Cara web bekerja - Nyekrip.com

Cara web bekerja: Ketika kita sedang berselancar di Internet untuk mengakses sebuah halaman website, pastinya kita akan memanfaatkan software browser. Kita tinggal mengetik-kan satu buah alamat dalam kolom alamat browser, misalnya kita ingin mengunjungi google.com, & secara otomatis browser menunjukkan tampilan halaman Google. Sebenarnya apa yang sedang terjadi pada belakang layar, proses apa saja yang telah terjadi? Apakah simpel ataukah sulit.

Bagaimana Cara Web Bekerja

Secara dasar, dapat juga dikatakan bahwa cara web bekerja sama dengan cara kerja pos, setiap individu yang ingin berkomunikasi dengan individu lain harus melakukan kegiatan pengiriman pesan. Segala atribut atau identifikasi si penerima pesan sudah diatur dan disimpan dalam alamat & kode pos di kantor pos.

Pesan yang telah diterima oleh kantor pos, selanjutnya oleh kantor pos akan dikirim ke alamat si penerima pesan. Sekarang kita tahu bahwa Kantor pos disini yang bertugas untuk memilih alamat & juga kode pos, di dalam dunia web, kantor pos ini disebut DNS (Domain Name Server).  Sedangkan Alamat yang merupakan tempat dan tujuan si penerima pesan, itu disebut IP Address. Sementara penerima pesan adalah website lain.

Lha sekarang siapa yang menjadi pegawai kantor pos, atau siapa yang menjalankan kantor pos untuk mengirimkan pesan? jawaban-nya adalah web browser. Perhatikan 9 bagian gambar dibawah ini sebagai ilustrasi bagaimana cara web berkerja karya vladstudio.

cara web bekerja -Nyekrip.com

Web Bekerja

1. Tahap Pertama

Misalnya kita ingin mengunjungi google.com, sudah tentu kita mengetik-kan alamat google.com, ini bisa di ibaratkan kita memberi perintah kepada browser untuk menuju tempat website google berada.

2. Tahap Kedua

Demi keamanan, semua browser pasti akan melalui firewall atau proxy, sebelum memasuki dunia internet yang sangat luas.

3. Tahap Ketiga

Lha disini browser cuma dibekali kata google.com oleh kita, browser perlu merubah kata google.com ke alamat IP. Dengan bertanya DNS, maka browser akan mengetahui alamat IP dari web http://www.google.com.

4. Tahap Keempat

Setelah mendapatkan alamat IP, browser akan menuju ke alamat IP tersebut.

5. Tahap Kelima

Setelah tiba di alamat IP tersebut, ternyata browser bertemu dengan Hosting Server (karena IP yang diberikan merupakan IP Hosting Server). Browser tinggal menanyakan kamar dari dari www.google.com. Untuk menghemat sumber daya, banyak sekali ditemukan dalam satu Hosting Server terdapat puluhan bahkan ratusan website yang berbeda-beda.

6. Tahap Keenam

Oke, sekarang Browser telah tiba dan masuk ke “kamar” google.com dalam hosting server, sekaligus meminta konten sesuai yang diminta oleh kita si pengirim pesan. Perlu diketahui pada foto bagaimana cara web bekerja diatas, yang menyajikan konten diibaratkan oleh burung hantu (unik juga 🙂 ).

7. Tahap Ketujuh

Si browser sudah mendapatkan konten untuk disajikan ke user, saatnya kembali nih :).

8. Tahap Kedelapan

Akhirnya kita bisa melihat halaman google dalam halaman browser kita. Thanks Browser.

9. Tahap Kesembilan

Happy Ending.

Saya ingatkan sekali lagi jika langkah-langkah diatas sangatlah sederhana, meskipun begitu secara garis besar sudah bisa mewakili kegiatan browser. Dari kesembilan tahap diatas, yang paling sulit adalah tahap dimana browser menyajikan konten dari google kepada pengguna.

Cara Web Bekerja Pada Web Klien & Server

Oke, kita sudah memahami jika web merupakan sekumpulan dokumen yang bisa kita akses dimanapun dan kapanpun, selama kita mendapatkan akses dan izin dalam jaringan itu. Jika kita web itu kita bagi, maka ada dua bagian penting yang harus kita ketahui. Yaitu komponen server yang merupakan sebagai pemberi konten kepada kita, dan komponen klien yang bertugas untuk menampilkan data yang di dapat di server.

Komponen server adalah web server seperti Apache atau nginx, sedangkan komponen klien adalah browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Dengan demikian, dalam membagun dan mengembangkan web, dibutuhkan pengembangan di bagian server dan juga di bagian klien.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara web bekerja. Kita tidak harus menguasai keduanya cukup kuasai dan pelajari salah satu, karena akan terlalu merepotkan jika kita harus mempelajari keduanya. Sekarang lebih banyak seorang pengembang web yang hanya menekuni pegembangan web disisi klien.

Happy Nyekrip!

Sumber : bertzzie.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *