Sampul-glosarium-B-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML body membungkus semua konten yang akan ditampilkan di layar halaman web atau di media lain seperti area print, elemen HTML seperti judul (heading), paragraf, gambar, tabel, dan sebagainya.

Elemen HTML body memiliki beberapa atribut yang unik, termasuk link, alink dan vlink, yang mana semuanya sekarang sudah usang atau deprecated, serta sejumlah atribut lain yang tidak didefinisikan dalam standar atau default akan tetapi masih umum digunakan seperti:

  • marginheight – set ruang antara bagian atas dan bawah dari isi dokumen dan viewport (awalnya didefinisikan oleh Netscape 4)
  • marginwidth – set ruang antara kiri dan kanan dari isi dokumen dan viewport (awalnya didefinisikan oleh Netscape 4)
  • topmargin / bottommargin – memungkinkan kita untuk mengatur margin atas dan bawah secara terpisah
  • leftmargin / rightmargin – memungkinkan pengaturan margin kiri dan kanan secara terpisah

Atribut diatas tidak lagi diperlukan, untuk keperluan efek visual akan lebih baik jika menggunakan CSS. Gunakan atribut CSS yang setara dengan atribut diatas yaitu dengan atribut margin (margin-top, margin-right, dan sebagainya) yang didukung oleh semua browser.

Dalam HTML dan XHTML, sebaiknya kita tidak menempatkan data karakter (teks) atau elemen inline seperti span, em, atau strong langsung ke dalam elemen HTML body. Sebaliknya, elemen inline ini harus terkandung di dalam elemen blok-tingkat (block-level) seperti elemen p, judul h1 - h6 dan sebagainya.

Secara sederhana, penggunaan elemen body diperlihatkan pada skrip dibawah ini:

Dukungan Browser

Elemen
<body> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML body

Sebagai latihan membuat elemen HTML body  mari kita membuat satu file halaman HTML dengan nama index.html, setelah kita membuat halaman web tersebut kita ketikkan skrip berikut.

contoh_elemen_HTML_body_nyekrip

Elemen HTML body

Perhatikan gambar diatas yang merupakan hasil dari menjalankan skrip diatas, area pada kotak warna hijau merupakan teks paragraf yang diletakkan dalam elemen HTML body sedangkan area pada kotak warna merah merupakan teks yang diletakkan pada elemen HTML head.

Happy Nyekrip!

About The Author