Sampul-Cover-glosarium-H-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML head merupakan elemen sebagai tempat untuk meta data (kumpulan data tentang data). Meta data HTML adalah data tentang dokumen HTML itu sendiri, segala informasi mengenai meta data tidak akan ditampilkan dalam halaman web browser, cara untuk memerikasanya adalah dengan melihat langsung source code HTML.

Untuk cara melihat source code silahkan kunjungi tutorial ” CARA MELIHAT SOURCE CODE WEBSITE “.

Meta data dalam file HTML biasanya berisi tentang  judul dokumen, gaya (style), link, script, dan informasi meta lainnya. Tag yang biasanya masuk dalam elemen HTML head dan berfungsi sebagai meta data: <title>, <style>, <meta>, <link>, <script>, dan <base>.

Elemen HTML head <head> sangat disarankan untuk disertakan dalam semua dokumen HTML karena jika kita tidak sertakan bisanya akan mengakibatkan error, terlebih lagi jika browser yang kita pakai adalah browser lama. Meskipun saat ini pada HTML5 kita bisa menghilangkan penulisan tag ini, masih sangat disarankan untuk tetap menuliskan-nya.

Berikut penjelasan singkat mengenai elemen dan atribut yang biasanya digunakan pada elemen HTML head.

  • Elemen HTML title – Digunakan untuk memberikan judul pada halaman.
  • Elemen HTML base – Digunakan untuk menentukan URL default dan target default untuk semua link pada halaman.
  • Elemen HTML script – Digunakan sebagai tempat penulisan script tambahan, biasanya javascript.
  • Elemen HTML meta – Digunakan untuk menyediakan metadata tentang dokumen HTML. Metadata bisa berupa deskripsi, kata kunci atau lainnya.
  • Elemen HTML link – Digunakan untuk mendefinisikan link di dalam atau antara dokumen HTML dan juga untuk dokumen pada sumber eksternal (biasanya file CSS).
  • Elemen HTML style – Digunakan untuk mendefinisikan informasi style untuk dokumen HTML.

Dukungan Browser

Elemen
<head> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML head

Untuk latihan mari kita membuat elemen HTML head dalam file halaman HTML dengan nama index.html, selanjutnya kita ketikkan atau langsung salin skrip berikut.

Hasil Running

Contoh_Elemen_HTML_head_Nyekrip

Contoh Elemen HTML head

Perhatikan gambar diatas, pada section elemen HTML head kita sudah menambahkan skrip Javascript. Skrip Javascript ini akan merubah tulisan pada paragraf ketika tombol “Coba” di-klik.

Sumber : The HTML head element

Happy Nyekrip!

About The Author