Sampul-glosarium-C-Nyekrip

DeprecatedFitur ini telah dihapus dari Web. Meskipun hari ini beberapa browser masih mendukungnya, ke-depannya tidak akan di-dukung. Jangan menggunakannya dalam pembuatan proyek-proyek lama atau baru. Halaman atau aplikasi web yang menggunakan elemen ini akan rusak.

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML center merupakan tipe block level element, yang mana elemen tipe ini akan membagi halaman HTML menjadi bagian yang terpisah, atau menjadi blok. Mengenai kegunaan elemen ini akan terlihat dari namanya dan kita pasti sudah paham apa kegunaan dari elemen ini.

Seluruh isi dari elemen ini akan diatur posisinya kearah tengah secara horizontal dalam elemen induk (biasanya, <body> ). Perlu diketahui bahwa tag ini telah usang (deprecated ) dalam HTML 4 (dan XHTML 1) yang mendukung CSS dengan properti text-align, yang dapat diterapkan pada elemen <div> atau <p>.

Secara sederhana penggunaan elemen HTML center ditunjukkan dalam skrip berikut.

Dukungan Browser

Elemen
<center> Ya Ya Ya Ya Ya

Meskipun sampai saat ini beberapa browser masih mendukung,  tapi ke-depannya akan usang dan tidak akan digunakan lagi. Maka sebagai gantinya kita bisa menggunakan CSS yang atribut dan value-nya bisa langsung kita tempatkan pada elemen div atau p, untuk lebih jelas silahkan lakukan latihan dibawah ini.

Latihan Elemen HTML center

Sebagai latihan untuk membuat elemen HTML center, silahkan ketik-kan skrip dibawah ini:

Perhatikan skrip diatas, ketiga metode diatas baik yang menggunakan elemen center atau menggunakan teknik CSS akan menampilkan hasil yang sama.

Jika skrip diatas dijalankan, maka browser akan menampilkan seperti gambar dibawah ini.

contoh_elemen_center_nyekrip

Contoh Elemen Center

Perlu diperhatikan bahwa pada contoh diatas kita hanya menggunakan teks sebagai latihan, sebenarnya elemen ini tidak hanya mempengaruhi teks, tapi gambar dan tabel juga bisa dipengaruhi oleh elemen ini.

About The Author