Sampul-Cover-glosarium-H-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML html adalah tempat untuk segala sesuatu yang muncul dalam dokumen HTML atau XHTML. Elemen ini hanya dapat berisi dua elemen sebagai keturunan langsung, yaitu elemen HTML head dan elemen HTML body. Karena elemen ini merupakan elemen terluar dalam dokumen, sehingga elemen ini juga dikenal sebagai elemen root.

Elemen HTML html <html> selalu akan digunakan pada setiap halaman web, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menggunakan elemen ini dalam pembuatan atau menyusun sebuah halaman web. Sama seperti elemen lain yang membutuhkan penutup, elemen ini diawali dengan <html> dan ditutup dengan </html>.

Meskipun dalam HTML5 elemen ini bisa dihilangkan, tetapi sangat direkomendasikan untuk tetap digunakan karena merupakan tempat untuk menentukan bahasa dari halaman HTML. Mendeklarasikan bahasa sangatlah penting untuk aplikasi aksesibilitas (pembaca layar) dan mesin pencari. Menghilangkan <html> dapat membuat crash pada perangkat lunak XML.

Dukungan Browser

Elemen
<html> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML html

Untuk latihan mari kita membuat elemen HTML html dalam file halaman HTML dengan nama index.html, selanjutnya kita ketikkan atau langsung salin skrip berikut.

Hasil running dari skrip diatas

Contoh_Elemen_HTML_html_Nyekrip

Elemen html

Perhatikan skrip diatas, pada penulisan elemen <html> telah ditambahkan dengan atribut lang untuk mendefinisikan bahasa. Sama seperti elemen HTML head, karena bersifat informasi data maka nilai dari atribut lang tidak akan ditampilkan dalam halaman browser.

Sumber : Element html

Happy Nyekrip!

About The Author