MEMAHAMI STRUKTUR HALAMAN DOKUMEN - Nyekrip.com


Kita pasti pernah menjumpai beberapa jenis dokumen seperti koran, form asuransi, katalog toko dan lain-lain.

Hampir keseluruhan halaman web sebenarnya bertindak sebagai versi elektronik dari dokumen. Misalnya, web berita bertindak sebagai versi elektronik dari surat kabar; Anda dapat mengajukan permohonan untuk asuransi melalui form di web; Website toko memiliki katalog online dari versi katalog offline-nya.

Dalam semua jenis dokumen, struktur sangat penting dalam membantu pembaca untuk memahami pesan yang anda sampaikan dan untuk bernavigasi di seluruh dokumen.  Jadi, dalam rangka belajar bagaimana membuat halaman web, sangat penting untuk memahami struktur halaman dokumen.

Struktur dalam sebuah halaman berita online

Pikirkan ketika Anda sedang membaca koran: untuk setiap cerita, akan ada judul (Main Heading), beberapa teks, dan mungkin beberapa gambar. Jika artikel sangat panjang, mungkin ada beberapa sub-judul (Sub Heading) yang membagi cerita menjadi beberapa bagian. Struktur membantu pembaca memahami cerita dikoran.

Struktur ini sangat mirip ketika berita dipajang secara online. Pada halaman berita online juga mengandung judul dan beberapa sub-judul.

Struktur dalam dokumen

Ketika kita membuat dokumen, baik itu untuk tujuan membuat cerita atau membuat laporan, pasti kita akan menerapkan struktur yang baik seperti memberikan judul yang merupakan gambaran global tentang tulisan yang dibuat dan beberapa sub-judul jika diperlukan.

Pada tulisan judul atau sub-judul itu harus diberikan style atau gaya tulisan sehingga membedakan antara judul dengan tulisan biasa. Jika anda familiar dalam menggunakan Microsoft Word, anda akan menggunakan palet styles untuk merubah style judul.

Struktur dalam word -Nyekrip

Struktur dalam word -Nyekrip

Jika kita menggunakan struktur yang sama seperti dokumen diatas pada sebuah halaman web, maka hasilnya akan seperti ini:

Struktur dalam web -Nyekrip

Struktur Yang Sama Dalam Web

Pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan tentang memahami bagaimana menerapkan struktur pada saat membuat halaman web :

Struktur Halaman Dalam HTML

Happy Nyekrip!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *