Sampul-glosarium-i-Nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML i singkatan dari italic merupakan elemen yang membuat gaya teks yang di markup olehnya berubah menjadi italic (miring), tetapi elemen ini tidak memberikan makna semantik terhadap teks yang dikandung-nya.

Meskipun elemen HTML i belum usang (bahkan dalam XHTML 1.1), penggunaan elemen ini terus berkurang dan kebanyakan lebih memilih menggunakan elemen HTML em untuk memiringkan teks dan sekaligus memberikan makna semantik.

Bagaimanapun juga, elemen HTML i kadang digunakan pada beberapa kasus ketika seseorang hanya ingin memiringkan teks dan tidak ada maksud memberikan makna semantik atau karena tidak adanya elemen semantik yang tepat untuk menggantikan penggunakan elemen HTML i.

Elemen HTML i dapat digunakan untuk menunjukkan istilah teknis, sebuah frase dari bahasa asing, sebuah teks dalam kutipan, nama khusus, atau pada teks yang membutuhkan perhatian lebih atau dianggap penting.

CatatanGunakan elemen HTML i sebagai pilihan terakhir bila tidak ada elemen lain yang lebih sesuai.

Secara sederhana penggunaan elemen HTML i ditunjukkan dalam skrip berikut.

Dukungan Browser

Elemen
<i> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML i

Sebagai latihan untuk membuat elemen HTML i, silahkan ketik-kan skrip dibawah ini:

contoh_elemen_html_i_nyekrip

Elemen HTML i

Jika skrip diatas dijalankan, maka browser akan menampilkan seperti gambar diatas ini. perhatikan perubahan style untuk kata Nyekrip.com diatas, style telah berubah menjadi miring.

Happy Nyekrip!

About The Author