Sampul-glosarium-E-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML em digunakan untuk menekankan isi teks sekaligus merubah tampilan teks menjadi miring, elemen ini didukung pada semua browser. Selain merubah isi teks menjadi tampak miring, elemen ini juga memberikan makna semantik, jadi browser juga tahu bahwa teks ini penting.

Berbeda dengan elemen HTML i, elemen ini meskipun juga merubah tampilan teks menjadi miring, tetapi tidak memberikan makna semantik, jadi elemen ini tidak memberi tahu browser kalau teks dalam elemen ini penting. Sama halnya kalau kita memiringkan teks dengan CSS, hal ini juga tidak memberikan makna semantik.

Elemen HTML em termasuk dalam kategori elemen dengan tipe inline, elemen atau tag dengan tipe ini dalam praktek-nya tidak akan memulai blok/baris yang baru akan tetapi tetap berada di dalam blok/baris tersebut. Untuk lebih jelasnya pada kesempatan berikutnya akan dibahas tentang lebih dalam mengenai semantik dan mengenai perbedaan antara elemen dengan tipe inline dan blok.

Secara sederhana, penggunaan elemen HTML em ditunjukkan pada skrip dibawah ini.

Dukungan Browser

Elemen
<em> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML em

Sebagai latihan untuk membuat elemen HTML em, silahkan ketik-kan skrip dibawah ini dan save dengan nama index.html, selanjutnya untuk melihat hasilnya silahkan anda buka file tersebut dengan browser kesayangan anda.

Jika skrip diatas dijalankan, maka browser akan menampilkan seperti gambar dibawah ini.

elemen_html_em_nyekrip

Contoh Elemen em

Perhatikan gambar diatas, huruf “Nyekrip” telah tampak miring dan berbeda dengan teks setelahnya. Jika anda ingin memiringkan suatu teks tanpa ingin membuat penekanan atau emphasis, disarankan untuk menggunakan CSS dan usahakan untuk tidak menggunakan elemen i.

About The Author