Sampul glosarium M

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML meta digunakan dalam dokumen HTML atau XHTML untuk menyediakan metadata halaman Web. Elemen ini adalah bagian dari elemen head pada halaman Web. Beberapa elemen meta dengan atribut yang berbeda dapat digunakan pada halaman yang sama.

Metadata tidak akan ditampilkan pada halaman, tetapi tetap bisa terbaca oleh mesin (bot). Elemen meta biasanya digunakan untuk menentukan deskripsi halaman, kata kunci, penulis dokumen, terakhir diubah, dan metadata lainnya. Metadata dapat digunakan oleh browser (bagaimana menampilkan konten atau reload halaman), mesin pencari (kata kunci), atau layanan web lainnya.

Biasanya elemen HTML meta digunakan untuk optimasi SEO, seperti menambahkan <meta name="robots" content="noodp" > untuk mencegah mesin pencari memasukkan artikel ke web direktori mereka (Cegah mesin pencari menggunakan deskripsi DMOZ untuk halaman dari situs ini dalam hasil pencarian).

Atribut Elemen HTML meta

Atribut Nilai Penjelasan
charset character_set Menentukan karakter encoding pada dokumen HTML
content text Memberikan nilai yang berkaitan dengan http-equiv atau atribut name
http-equiv content-type
default-style
refresh
Menyediakan header HTTP untuk informasi / nilai atribut konten
name application-name
author
description
generator
keywords
Menentukan nama/jenis suatu metadata. Jika atribut http-equiv telah diset, maka atribut name tidak harus diset
scheme format/URI Tidak didukung HTML5
Menentukan skema yang akan digunakan untuk menginterpretasikan nilai atribut konten

Dukungan Browser

Elemen
<meta> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan

Untuk latihan mari kita membuat elemen HTML meta dalam file halaman HTML dengan nama index.html, selanjutnya kita ketik-kan atau langsung salin skrip berikut.

Hasil dari running skrip diatas

Elemen_HTML_meta_Nyekrip

Contoh elemen meta

Pada gambar diatas, sudah jelas sekali bahwa hanya tulisan yang terletak pada body yang akan ditampilkan dalam halaman web, untuk meta title akan ditampilkan dalam tab browser, tetapi apa yang terjadi untuk aturan dalam elemen meta? kenapa tidak ditampilkan? jawabannya sudah dijelaskan pada keterangan diatas.

Sumber : HTML Element on Wiki

Happy Nyekrip.

About The Author