Cara Membuat Struktur Website yang SEO - Nyekrip

Pada tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial Alasan Struktur Website Mempengaruhi SEO , nyekrip akan berbagi beberapa cara membuat struktur website yang SEO. Tips di bawah ini akan membantu kita dalam membuat website yang menarik bagi pengunjung, sehingga akan dengan mudah dijelajahi dan diindeks oleh google atau mesin pencarian lain, dan menghasilkan tingkat dan peringkat SERP terbaik.

Mari kita bahas cara membuat struktur website langkah demi langkah, Happy Nyekrip!

Rencanakan Sebuah Hirarki

Jika kita baru pada tahap memulai sebuah website, maka kita berada dalam posisi yang bagus untuk merencanakan struktur website SEO yang baik. Tidak peduli dengan metode apa yang kita terapkan dalam membuat web, segeralah untuk membuat rencana pembuatan struktur untuk website kita. Kita dapat memulainya dengan membuat konsep di papan tulis, program spreadsheet (Excel, Google Drive Spreadsheet), atau software lain seperti Visio atau OmniGraffle.

Sebuah ” Hirarki ” tidak lebih dari cara untuk mengatur informasi kita, sesuatu yang sederhana tapi memberikan efek yang besar. Hirarki juga akan menjadi navigasi dan struktur URL kita, sehingga segala sesuatu yang penting dimulai di sini (hal yang paling mendasar dalam merencanakan pembuatan website).

Umumnya, hirarki website terlihat seperti ini:

Struktur_Hirarki_Cara_Membuat_Struktur_Website_yang_SEO_-_Nyekrip

Link Hirarki Datar/Flat

Ada beberapa point dari hierarki yang harus diingat.

  • Buatlah hirarki yang sederhana. Jangan terlalu berlebihan atau memperumit proses ini. kita ingin kesederhanaan, baik untuk kepentingan kita sendiri dan untuk kemudahan crawler dan user. Setiap kategori utama harus unik dan berbeda. Setiap sub-kategori harus berhubungan dengan kategori utama di mana ia berada.
  • Tetap jaga jumlah kategori utama antara dua dan tujuh. Kecuali web kita adalah Amazon.com, batasi agar tidak terlalu banyak kategori utama. Jika kita ternyata membutuhkan lebih dari tujuh, cobalah untuk memikirkan kembali, dan kurangi sedikit.
  • Cobalah untuk menyeimbangkan jumlah subkategori dalam setiap kategori. Pada dasarnya, cobalah untuk tetap sesuai. Jika salah satu kategori utama memiliki empat belas subkategori, sedangkan kategori utama lain hanya memiliki tiga subkategori, ini bisa menjadi tidak seimbang.

Sebuah hirarki website adalah titik awal untuk struktur website yang kuat. Dalam tahap cara membuat struktur website akan dimulai pada tahap ini.

Cara Membuat Struktur Website (URL) yang Mengikuti Hirarki Navigasi

Hal yang terpenting kedua dalam mengembangkan struktur website yang kuat adalah pembangunan struktur URL. Jika kita telah menemukan alur yang jelas melalui hirarki kita, maka seharusnya menentukan struktur URL tidak terlalu sulit. Karena struktur URL kita mengikuti hirarki kita.

Jadi, katakanlah hirarki kita terlihat seperti ini:

Struktur_URL_Cara_Membuat_Struktur_Website_yang_SEO_-_Nyekrip

Struktur URL

Struktur URL untuk lokasi ” Cara Backup Restore Database MySQL di PHP ” akan terlihat seperti ini:

http://www.nyekrip.com/skrip/cara-backup-restore-database-mysql-php/

Struktur URL kita akan diatur sesuai dengan hirarki web kita. Ini berarti, secara jelas bahwa URL kita akan memiliki alamat dan kata-kata yang jelas (bukan sekedar hanya symbol atau angka) dengan begini kita bisa menentukan keyword yang sesuai.

Buat Navigasi web Anda Dalam HTML atau CSS

Bila kita sedang membuat navigasi, buatlah yang sederhana dan jangan terlalu rumit baik dari segi penulisan, penempatan dan kata-kata. HTML dan CSS adalah media yang paling baik untuk pembuatan navigasi kita. Menaruh URL navigasi dengan pada JavaScript, Flash, dan Ajax akan membatasi kemampuan crawler untuk menjelajahi navigasi web dan hirarki.

Jika kita berencana membuat website dengan CMS, silahkan kunjungi tutorial ” Daftar CMS Website Terbaik dan Gratis HTML5 “.

Gunakan Struktur Navigasi yang Dangkal

Struktur navigasi kita sudah jelas akan mengikuti hirarki web. Tapi yang perlu dipastikan adalah bahwa halaman yang penting tidak terkubur terlalu dalam. web yang memiliki struktur navigasi yang dangkal akan bekerja lebih baik, baik dari perspektif kegunaan dan crawler.

Sebuah web dengan struktur dangkal (yaitu, yang hanya membutuhkan tiga atau lebih sedikit klik untuk mencapai setiap halaman) jauh lebih disukai daripada website yang mempunyai struktur yang dalam (yang memerlukan klik yang banyak untuk melihat setiap halaman di web).

Buatlah Header yang Berisi Daftar Navigasi Utama

Header kita harus diisi daftar halaman utama atau halaman yang penting. Lihat pada web nyekrip ini, pada samping kanan telah disajikan halaman-halaman yang penting, sehingga disini nyekrip menaruh link tersebut diatas supaya dianggap penting oleh user maupun crawler. Perhatikan gambar dibawah:

Navigasi_Utama_Cara_Membuat_Struktur_Website_yang_SEO_-_Nyekrip

Navigasi Utama

Menambahkan elemen menu lain selain dari kategori utama bisa menjadi mengganggu dan itu sangat tidak perlu. Jika kita telah merancang sebuah web parallax, pastikan untuk menyediakan menu Header yang mencolok.

Apalagi jika kita juga menambahkan menu dropdown dengan menggunakan efek CSS yang indah, maka dipastikan dapat meningkatkan pengalaman user, meskipun tidak meningkatkan SEO secara signifikan.

Jika memiliki footer dengan link menu, pastikan untuk menduplikasi link utama navigasi menu utama kita dalam menu navigasi footer (kasus ini jika kita minim link). Jangan mengubah urutan link atau menambahkan tambahan daftar kategori, tetap pastikan sesuai konsep, karena dikhawatirkan akan menyulitkan pengguna dan bertambahnya jumlah link.

Mengembangkan Struktur Internal Link

Internal link merupakan daging pada tulang hirarki website. Artikel Moz telah membahas link internal dan berisi tiga alasan mengapa internal link sangat penting:

  • Memungkinkan pengguna untuk menavigasi web
  • Membantu membangun informasi hirarki untuk website
  • Membantu penyebaran link juice (ranking power)

Masing-masing secara langsung terkait dengan penciptaan struktur web yang terintegrasi dengan baik.
Tidak perlu terlalu rumit dalam membuat internal link. Ide dasarnya adalah bahwa setiap halaman di web harus memiliki beberapa link (mengandung link dari halaman lain). Internal Link memberitahu mesin pencari halaman mana yang penting, dan bagaimana menuju ke sana.

Dalam optimasi website, selain membuat struktur website yang tepat, membuat desain yang responsive juga merupakan langkah awal yang penting, untuk itu silahkan kunjungi ” Cara Membuat Template Web Responsive HTML 5 “.

Kesimpulan

Demikian tutorial Cara Membuat Struktur Website yang SEO. Membuat Struktur yang tepat pada web adalah langkah yang tepat untuk optimasi website pada mesin pencari dan menarik pengunjung. Waktu terbaik untuk mengembangkan atau membuat struktur adalah pada saat anda masuk dalam tahap perencanaan pembuatan web.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: Cara Membuat Struktur Website yang SEO | Portal Tricks

  2. riski

    min nanya untuk blogger tidak mendukung parents dan child kategori untuk di masukan kedalam navigasi ya?
    thanks

  3. riski

    min kalo untuk bloger tidak mendukung sruktur navigasi yang mendukung child dan parent kategori ya?
    misalnya elekronik > handphone > android

  4. regen

    terima kasih infonya,,

    saya juga sedang belajar bagaimana cara membuat struktur website untuk mendukung seo

    karena saya sedang mengembangkan bisnis saya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *