Cara-Membuat-Website-Sederhana-dengan-HTML-5-Nyekrip-com

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat website sederhana dengan html 5, sebelumnya anda diharapkan sudah mengerti dasar HTML dan CSS karena pada tutorial ini tidak akan dijelaskan secara mendetail mengenai HTML dan CSS, tutorial ini hanya menjelaskan secara garis besar fungsi dari elemen yang dipakai.

Jika anda belum pernah membuat halaman web sederhana, sangat disarankan untuk latihan membuat halaman web secara sederhana di artikel ” CARA MEMBUAT HALAMAN WEB SEDERHANA ” dalam artikel ini juga dijelaskan secara mendetail tentang apa saja alat yang digunakan dalam membuat website.

Hasil akhir dari membuat website adalah seperti gambar dibawah ini, klik ” Run Skrip ” jika ingin melihat hasil secara online sekaligus merubah source code, silahkan anda ikuti langkah-langkah membuat website sederhana dengan html ini.

Cara_Membuat_Website_Sederhana_dengan_HTML_5_-Nyekrip

Website Sederhana dengan HTML 5

Anda bisa download website sederhana ini dengan klik tombol ” Download Skrip “.

Cara membuat website sederhana

Oh ya, dalam tutorial cara membuat website sederhana ini kita menggunakan HTML versi 5 dan juga sedikit CSS versi 3. Dan seperti biasanya alat yang digunakan dalam membuat website pada tutorial ini ada dua, yaitu;

Jika anda belum mempunyai alat-alat tersebut, anda bisa download chrome dan notepad++ secara gratis pada halaman web mereka. Mari kita mulai tutorial cara membuat website sederhana yang terdiri dari 8 langkah.

Langkah 1: Membuat Sketsa Desain halaman web

Kita akan memulai membuat web dengan mempersiapakan sketsa halaman web dulu, untuk membuat sketsa halaman web kita bisa menggunakan kertas dulu baru setelah itu kita bisa memperhalusnya dengan photoshop. Berikut adalah sketsa halaman web yang kita akan gunakan sebagai latihan.

Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML 5 - Sketsa - Nyekrip

Sketsa Website Sederhana

Sketsa desain halaman web dapat memberikan gambaran mengenai layout halaman web dan bagaimana cara mengatur letaknya. Dengan adanya sketsa juga bisa mempermudah kita untuk menyiapkan skrip HTML dan CSS apa saja yang dibutuhkan.

Langkah 2: Menentukan Konsep membuat website

Kita akan menggunakan HTML5, teknologi ini memperkenalkan beberapa elemen baru yang memungkinkan kita untuk membagi bagian dari halaman. Nama-nama elemen ini sesuai dengan jenis konten yang berada didalamnya.

Contoh pada kali ini yaitu membuat web masakan yang dibangun menggunakan elemen HTML5 untuk membuat  struktur halaman (bukan sekedar pengelompokan menggunakan elemen  <div>).

Sesuai dengan sketsa  halaman web diatas, Header dan footer bertempat di dalam elemen <header> dan <footer>. Materi masakan dikelompokkan bersama di dalam elemen <section> yang memiliki atribut class yang nilainya courses (untuk membedakannya dari elemen <section> yang lain pada halaman). Sidebar berada di dalam sebuah elemen <aside> .

Setiap materi masakan berada di dalam sebuah elemen <article>, dan menggunakan elemen <figure> dan <figcaption> untuk menyisipkan gambar. Judul pada masing-masing materi masakan memiliki sub-judul, jadi judul-judul ini dikelompokkan dalam sebuah elemen <hgroup>. Di sidebar, terdapat resep dan rincian kontak yang ditempatkan terpisah  di dalam elemen <section>.

Halaman dikelola dan ditata menggunakan CSS. Agar CSS bisa bekerja di versi IE 9 kebawah, halaman HTML5 berisi link ke HTML5 shiv JavaScript (host di server Google) di dalam komentar bersyarat.

Oke, kita sudah menentukan konsep dari membuat web sederhana, mari kita lanjutkan dengan membuat skrip HTML dan skrip CSS.

Langkah 3: Membuat Skrip Struktur Umum HTML

Pembuatan skrip struktur umum HTML memudahkan kita untuk memulai dalam membuat website, jika anda belum mengetahui apa itu struktur umum HTML, anda bisa mempelajari terlebih dahulu di ” Pengenalan HTML: Struktur Umum Part 1 “. Berikut Skrip Struktur Umum HTML.

Skrip HTML diatas terdapat baris skrip <style type="text/css">, didalam skrip ini kita nantinya akan menaruh skrip CSS untuk mengatur layout halaman web. Sedangkan pada skrip <title>Web Warung Tegal</title> berfungsi untuk memberikan title halaman web. Dibawah tag <style> kita memberikan skrip HTML5SHIV yang berguna agar website kita berjalan dengan baik dalam browser IE versi 9 kebawah.

Skrip <div class="wrapper"> berfungsi untuk membungkus elemen halaman web, ” bungkusan ” ini kita beri class wrapper, dengan class ini kita bisa mengatur semua elemen yang berada didalamnya dengan skrip CSS.

Kesimpulan dari skrip diatas adalah kita telah memberikan judul halaman web dan menyediakan tempat untuk skrip CSS.

Langkah 4: Membuat Elemen header dan nav HTML5

Dalam contoh ini, Elemen <header> digunakan untuk tempat dari  nama website dan navigasi utama. Berikut skrip header, letakkan persis dibawah <div class="wrapper">.

Kita menggunakan elemen <nav> untuk membuat  navigasi . Elemen ini bisa digunakan di berbagai keperluan dalam pembuatan navigasi, baik navigasi yang berada tepat dibawah header, atau navigasi yang terletak pada footer.

Dalam skrip diatas kita menentukan judul halaman yang telah kita letakkan pada elemen <h1> dan memberikan daftar link navigasi sebagai alat navigasi untuk mempermudah dalam mengakses halaman web.

Langkah 5: Membuat Elemen article HTML5

Elemen <article> bertindak sebagai wadah untuk setiap bagian dari halaman yang dapat berdiri sendiri dan berpotensi Sindikasi.

Bisa berupa artikel atau tulisan blog, komentar atau posting forum, atau lainnya. Jika halaman terdiri dari beberapa artikel, maka kita akan meletakkan masing-masing artikel dalam elemen <article>. Berikut skripnya, dan kita bungkus skrip ini dengan elemen <section>.

Letakkan skrip diatas tepat dibawah skrip header yang sudah kita buat sebelumnya. Elemen <section> digunakan untuk mengelompokkan elemen konten yang terkait , dan biasanya setiap bagian akan memiliki judul tersendiri.

Elemen <figure> digunakan untuk menyisipkan gambar sedangkan elemen  <figcaption> digunakan untuk memberi keterangan dalam gambar tersebut. Sedangkan tujuan dari elemen <hgroup> adalah mengelompokkan satu atau lebih elemen  <h1> sampai <h6> sehingga mereka diperlakukan sebagai satu judul tunggal.

Kesimpulannya dalam skrip diatas kita membuat artikel masakan dengan memberinya judul, gambar beserta penjelasan.

Langkah 6: Membuat Elemen Aside HTML5

Elemen <aside> bertindak sebagai tempat/wadah untuk konten yang berhubungan dengan seluruh halaman. Sebagai contoh, elemen ini bisa berisi link ke halaman web lain, daftar posting terbaru, kotak pencarian, atau widget-widget lainnya. Berikut skrip dari elemen Aside. Letakkan skrip ini dibawah skrip <section> diatas, tepatnya setelah skrip </section>.

Dalam skrip diatas, kita meletakkan informasi daftar link yang berisi menu masakan yang populer dan daftar kontak.

Langkah 7: Membuat Elemen Footer HTML5

Setiap website akan punya footer, elemen <footer> berguna untuk membuat footer, dengan footer kita bisa memberikan informasi tambahan mengenai website seperti informasi hak cipta, link ke halaman kebijakan privasi atau link lainnya. Berikut skrip footer. Skrip Footer diletakkan setelah skrip <aside> diatas, tepatnya setelah skrip </aside>.

Pada tahap ini kita sudah membuat File HTML dan belum dilengkapi dengan skrip CSS dan Gambar, sehingga pada tahap ini web sederhana kita seperti gambar dibawah ini.

Cara_Membuat_Website_Sederhana_dengan_HTML_5_-belum_css_dan_gambar_-nyekrip

Website Belum Menggunakan Skrip CSS dan Gambar

Langkah 8: Membuat Skrip CSS dan Gambar

Berikut skrip CSS yang nantinya kita insert ke dalam elemen <style type="text/css">.

Penjelasan dari skrip CSS tidak dibahas disini, melainkan akan dibahas dalam artikel membuat website sederhana bagian 2, untuk gambar anda bisa mendownload-nya sekaligus beserta source code pada tombol download diatas.

Cukup sampai disini tutorial cara membuat website sederhana dengan HTML 5, Pada tahap ini kita sudah membuat website meskipun sangat sederhana, simple dan terbilang cukup mudah, web sederhana ini hanya terdiri dari satu halaman web saja. Kita bisa menambahkan halaman lain dengan cara duplikat halaman web yang sudah dibuat dan isinya kita ganti dengan yang lain.

Tutorial diatas masih sebatas cara membuat web simpel dan biasa, yang perlu diketahui bahwa website simpel ini masih bersifat statis tidak dinamis. Tutorial cara membuat website sederhana ini sangat jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kami sangat mengharapkan saran dan kritikan yang membangun.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      bukan dua-duanya, ini murni html css dari awal. Kalau mau di aplikasikan di blogger atau wordpress bisa dilakukan dengan merubahnya menjadi tema atau template.

  1. Aldi

    oooo.. jadi kalo mw membuat web sederhana dengan html harus buat css nya juga ya om… kalo gitu mah gampang 🙂

  2. isa

    mas,misalnya kita sudah membuat sketsa nya,trus agar isi article pasti jatuh di sketsa article nya gimana caranya??pake apa ?di apain?

  3. Dev

    min ane agak masih bingung ngebaca css nya, terus beda nya statis dengan dinamis dimana nya min ? maaf min banyak nanya. ditunggu kelanjutan tutorialnya min

  4. fachru

    min kalo seandaianya tanpa database untuk ke navigasi selanjutnya contoh dari beranda ke daftar masakan bisa enggak di tampah pake script untuk halaman daftar masakan?kalo bis,bisa kasih contoh dan harus mulai scriptnya dari mana?

  5. Mix

    admin, saya masih belum paham bagaimana caranya membuat web, saya sudah download notepad dan saya sudah menulis skrip di notepad lalu selanjutnya bagaimana lg?
    untuk bisa menampilkan gambarnya?

  6. Pingback: Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML 5 | hacobtewur

  7. Pingback: Cara Membuat Halaman Web Sederhana Dengan Notepad | hacobtewur

  8. pernadi

    kang saya sangat teramat sangat awam.
    langkah 1 software yang disedianin apa ajja
    terus
    utuk langkah kedua awal ngetik kaya bgimana..??
    di tunggu ya gan jawabannya langsung lewat sini atau email terimakasih sebelumnya

    1. Admin Article Author

      software cuma pakai notepad, dan ketikkan kode html dan css disitu. dan buka pakai browser. coba download dulu aja 🙂

  9. ita handayani

    Terima kasih share ilmunya mas, bermanfaat banget buat saya yang masih dalam belajar, mampir juga mas ke blog saya

  10. mqelbajrie

    Alhamdulillah ilmu y’ sangat bermanfaat gan, saya mau bertanya bagaimana cara menyisipkan login di page index ya? di tunggu tutorialnya ya terima kasih

    1. Admin Article Author

      g ngerti yang dimana? jangan2 dari awal sudah tidak mengerti? silahkan belajar membuat halaman web dulu… jangan tergesa-gesa… 🙂

    1. Admin Article Author

      di tutorial ini backend belum ada, murni html dan css… untuk kedepannya bisa pakai php atau asp.. 🙂

  11. wisnu

    kalau coding searchnya gimana ya?
    saat mau akan search dan nanti begitu di klik link yang dituju maka akan menuju ke link yang di klik

  12. enas nasrudin

    gan ane dah download file template html5 yang sudah jadi, seperti contoh di gambar ini isi file nya https://goo.gl/RmQVQF, gimana sih gan cara masang nya isi file2 ini harus dipasang gimana ya ane bingung, rencana sih mau ganti template blogger sama template yg html5

    1. Admin Article Author

      wah kalau mau ke blogger ya harus disesuaikan dengan pengaturan skrip template pada blogger… coba pelajari dulu cara membuat template blogger. 🙂

  13. Arsala

    Terimakasih tipsnya mas
    mas saya mau tanya, kalau bikin web itu butuh domain sama hosting. yang dua ini apa si fungsinya?

  14. Egi Andriana

    klo content”nya kaya daftar masakahndll ingin bisa di klik terus setelah di klik ke page itu tapi background tetap seperti beranda gimana ya caranya?

    1. Admin Article Author

      fungsinya untuk belajar membuat web dari awal, maka skill html dan css harus sudah ada. dan melalui tutorial ini diharapkan akan mempunyai skill basic dulu. jika anda ingin cepat dan g begitu pusing, silahkan pakai blogger atau template gratisan, dijamin g bakal pusing, tinggal pakai dan tidak usah nyekrip. 🙂

  15. Nazriel

    Terima kasih gan, disini selalu lengkap dan deatil dalam membuat postingan, sehingga bisa dipelajari dengan seksama, hehehe… Maju terus nyekrip.com

  16. obat jantung alami

    Artikel yang sangat membantu admin, saya sangat terbantu setelah membacanya. Terimakasih atas tip dan cara-caranya.

  17. wok kian gie warsi

    meski msh dalam bentuk web sederhana namun untuk pemula itu sudah sangat membantu sekali. terima kasih banyak atas ilmu yg sudah di share di sini. yuk kunjungi web saya hxxp://www.obat-pelancarhaid.info buat kalian yang mempunyai trouble soal siklus menstruasi Anda. dan saya ucapkan terima kasih banyak buat kalian yang sudah mampir di web saya. salam kenal semuanya

  18. paket umroh murah 2017

    Artikelnya yang sangat membantu setelah saya baca dan pelajari sangat membantu sy yang lagi banyak belajar .semoga terus bisa berkarya dan memberikan keilmuaann.Terimakasih atas tip dan cara-caranya.semoga sukses slalu.
    salam kenal salam silahturahmi wahyudin 081283893898
    hxxp://www.paketumrohmurah2017.com

  19. Asyarh

    Haha..
    memang mantap artkelnya guys, aku bisa mulai ngedit template yang didownload dari pihak ketiga. Makasih min, maulah baca artikel html lainnya. Responnya min.. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *