Sampul-Cover-glosarium-H-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML hr merupakan elemen yang ditujukan untuk pemisah antara elemen paragraf (misalnya, perubahan adegan dalam cerita, atau pergeseran topik) atau untuk memisahkan antar konten dalam dokumen HTML.

Dalam HTML versi sebelumnya, elemen HTML hr digunakan untuk membuat garis horisontal. Elemen ini sampai saat ini masih akan menampilkan garis horizontal pada halaman browser dan penggunaan-nya lebih ke tujuan semantik, bukan untuk sekedar membuat garis. Semua atribut yang dimiliki dalam elemen HTML ini sudah dihapus di HTML5 maka gunakan CSS sebagai gantinya.

Jika penggunaan hanya digunakan untuk sekedar membuat garis horisontal maka lebih dianjurkan untuk mengganti elemen HTML <hr> dengan CSS, intinya gunakan elemen ini hanya sebagai elemen pemisah. Tag ini tidak memiliki penutup, cuma penggunaan dalam dokumen HTML tag <hr> cukup ditulis tanpa garis miring sedangkan dalam dokumen XHTML tag <hr> harus dilengkapi dengan menambahkan garis miring seperti ini <hr />.

Dukungan Browser

Elemen
<hr> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML hr

Untuk latihan mari kita membuat elemen HTML hr dalam file halaman HTML dengan nama index.html, selanjutnya kita ketikkan atau langsung salin skrip berikut.

Hasil running dari skrip diatas

contoh_elemen_html_hr_nyekrip

Contoh Elemen HTML hr

Pada gambar diatas kita telah membuat contoh penggunaan elemen HTML hr pda akhir paragraf, silahkan anda ganti value pada atribute elemen hr untuk merubah style default dari elemen. Selamat mencoba untuk membuat tampilan yang lebih cantik dan sesuai kebutuhan tentunya.

Sumber: HTML: The Markup Language

 

Happy Nyekrip!

About The Author