten atau post seo ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana agar konten kita selain enak dibaca juga menduduki posisi serp yang bagus.

Cara Membuat Konten Post SEO yang menarik untuk Pembaca

Pertama pada saat membuat post, jangan pikirkan SEO dulu, optimasi SEO dikerjakan belakangan cukup fokuskan point-point berikut.

Pahamilah Kebutuhan Para Pembaca atau Target Pembaca

Pada saat memulai membuat konten, susunlah konten anda sesuai dengan judul yang dibuat, jika kita memahami bahwa pembaca yang akan membaca akan memahami suatu cara tertentu, maka buatlah tutorial sejelas mungkin dan sampai selesai. Jangan sampai tutorial anda masih menggantung, jika memang tidak cukup dibahas dalam satu post, maka buatlah judul berseri.

Buatlah post yang ringkas dan jelas, jangan bertele-tele. Long Post memang bagus, tetapi jika isinya hanya muter-muter ya malah jadi tidak bagus kan?! Kebanyakan pembaca itu tipe scanner jadi jika isi blog kita tidak jelas, maka pembaca akan langsung keluar.

Pilihlah Topik yang sedang Trend dan Buatlah Judul yang Menarik

Jika anda memang punya pembaca setia, maka cara ini bisa menambah pembaca setia anda. Bagi yang tidak punya maka harus segera melakukan cara ini. Perhatikan arah topik web anda, sengaja dibuat untuk umum (gado-gado) atau memang khusus seperti web nyekrip ini. Jika umum (gado-gado) maka akan sangat banyak pilihan, sebaliknya jika khusus maka diperlukan riset.

Untuk melakukan riset topic mana yang paling dicari, kita bisa memulai dengan web kompetitor, perhatikan postingan mereka dan cari postingan yang popular. Bagi para pemula seperti saya ini disarankan agar tidak dulu langsung menggunakan tool keyword mahal, melainkan melakukan riset manual seperti sering mengunjungi web kompetitor yang terkenal.

Ingat, kita hanya mengambil ide pokoknya dan bukan copy paste, buatlah artikel yang membahas hal sama tetapi dengan isi yang berbeda. Untuk cara membuat judul yang menarik, sementara anda bisa cari di google dulu, pada kesempatan yang akan datang akan dibahas dalam web nyekrip ini.

Tulislah Pembukaan Yang Bagus

Buatlah kesan pertama yang bagus, jangan terkesan bercanda atau bertele-tele. Jangan sampai para pembaca merasa ternganggu dengan tulisan pertama kita. Jika hal ini terjadi, maka para pembaca akan langsung keluar dan meninggalkan web kita tanpa melihat isi kelanjutanya.

Pada tulisan pembuka jangan menyapa para pembaca dengan berlebihan atau malah yang lebih parah adalah membahas postingan sebelumnya secara berlebihan, buat pembukaan mengapa postingan ini dibuat, apa tujuannya dan mengapa harus diketahui.

Tips dari saya adalah sering-sering membaca maka kreatifitas kita dalam menulis akan terasah dengan baik, jika kita malas membaca maka akan susah dalam mencari referensi dan inspirasi.

Susunlah Postingan Secara Rapi

Cara_Membuat_Konten_Post_SEO_newspaper_nyekrip

newspaper

Buatlah dulu konsepnya, atur pembukaan isi dan penutup. Siapkan gambar dan video untuk mendukung artikel anda. Sebagai contoh, perhatikan artikel cara membuat artikel seo ini, anda akan menemukan pembagian yang jelas mana sesi optimasi SEO untuk pembaca dan sesi optimasi SEO untuk robot Google.

Masing – masing sesi dibagi lagi dengan beberapa poin untuk membantu pembaca memahami lebih mendetail. Dengan membuat artikel atau tutorial yang detail dan terstruktur, maka akan membantu kita untuk optimasi untuk robot Google juga. Misal dengan subjudul yang sudah dibuat, kita bisa menyisipkan keyword kita.

Mudahnya kita bisa belajar dari koran atau surat kabar, perhatikan pembuatan judul sampai subjudul, lihatlah bagaimana tampilan artikel itu menjadi rapi.

Singkatnya, buatlah artikel panjang anda menjadi beberapa bagian sehingga akan menghasilkan subjudul. Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu memaksa dalam membuat subjudul, ini demi kenyamanan pembaca dan jauh dari kesan menjejalkan keyword.

Segera Tulis

Yap, benar! Segera action dan jangan ditunda-tunda, segeralah menulis apa yang sudah anda rencanakan dan dengan begitu anda tidak kehilangan ide pokok atau konsep yang baru saja anda buat.

Jika perlu tambahkan beberapa referensi untuk memperkuat artikel atau tutorial yang anda buat. Lakukan improvisasi dari konsep yang dibuat, tetapi tetap pahami batasan-batasan yang sudah ditetapkan.

Lakukan Koreksi

Lakukan koreksi pada konten yang sudah anda buat, jika perlu mintalah bantuan kepada teman untuk menilai apakah tulisan anda sudah enak dibaca atau adakah yang perlu dirubah atau ditambah.

Jika tidak teman yang membantu, kita bisa melakukan koreksi sendiri, perhatikan hal berikut:

a. Gambar

Perhatikan dengan gambar yang dipakai, jangan sampai melanggar hak cipta. Ingat dengan menyebarkan artikel kita lewat social media, maka gambarlah yang akan dilihat pertama kali.

b. Tampilan

Sudahkan sesuai dengan konsep yang dibuat sebelumnya? Apakah ada poin yang tidak perlu? Dan sudahkah subjudul yang dibuat sudah sesuai? Dan yang terakhir cek apakah ada yang terlewatkan.

c. Tag dan Kategori

Periksa kategori dan tag apakah sudah sesuai? Dan apakah masih perlu tambahan tag? dengan menggunakan fitur ini kita bisa membantu pembaca tentang kategori apa yang sedang dibaca.

Buatlah Tindakan Terakhir

Pada akhir konten atau artikel anda, buatlah semacam apa yang harus pembaca lakukan setelah membaca artikel anda. Misal, mintalah para pembaca untuk menjadi pelanggan web anda. Ini akan menjadi win-win solution yang mana juga akan menguntungkan anda.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat tindakan yang menyusahkan para pembaca. Misal, jika artikel anda mengenai download maka jangan dibebankan dengan password yang diletakkan secara terpisah. Ingat, bukankah kita ingin pembaca yang setia?

Cara-Membuat-Konten-Post-SEO-google_nyekrip

google

Cara Membuat Konten Post SEO yang disukai Google

Sebelum saya memulai cara membuat konten atau post SEO yang disukai Google, perlu diketahui bahwa optimasi SEO ada dua yaitu optimasi ON-Page dan OFF-page, dalam bagian ini kita hanya membahas ON-Page maka anda tidak akan menemukan bagaimana cara menambah backlink ke post, karena backlink merupakan bagian OFF-Page.

Jika anda penguna wordpress, maka akan sangat cepat dalam urusan optimasi ON-Page jika mengunakan plugin SEO By Yoast, untuk link download plugin bisa didownload di WordPress SEO. Bagi yang menggunakan blogspot, anda tetap bisa ikuti tips trik berikut.

Konten Adalah Raja

Benar bahwa konten adalah raja, jadi jagalah konten agar tetap original dan bukan hasil copy paste. Google memiliki algoritma yang canggih, sehingga sekalipun kita sudah spun artikel, maka kita akan tetap ketahuan, kita tahu sendiri jika google sudah mempenalti web kita, maka akan sangat susah keluar dari sand box.

Dengan selalu membuat artikel yang orisinil, maka kita juga melatih kemampuan kita untuk menulis dan menganalisa tulisan kita. Membangun kepercayaan dengan para pembaca juga sangat penting, dengan menunujukkan bahwa kita adalah blogger yang professional anti copy paste.

Optimasi Keyword

Cara-Membuat-Konten-Post-SEO-optimasi-keyword-nyekrip

optimasi keyword

Oke, mari kita optimasi postingan kita dengan keyword yang kita inginkan. Pertama letakkan keyword dalam awal paragraf, hal ini penting karena nantinya awal paragraph yang kita buat kita jadikan juga sebagai meta description.

Sisipkan dalam judul, subjudul H2, H3 dan juga pada alt gambar. Jangan sampai lupa kita memasukkan alt image, ini sangat penting untuk kita sebagai optimasi pencarian dalam gambar.

Yang terakhir, sisipkan dalam akhir tulisan kita. Perhatikan jumlah keyword yang sudah dioptimasi, jangan sampai terlalu padat. Kembali pada penjelasan sebelumnya, buat para pembaca tetap nyaman dan tidak terganggu dengan optimasi yang kita lakukan.

Tambahkan gambar dan video

Jika memungkinkan, tambahkan video atau gambar kedalam artikel kita. Selain bisa mendukung artikel, ini merupakan nilai lebih dimata google sebagai artikel yang lengkap dan berguna.

Gunakan Tag dan Kategori

Jangan sia-siakan fitur tag dan kategori, gunakan dengan bijak dan jangan menggunakan kategori dan tag menjadi keyword secara berlebihan, algoritma google akan membaca web anda sebagai spam jika anda tidak berhati-hati dengan fitur ini. Ingat, keyword lebih powerfull jika kita masukkan dalam artikel, khususnya pada tempat yang sudah dijelaskan diatas.

Buat Internal Link dan External Link

Buatlah internal link yang menghubungkan ke dalam artikel kita yang lain, fungsi dari cara ini adalah untuk membuat para pembaca agar lebih dalam dalam menjelajah web kita, sehingga bounce rate dan waktu kunjungan menyumbangkan score yang tinggi.

Selain itu, google akan memandang web kita sebagai web yang lengkap, karena mempunyai pendukung untuk artikel yang kita buat.

Meta Description

Buatlah meta decription kita menjadi menarik, kita bisa membuatnya dengan menyalin paragraf pertama, ingat paragraf yang disalin harus juga mengandung keyword yang kita bidik.

Mobile Optimization

Test agar tampilan postingan anda sudah mobile friendly, sekarang ini sudah banyak pengguna ponsel. Meskipun langkah ini tidak terlalu wajib, tapi kedepannya bakal merepotkan anda sendiri jika anda akan kehilangan pembaca dari mobile.

Mulailah untuk mengganti template anda menjadi mobile friendly, banyak kok template free yang bertebaran di internet.

Gunakan Produk Google

Mulailah untuk menggunakan produk dari google, post artikel anda secara singkat pada google plus, dan jangan lupa daftarkan web anda ke google webmaster tool. Supaya bisa menikmati produk google, anda diwajibkan memiliki akun google dengan cukup mendaftarkan diri dengan cara membuat email di google. ntuk Membuat akun, kunjungi tutorial ” Cara Membuat Email di Google

Ternyata melelahkan dan panjang yang harus diperhatikan dalam membuat post, tetapi apa yang sudah kita lakukan akan membawa manfaat yang sepadan. Cukup sampai disini tutorial Cara Membuat Konten Post SEO dan Menarik, semoga bisa menambah kualitas post atau konten yang akan anda buat.

Sebenarnya masih ada tips dan trik yang belum sempat dibahas pada tutorial diatas, karena sudah dirasa panjang maka akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya. Jika ada suatu pertanyaan silahkan anda lempar dalam kolom tutorial, atau jika ingin juga selalu update berita dari nyekrip, silahkan menjadi member langganan web nyekrip dengan mengisikan alamat email pada sidebar kanan atas.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. warisan budaya indonesia

    Ijin mempraktikan ilmunya untuk blog saya warisanbudayaindonesiaonline com. Maklum sejauh ini masih sepi. Terima kasih.

  2. Ihsan

    makasih ilmunya nyerkrip.com

    kalo penggunan External Link yang baik gimana y? bukanya nnati pengjung kita malah pergi

    1. Admin Article Author

      External Link itu digunakan sebagai sumber, gunakan dengan benar dengan memberi link aktif. jika tidak, google akan menganggap sebagai web yang pelit dan tidak loyal. ini serius lho. 🙂

  3. Budi

    Mas mo tanya, untuk link yang dipostingan sendiri yang bagus untuk SEO sebaiknya bagaimana ya. masih bingung.

    1. Admin Article Author

      sisipkan link yang berkaitan dengan post… mau dari internal atau external itu tidak masalah 🙂

  4. Bang ELMU

    Wah komplit banget penjelasannya. SEO itu gampang tapi susah..mempertahankan berada di hal 1 SERP susah bangeet.

    btw thanks for sharing

    Salam
    Bang Elmu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *