Komponen pembentuk halaman web -Nyekrip.com

Apa saja komponen pembentuk halaman web? Tiga teknologi utama yang digunakan untuk membuat halaman web adalah HTML, CSS dan JavaScript masing-masing melakukan pekerjaan khusus yang berbeda. Ketiga teknologi tersebut merupakan Client Side Scripting yang berarti bersifat interpreter dan diterjemahkan oleh browser

  • HTML digunakan hanya untuk penataan konten.
  • Cascading Style Sheets (CSS) digunakan untuk menerapkan semua gaya visual.
  • JavaScript (JS) digunakan untuk (hampir) semua fungsi interaktif, dan biasanya dirujuk dalam file terpisah, jarang ditulis menjadi satu dalam skrip HTML.

Bagaimana HTML, CSS dan JS bekerja sama

Halaman web yang dilihat di browser terdiri dari bagian yaitu struktur, gaya dan inter-aktivitas. Bagian-bagian tersebut dilakukan oleh tiga teknologi yang berbeda yaitu HTML, JavaScript, dan CSS yang mana browser akan menerjemahkannya menjadi sebuah halaman web.

html css js

Komponen Utama Pembentuk Web

HTML

Menandai konten menjadi jenis struktural yang berbeda, seperti paragraf, blok, daftar, gambar, tabel, form, komentar dll.

CSS

Memberitahu browser bagaimana masing-masing jenis elemen harus ditampilkan, yang mungkin berbeda untuk media yang berbeda (seperti layar desktop, tablet atau handphone).

JavaScript

Memberitahu browser bagaimana untuk mengubah halaman web dalam menanggapi peristiwa yang terjadi (seperti mengklik pada sesuatu, atau mengubah nilai dalam form input).

Tips dalam menggunakan Skrip

Dua hal yang paling penting untuk belajar tentang membuat halaman web adalah menggunakan tag HTML dengan benar dan usahakan skrip HTML, CSS dan kode JavaScript dalam file terpisah.

  1. Gunakan HTML dengan benar

Tag HTML yang berbeda berfungsi untuk menggambarkan struktur konten dalam sebuah halaman web. Masing-masing memiliki arti tersendiri, dan masing-masing harus digunakan sesuai dengan fungsinya, dan di tempat yang tepat. Pada postingan selanjutnya akan dijelaskan mengenai HTML beserta fungsi tag secara detail.

  1. Buatlah skrip secara terpisah

Jangan menaruh JavaScript atau CSS dalam HTML. Menempatkannya dalam file terpisah akan membawa beberapa keuntungan.

  • Skrip akan lebih terlihat simple, file content (HTML) dan file desain (CSS).
  • Manajemen jadi lebih mudah, baik perubahan atau penambahan.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *