Sampul-glosarium-F Nyekrip

DeprecatedFitur ini sudah usang. Meskipun mungkin masih bekerja di beberapa browser, penggunaannya tidak disarankan karena bisa dihapus setiap saat. Cobalah untuk menghindari menggunakannya.

Definisi dan Penggunaan

Dimulai dengan HTML 4, HTML sudah tidak menyampaikan informasi styling lagi (di luar elemen <style> atau atribut style masing-masing elemen). Untuk setiap pengembangan web baru, styling harus ditulis menggunakan CSS saja.

Masalah utama dari penggunaan dari elemen HTML font adalah bahwa elemen ini ternyata tidak memberikan makna semantik, sehingga banyak para pengembang web lebih memilih menggunakan CSS daripada menggunakan elemen ini.

Sebuah judul halaman haruslah menggunakan elemen heading atau judul (h1-h6) dan saat ingin blok sebuah kutipan harus menggunakan elemen blockquote karena alasan semantik, permasalahan lain dari elemen font ini adalah banyak ditemukan penggunaan elemen ini dibandingkan menggunakan elemen judul atau blockquote, karena elemen font juga bisa memberikan efek yang sama secara visual.

Elemen HTML Font <font> mendefinisikan ukuran font, warna dan presentasi atas isinya. Seperti semua elemen HTML lainnya, unsur ini mendukung atribut global.

  • Color/warna
    • Atribut ini mengatur warna teks.
  • Face/jenis Font
    • Atribut ini mengatur jenis font yang diterapkan dalam teks.
  • Size/ukuran
    • Atribut ini mengatur ukuran font.

Secara sederhana penggunaan elemen HTML font ditunjukkan dalam skrip berikut.

Dukungan Browser

Elemen
<font> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML font

Sebagai latihan untuk membuat elemen HTML font, silahkan ketik-kan skrip dibawah ini:

elemen_html_font_nyekrip

Elemen HTML Font

Jika skrip diatas dijalankan, maka browser akan menampilkan seperti gambar diatas ini. perhatikan perubahan warna untuk kata nyekrip diatas, warna telah berubah menjadi merah.

Happy Nyekrip!

About The Author