Sampul-Cover-glosarium-H-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML h1 digunakan untuk menunjukkan bagian yang paling penting (atau tingkat tertinggi) pada halaman. Elemen ini digunakan untuk judul atau heading, judul bisa berupa elemen gambar atau teks atau-pun keduanya.

Secara keseluruhan, kita memiliki enam tingkat judul yang dapat dipilih, dimulai dari h1 sampai h6 untuk menambah struktur ke halaman web. Elemen HTML h1 adalah tingkat judul tertinggi (secara default, ukuran elemen HTML h1 adalah yang terbesar dalam hal ukuran font) dan h6 terendah (dan juga terkecil).

Judul (heading) pada sebuah dokumen harus menggunakan tag h1, selanjutnya sub dari judul utama harus menggunakan tag h2, jika terdapat sub judul dari judul yang menggunakan tag h2 maka harus menggunakan tag h3 dan seterusnya sampai penggunaan tag h6 yang merupakan penggunaan sub judul dari judul yang menggunakan tag h5.

Disarankan untuk tidak melompati urutan tag judul (heading), jadi gunakan secara berurutan mulai h1 ke h2 dan seterusnya, jangan dari h1 langsung melompat ke penggunaan h3 pada penggunaan sub judul dari h1. Elemen HTML h1 menambahkan kekayaan semantic pada sebuah dokumen dan dapat membantu mesin pencari dalam memahami dan mengenal bagian judul dari dokumen.

Secara sederhana penggunaan elemen HTML h1 ditunjukkan dalam skrip berikut.

Dukungan Browser

Elemen
<h1>-<h6> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML h1-h6

Sebagai latihan untuk membuat elemen HTML h1, silahkan ketik-kan skrip dibawah ini:

Elemen_HTML_h1_h6_nyekrip

Contoh Elemen h1 dan h2

Jika skrip diatas dijalankan, maka browser akan menampilkan seperti gambar diatas ini. Perhatikan pada teks ” Pengenalan web Nyekrip “, teks tersebut telah di markup dengan tag h1 sehingga secara default ukuran font teks tersebut menjadi paling besar dan  disusul dengan sub judul h2 yang juga secara default ukuran font juga besar (lebih kecil dari h1).

Happy Nyekrip!

About The Author