Sampul-glosarium-P-nyekrip

Definisi dan Penggunaan

Elemen HTML p adalah salah elemen yang paling sering digunakan untuk membuat dokumen HTML, makna p disini menunjukkan paragraph(paragraf) yang artinya elemen ini ditujukan untuk paragraf (teks) dan juga memiliki makna semantik. Jika kita menggunakan elemen p untuk memulai sebuah paragraf baru dalam dokumen HTML, maka secara otomatis akan menciptakan beberapa ruang atau jarak (margin) di atas dan di bawah konten.

Elemen HTML p <p> merupakan elemen dengan tipe blok-level seperti Elemen HTML div, itulah mengapa dia secara default akan membuat ruang/space. Ruang ini dibuat secara otomatis oleh style default browser, kita dapat merubahnya dengan menggunakan CSS.

Jika kita menggunakan elemen ini dalam XHTML, elemen ini wajib memiliki penutup </p>, sedangkan dalam file HTML kita bisa menghilangkan penutup. Meskipun dalam HTML kita bisa menghilangkan penutup, tetapi lebih disarankan untuk tetap menuliskannya.

Dalam elemen ini, jika teks atau paragraf mengandung spasi lebih dari satu atau baris baru maka akan diabaikan. Elemen yang bisa mengenali spasi lebih dari satu atau baris baru adalah elemen HTML pre <pre>.

Dukungan Browser

Elemen
<p> Ya Ya Ya Ya Ya

Latihan Elemen HTML p

Untuk latihan mari kita membuat elemen HTML p dalam file halaman HTML dengan nama index.html, selanjutnya kita ketikkan atau langsung salin skrip berikut.

Hasil dari running skrip diatas

Contoh_Elemen_HTML_p_Nyekrip

Contoh elemen p

Perhatikan skrip diatas, kita telah menambahkan beberapa spasi dan baris baru pada paragraf pertama. Setelah kita running ternyata browser menampilkan hasil yang sama dengan paragraf kedua, ini membuktikan bahwa spasi lebih dari satu dan baris baru akan diabaikan. Jika anda ingin merubah jarak antara paragraf, silahkan anda rubah atribute CSS yang telah ditentukan untuk elemen p diatas.

Sumber: Element p

Happy Nyekrip!

About The Author