Sampul-Cover-glosarium-D-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML div (<div>) mendefinisikan sebuah divisi atau bagian dalam dokumen HTML. Elemen HTML ini merupakan tipe block level yang akan memulai blok atau baris baru seperti elemen paragraf, elemen ini pada dasarnya tidak merepresentasikan apa-apa atau tidak ada makna semantik.

Berbeda dengan elemen paragraf, elemen HTML div digunakan untuk mengelompok-kan beberapa elemen untuk tujuan style dengan menggunakan atribut class atau id, bisa juga langsung dengan memberikan style dengan menggunakan atribut style. Elemen HTML div sangat sering digunakan bersama-sama dengan CSS melalui atribut class atau id untuk tata letak halaman web.

Gunakan elemen HTML div ini ketika kita sudah tidak menemukan elemen semantik yang cocok seperti elemen HTML nav atau article, karena elemen ini tidak memberikan makna semantik dan juga sekarang HTML sudah sampai versi 5 yang mana pada versi ini sudah menghadirkan beberapa elemen dengan memberikan makna semantik.

Dukungan Browser

Elemen
<div> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML div

Sebagai latihan membuat elemen HTML div  mari kita membuat satu file halaman HTML dengan nama index.html, setelah kita membuat file tersebut selanjutnya kita ketikkan skrip berikut.

contoh_elemen_div_nyekrip

Elemen HTML div

Perhatikan gambar diatas yang merupakan hasil running skrip HTML, dalam elemen HTML div diatas terdapat elemen HTML ul, li, h1 dan p. Elemen HTML div dapat mengandung elemen dengan tipe inline atau blok-level, sehingga kita bebas memilih elemen apapun dalam elemen div.
 

Happy Nyekrip!

About The Author