Sampul-glosarium-B-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Tujuan elemen HTML br sangat sederhana, elemen HTML br atau biasa disebut tag line break akan menciptakan satu baris baru dalam blok teks, tanpa meninggalkan padding atau margin antara dua blok teks yang telah diciptakan oleh elemen ini.

Jika dalam penulisan di notepad kita sering tekan tombol enter untuk ganti baris, maka dalam file HTML perintah untuk ganti baris dilakukan dengan menambahkan skrip <br> atau tag line break. Tag ini tidak memiliki penutup dan tidak memiliki atribut.

Elemen HTML br masih valid untuk digunakan dalam HTML, hal ini berguna untuk menulis puisi atau alamat, di mana pembagian garis sangat dibutuhkan. Jangan gunakan elemen HTML <br> untuk menambah jarak antara baris teks; gunakan properti Margin pada CSS atau elemen HTML paragraf <p>.

Jika kita telah menentukan DOCTYPE HTML dan bukan doctype XHTML, maka kita akan menggunakan elemen HTML br seperti berikut (tidak ada slash):

Sebaliknya jika kita telah menentukan doctype XHTML, maka tambahkan garis miring atau slash:

Dukungan Browser

Elemen
<br> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML br

Sebagai latihan membuat elemen HTML br  mari kita membuat satu file halaman HTML dengan nama index.html, setelah kita membuat halaman web tersebut kita ketikkan skrip berikut.

Penggunaan untuk contoh puisi

Penggunaan untuk contoh alamat

contoh_elemen_html_br_nyekrip

Elemen HTML br

Coba perhatikan gambar diatas yang merupakan hasil running skrip contoh penggunaan elemen HTML br pada puisi, setiap baris kata telah terpisah dengan bantuan elemen HTML br , usahakan jangan gunakan tag ini untuk memisahkan paragraf.
 

Happy Nyekrip!

About The Author