Cara-Membuat-Website-Terbaru-dan-Lengkap-Nyekrip

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial Cara Membuat Website Lengkap Dengan Gambar, akan dikupas secara mendalam tahap demi tahap. Tutorial ini cocok dengan anda yang masih awam, kalau sudah mahir anda bisa langsung skip pada bagian optimasi saja.

Banyak pilihan cara membuat web, semua terserah anda dalam memilih cara, karena memilih cara itu tergantung dengan tujuan anda membuat web. Dari cara termudah sampai tersulit itu semua pilihan anda, yang jelas setiap cara ada keuntungan dan kekurangannya.

Apa Itu Web

Web adalah halaman yang berisikan konten baik itu tulisan, gambar dan video yang bisa diakses secara online (tentunya sesuai aturan privasi). Bagi anda yang ingin berjualan online atau membuat toko online, ingin membuat blog pribadi yang berisikan curhatan bahkan yang ingin memulai bisnis online maka diperlukan kemampuan dalam membuat web, tidak susah asal tahu caranya.

Untuk lebih jelasnya pengertian apa itu web silahkan menuju tutorial ” Mengetahui Apa Itu Website dan Jenisnya “.

Mengapa Harus Memiliki Web atau Blog

Hampir setiap pemilik usaha memiliki web untuk mengenalkan diri dan produk mereka untuk menunjang brand, keberadaan dan penjualan. Jika anda adalah pelaku bisnis, jangan sampai anda ketinggalan dengan para pesaing yang sudah memiliki web.

Untuk mengetahui setiap keuntungan memiliki web dan blog silahkan kunjungi ” Alasan Mengapa Harus Memiliki Website / Blog “.

Dengan mengetahui berbagai keuntungan dalam memiliki web, saatnya anda memutuskan tujuan anda dalam membuat web. Mengapa hal ini perlu anda lakukan diawal? Karena hal ini akan sangat mempengaruhi penampilan, struktur web dan hasil akhir web.

Langkah – langkah Cara Membuat Website

cara membuat website desain dan optimasi

desain dan optimasi

Oke cukup perkenalan dengan web dan blog, mari kita mulai langkah – langkah dalam cara membuat web. Agar paham dan mendapatkan hasil yang maksimal pelajari dengan pelan-pelan dan Jangan di skip-skip ya 🙂

Tentukan Nama Domain dan Beri Nama Web

Domain adalah alamat web anda, dengan alamat itu orang-orang dapat mengunjungi web dengan mengetikkan alamat web pada browser mereka. Contohnya web ini memiliki alamat nyekrip.com, yang perlu diperhatikan dalam memilih alamat web atau domain adalah pastikan alamat itu mudah diingat dan tidak terlalu panjang sehingga memudahkan para pengunjung untuk mengingat alamat web.

Tips dalam memilih Domain yang perlu anda perhatikan:

  1. Kebanyakan web yang ingin bertujuan bisnis menggunakan akhiran .com atau .co.id, Jika akhiran itu sudah dibeli oleh orang lain dan ternyata dijual, cobalah untuk membelinya.
  2. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan akhiran domain .biz atau .net, jika domain .com memang sudah tidak dapat diupayakan.
  3. Jika anda memiliki tujuan khusus untuk transaksi misalkan daerah Indonesia saja maka gunakan .id, jika daerah amerika gunakan .us dan seterusnya.
  4. Jangan terlalu memaksakan dalam memilih nama domain, anda bisa memanfaatkan kata tambahan didepan atau sebuah akhiran. Contohnya jika domain baca.com sudah dibeli, coba tambahkan kata depan me jadi membaca.com atau akhiran kan menjadi bacakan.com
  5. Belilah domain dengan jangka minimal tiga tahun, agar tidak ada orang yang berusaha memanfaatkan kelalaian anda dalam renew domain.
  6. Jika anda khawatir nama domain yang merupakan brand anda disalahgunakan, cobalah membeli beberapa akhiran domain yang lain.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi tutorial ” Tips Cara Memilih Nama Domain Website “.

Cara Daftar / Beli Nama Domain

Setelah anda memutuskan nama domain yang anda inginkan, saatnya anda segera membeli domain agar domain tersebut tidak keburu diambil pihak lain. Banyak tempat untuk membeli domain, bisa dalam negeri atau luar negeri, yang jelas dalam membeli domain perhatikan tips berikut:

  1. Jangan memeriksakan nama domain berulang-ulang pada web yang memang menyediakan layanan pembelian nama domain, pada beberapa kasus nama domain tersebut akan langsung dibeli oleh web penyedia tersebut karena dianggap banyak peminatnya sehingga harga jual akan mengalami peningkatan.
  2. Jika ingin beli diluar negeri pastikan sudah memiliki kartu kredit, karena pengalaman penulis menggunakan paypal hanya kartu kredit yang bisa digunakan (Jika ada trik lain silahkan ditambahkan dalam kolom komentar).

Oke, untuk prakteknya silahkan menuju tutorial ” Cara Daftar Domain Blog Website Lengkap “.

Menentukan Teknik Cara Membuat Website

cms-Alasan-mengapa-harus-perlu-memiliki-website-blog-nyekrip

CMS yang sering dipakai membuat web/blog

Oke sekarang anda telah mempunyai domain, selanjutnya adalah menentukan teknik dalam cara membuat website, karena dalam membuat web ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan ini sangat mempengaruhi hasil itu sendiri.

Seperti yang sudah dibicarakan pada kata pembuka bahwa setiap teknik memiliki keuntungan dan kekurangan, oke langsung inilah beberapa teknik cara membuat website yang populer:

  1. Hosting dan Domain Gratis
    1. Blogspot : Silahkan menuju tutorial ” Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Gambar
    2. WordPress.com : Langsung saja ke Tutorial ” Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Lengkap
  2. Hosting dan Domain Berbayar
    1. WordPress.org : Jika anda berniat menggunakan CMS wordpress dan upload sendiri seperti web nyekrip ini, silahkan ikuti tutorial ini sampai habis
    2. Other CMS –Content Management System : Seperti CI (Code Igniter) contohnya CMS Lokomedia
    3. Hand Coding : Membuat sendiri dari awal

Untuk lebih lengkapnya silahkan ke tutorial ” Beberapa Cara Membuat Web Paling Populer “. Bagi anda yang memilih untuk cara membuat website menggunakan CMS WordPress atau tidak menggunakan fasilitas hosting gratis, silahkan melanjutkan membaca tutorial. 🙂 Bagi yang tidak, silahkan mengambil inti dari lanjutan tutorial, karena pada dasarnya sama cuma beda teknik.

Cara Install CMS WordPress Pada PC Offline

Sebelum hosting web, sebaiknya kita mengunduh file CMS WordPress di wordpress.org, dengan  mencoba secara offline terlebih dahulu, kita akan memperoleh manfaat seperti:

  1. Anda tidak harus terhubung secara online untuk perubahan yang sering dilakukan ( sering ganti theme, optimasi plugin sampai optimasi theme)
  2. Dengan tidak terhubung secara online, maka kecepatan dalam optimasi meningkat jika dibandingkan dengan optimasi setelah web dihosting secara online.
  3. Yang jelas kita sudah hemat kuota 🙂
  4. Memastikan semua sesuai dengan yang diinginkan mulai desain sampai optimasi kecepatan loading.
  5. Jika memang nanti ada perubahan, kita bisa merubahnya saat web sudah online, karena perubahan hanya sedikit.

Untuk tutorial-nya silahkan menuju ” Cara Install WordPress Offline di Xampp Manual “.

Membangun Struktur Website

Setelah anda install CMS WordPress atau CMS lainnya, tugas kita selanjutnya adalah mulai membangun struktur website. Hal ini sangat penting karena membahas halaman apa saja yang ingin anda tampilkan dalam web anda.

Struktur web site anda tergantung dari tujuan anda membuat web. Sebagai contoh, jika anda membuat web dengan tujuan membuat toko online, maka web page yang anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Home Page (Halaman Depan)
  2. Halaman Produk atau catalog
  3. Info Perusahaan atau about us
  4. Halaman pembayaran
  5. Halaman Kontak/ contact page
  6. Blog, sebgai alat untuk mempengaruhi calon konsumen anda.

Agar lebih mudah dalam visualisasi, gambarkan secara hirarki. Untuk lebih jelasnya silahkan menuju tutorial ” Cara Membuat Struktur Website yang SEO “.

Cara Hosting Web yang Sudah Dibuat

hosting-nyekrip

hosting

Sudah siapkah web offline anda untuk dilaunching ke penyedia hosting? 🙂 .  Untuk memulai hosting web anda, pastikan hal-hal berikut ini :

  1. Tempat Hosting, pastikan anda sudah membelinya. Biasanya tempat membeli hosting sama dengan membeli domain.
  2. Catat password dan username web dan database anda.
  3. Dalam tutorial ini, pastikan bahwa hosting anda menyediakan fasilitas CPanel.

Selanjutnya silahkan menuju tutorial ” Cara Hosting Website Blog WordPress CPanel “.

Menambahkan Konten atau Artikel Web / Blog

Web sudah online dan kita sudah bisa menambahkan artikel atau tutorial. Dalam bagian ini akan dibahas pentingnya membuat konten yang sesuai SEO, apa saja keuntungan membuat artikel yang sesuai SEO? Berikut adalah beberapa point penting :

  1. Konten akan segera diindex oleh Google
  2. Konten akan memiliki posisi yang bagus di SERP
  3. Tidak mudah digeser oleh pesaing yang memiliki konten serupa
  4. Menambah ranking dalam web anda
  5. Menambah kepercayaan calon konsumen (konten berisi alasan yang mendukung barang jualan anda).
  6. Memperkuat Brand yang anda bangun, karena jika banyak konten anda yang berbobot maka akan menambah kekuatan Brand anda.
  7. Dan masih banyak lagi

Untuk prakteknya silahkan menuju tutorial ” Cara Membuat Konten Post SEO dan Menarik “.

Optimasi Web / Blog

cara membuat website optimasi

Optimasi Website

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan optimasi terhadap web anda. Optimasi meliputi :

  1. Kecepatan loading blog
  2. SEO
  3. Keamanan Blog
  4. Fungsi Back-Up

Untuk memenuhi itu semua anda diharuskan menambahkan fungsi tambahan untuk meningkatkan peforma web anda. Jika anda menggunakan wordpress, anda bisa menggunakan plugin. Plugin apa saja? Silahkan simak tutorial ” Plugin WordPress Terbaik Wajib untuk Optimasi “.

Kesimpulan Cara Membuat Website

Demikian tutorial Cara Membuat Website Terbaru dan Lengkap, masih ada kekurangan yang penulis belum sampaikan dikarenakan media yang terbatas ini. Untuk tutorial lain yang berhubungan dengan membuat web bisa kunjungi halaman Kategori Website.

Mohon disampaikan jika ada hal yang ingin ditambahkan atau diperbaiki. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi pada halaman kontak atau langsung komentar dalam kolom yang disediakan dibawah ini.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. M. Sahidin

    Keren Gan, tutorial ini saya butuhkan, selama ini saya menggunakan hosting gratis. Berniat pindah ke hosting sendiri, biar kelihatan lebih pro.

    1. Admin Article Author

      memulai dengan yang berbayar akan sangat memberatkan, kalau sudah merasa cukup berkembang tidak ada salahnya pindah ke yang berbayar. 🙂

  2. membuat website

    Iya , sangat bagus min, di jaman sekarang kita bisa dengan mudah membuat website dengan cms, waalaupun tidak pandai ngoding kita bisa mencarii panduan bagaimana cara membuat website, karena ada banyak panduan, apalagi yang menggunakan wordpress misalnya..

  3. Pencari ilmu

    Maaf Mas gan.. gimana cara kita dapat membuat website dengan hanya menggunakan 1 hosting, ceritanya singkatnya begini, saya mempunyai website di provider hosting unmetered.co.id. Kuota Disk space masih cukup banyak, nah apakah bisa ngak saya buat website lagi dengan space web saya yang masih longgar tersebut. Sayang sekali gan.., jika longgar dan tidak di manfaatkannya. Makasih…

    1. Topeng

      Kalo satu host 2 web atau domain ,Gak bisa mas brohh… begitu pula sebaliknya satu domain gak bisa di pakai 2 hosting ,bisanya di ganti cuma di upgrade saja. Karna mgkin itu sdah aturan main yg pynya hosting

    2. Google.com

      di cpanel hosting ada menu Addon Domain yang artinya dengan menu ini kita bisa menambahkan beberapa domain dalam 1 hosting. berapa domain yang bisa di tambahkan ke hosting tergantung dari penyedia hostingnya. ada yang 1, 3,5, 10, dan unlimited. bisa di tanyakan ke pihak hostingnya.

  4. jasa.hosting

    Mantap sekali kumpulan artikelnya, pemilihan hosting yang terbaik juga perlu di pertimbangan, selama ini semua web saya tersimpan di provider serverdisk.net dengan cpanel sebagai control panel web based nya, lebih populer dan handal untuk web kita

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *