Cara-Membuat-System-dengan-Object-Oriented---Nyekrip

Tahukah apa itu Object Oriented Programming? Dan bagaimana Cara Membuat System dengan Object Oriented? Apabila Anda pernah atau masih berkecimpung dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pemrograman, tentu Anda pernah mendengar istilah “komponen”.

Apa Itu OOP, Fungsi dan Subroutine?

oop-basics-nyekrip

OOP (image from wearelaunchbox.com)

Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang awam tentang programming, mungkin istilah tersebut belum terlalu dikenal. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan “komponen” itu dan bagaimana membuatnya?

Pemikiran pembuatan komponen dimulai pada saat program dibuat. Seringkali beberapa rutin pekerjaan yang mempunyai fungsi sama digunakan berulang-ulang, sehingga dibuatlah apa yang disebut dengan subroutine. Mungkin saat ini subroutine sudah tidak begitu populer lagi, dan yang sering kita dengar saat ini adalah “fungsi”.

Secara konsep keduanya tidak jauh berbeda, yaitu membuat suatu urutan program yang dapat melakukan pekerjaan yang sama, sehingga pada saat Anda menginginkan pekerjaan itu Anda tinggal memanggil saja fungsi tersebut.

Akan tetapi, masalahnya adalah fungsi ini hanya terdiri dari perintah saja, sehingga fungsi biasanya hanya dapat digunakan di dalam program aplikasi yang sama. Untuk dapat digunakan pada aplikasi lainnya perlu adanya sedikit penyesuaian.

Dengan adanya pemrograman berbasiskan object (Object Oriented Programming) pembuatan komponen yang dapat digunakan di dalam aplikasi yang satu dan yang lainnya dapat dilakukan.

Dalam pemrograman berbasiskan object (OOP) dikenal istilah encapsulation dan information hiding. Oleh karena OOP menggunakan konsep class, maka di dalam satu class, data dan operation dijadikan satu.
Oleh karena setiap class mempunyai data dan operation tersendiri, ketergantungan antar-Class menjadi sangat rendah. Berbeda halnya dengan fungsi, di mana data dan program tidak berada dalam satu kemasan yang tertutup, ketergantungan fungsi pada datanya akan menjadi sangat besar.

Dari encapsulation ini terjadi information hiding, artinya bila satu class diberi perintah untuk melakukan suatu operation, class tersebut akan memprosesnya di dalam class itu sendiri, dan akan memunculkan hasil operasinya.

Oleh karena itu, dalam menentukan suatu class nama class, attribute, dan operation harus ada. Tidak semua bahasa pemrograman dapat disebut OOP. Bahasa pemrograman yang termasuk kategori OOP adalah VB.net, Java, C#, C++, Simula, PHP, sedangkan VB 6.0 belum termasuk dalam kategori OOP.

Lebih Lanjut tentang mengenali pemrograman berbasis objek, silahkan kunjungi tutorial ” Cara Menentukan Pemrograman Berbasis Objek “.

Bagaimana membuat komponen?

Pada dasarnya komponen itu terdiri dari satu atau lebih class dengan mendesain sistem menggunakan pendekatan yang sama dengan pemrogramannya yaitu OO (biasanya disebut juga OOAD).

Perkembangan OOAD banyak mengadopsi dari ER diagram, dan beberapa cara pada cara perancangan terstruktur.

Cukup banyak penggagas OOAD ini. Masing-masing penggagas ini mempu-nyai cara penggambaran yang berbeda. Hal inilah yang seringkali menjadi alasan utama sulitnya mempelajari OOAD.

Grady Booch, James Rumbaugh, dan Ivar Jacobson merupakan tiga orang yang memang sudah lama berkecimpung dibidang OOAD. Mereka masing masing mempunyai cara dalam mendesain dengan OO. Mereka juga menggagas apa yang disebut dengan UML (Unified Modeling Language).

Dengan demikian, apa pun metode yang mereka lakukan untuk mendesain OO, penggambaran-nya sama dengan UML. UML sekarang ini sudah diterima oleh banyak organisasi dan pemakaiannya pun semakin luas. Bahkan kini VISIO juga sudah menerapkan fasilitas UML ini.

Semoga artikel dari Bapak Indra ini bisa membantu pembaca dalam memahami apa itu  Object Oriented Programming (OOP), sehingga memudahkan untuk cara membuat system dengan object oriented.

Lebih lanjut dengan OOP, silahkan menuju tutorial ” Pengertian Object dan Class Belajar OOP “.

Sumber: OOAD – Wikipedia OOAD

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *