Membuat-Form-HTML-POST-dan-GET-di-PHP-Nyekrip

Pada kesempatan kali ini nyekrip akan membahas cara membuat form HTML dengan metode POST dan GET pada PHP, ketika kita mengisi data pada sebuah form, informasi yang kita isi dalam form tersebut dapat disampaikan dan ditransfer ke halaman web yang sama atau halaman web lain. Untuk bisa mengirim data dari form, kita bisa menggunakan metode GET dan POST pada PHP.

Perbedaan Pengunaan POST dan GET di PHP

Sebuah data dari form dapat di-submit (disampaikan) melalui dua metode diatas. Kedua metode tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang sama, perbedaannya terletak pada cara mengirimkan data yang telah diterima. Jika metode GET menampilkan nilai data pada url untuk mengirimkan data, maka metode POST menyembunyikan nilai data tersebut pada url.

Form mengirimkan informasi dengan cara menambahkan data pada url dalam bentuk string Query yang terdiri dari nama_data=nilai_data secara berpasangan. String ini mengandung nama dan nilai data, yang di-pisah dengan ampersand &, sedangkan jika data mengandung spasi maka akan di pisah dengan tanda plus +.

Jika dipetakan lebih rinci, maka perbedaan kedua metode diatas adalah.

Metode POST

  • Menyembunyikan variabel pada URL
  • Lebih aman
  • Tidak ada batasan panjang string
  • Menggunakan $_POST dalam pengambilan variabel
  • Lebih sering digunakan pada input data melalui form
  • Penggunaan pada data-data penting seperti password

Metode GET

  • Menampilkan variabel pada URL
  • Kurang aman
  • batasan panjang string sampai 2047 karakter
  • Menggunakan $_GET dalam pengambilan variabel
  • Lebih sering digunakan untuk input data melalui link
  • Penggunaan pada data-data yang kurang penting

Download Form HTML Menggunakan POST dan GET PHP

Untuk lebih memahami dalam perbedaan penggunaan POST dan GET pada PHP, maka kita akan membuat form dengan menggunakan metode GET dan POST, hasil tersebut akan tampil seperti gambar berikut.

Hasil_Akhir_Membuat_Form_HTML_dengan_POST_dan_GET_di_PHP_Nyekrip

Hasil Akhir FORM HTML

INFO: Jika anda download skrip ini dan ingin dicoba di komputer atau laptop, jangan lupa untuk menjalankan web server terlebih dahulu karena terdapat skrip PHP didalamnya, kalau belum punya web server yang ter-install silahkan kunjungi artikel ” Cara Install XAMPP Web Server di Windows “.

Oke, kita sudah mengetahui secara umum bagaimana metode GET dan metode POST bekerja. Untuk lebih jelas, mari kita bahas secara lebih rinci.

Cara Membuat Form HTML dengan Metode GET PHP

Metode_GET_Membuat_Form_HTML_dengan_POST_dan_GET_di_PHP_Nyekrip

Penggunaan Metode GET

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebelum sebuah form mengirimkan informasi apapun, form tersebut akan mengkonversi nilai data ke dalam string Query pada URL yang dikenal dengan teknik Url Encoding.

Dalam URL tersebut terdiri dari dari link halaman itu sendiri dan link string Query yang dipisahkan dengan karakter tanda tanya ?. Lebih jelasnya perhatikan URL berikut.

Mari kita mulai dengan membuat Form HTML dengan method ="get", form ini akan dijalankan pada sisi klien dan berfungsi untuk user untuk mengisi informasi.

Setelah membuat Form HTML, selanjutnya kita membuat kode PHP $_GET untuk menerima informasi yang telah dikirim oleh Form.

Selain itu, hindari penggunaan metode ini jika yang data yang dikirimkan berupa data biner seperti mengirimkan gambar atau dokumen Word.

Sumber dari PHP: $_GET – Manual

Cara Membuat Form HTML dengan Metode POST PHP

Metode_POST_Membuat_Form_HTML_dengan_POST_dan_GET_di_PHP_Nyekrip

Penggunaan Metode POST

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai perbedaan penggunaan metode POST dan GET PHP, bahwa pada metode POST mengirimkan data secara tersembunyi yaitu dengan cara menyembunyikan nilai data tersebut pada url.

Langkah yang sama seperti diatas, pertama yang kita lakukan adalah membuat form HTML. Perbedaan pada saat pembuatan form terletak pada saat penambahan atribut method pada elemen form. Jika pada metode GET menggunakan atribut method ="get", maka pada metode post menggunakan atribut method ="post".

Selanjutnya kita membuat kode PHP untuk menangkap data hasil kiriman form tersebut. Jika pada metode GET kita menggunakan $_GET, maka pada metode post kita menggunakan $_POST.

String Query yang di-generate menggunakan metode POST tidak akan ditampilkan dalam address bar, dengan seperti itu kita bisa mengirimkan data secara lebih aman. Selain itu kita juga bisa mengirim data biner ke server tanpa batasan ukuran data.

Sumber dari PHP: $_POST – Manual

Skrip atau Kode Lengkap Cara Membuat Form HTML

Untuk memahami lebih dalam tentang perbedaan penggunaan, mari kita membuat Form seperti demo diatas. Jika anda belum terlalu mengenal skrip HTML dan ingin berlatih membuat halaman HTML sederhana, silahkan anda mengunjungi artikel ” CARA MEMBUAT HALAMAN WEB SEDERHANA

Membuat Form HTML: index.php

Berikut adalah skrip HTML untuk membuat Form.

Membuat Skrip/Kode PHP: proses.php

Berikut adalah kode PHP dengan menggunakan metode POST dan GET.

Membuat Skrip jQuery: metode.js

Pada skrip berikut kita menggunakan javascript untuk menangkap nilai dari radio button. Nilai dari radio button tersebut menentukan metode apa yang akan kita pakai.

Membuat skrip CSS: style.css

Seperti biasa agar tampilan form lebih bagus, kita akan menambahkan skrip CSS berikut.

Sekian tutorial Cara membuat Form HTML dengan POST dan GET di PHP, semoga dengan mengetahui perbedaan penggunaan dalam membuat Form HTML menggunakan metode POST dan metode GET, diharapkan agar kita lebih condong untuk menggunakan metode POST karena metode ini selain aman juga bebas dari batasan ukuran data (kasus mengirim data biner).

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. nama

    siang min, widdy lagi belajar buat website, kesulitan pas bagian contact form, bagaimana caranya bisa data yang sudah di isi tersebut pas di klik kirim langsung terkirim ke email kita ? mohon pencerahanya

    1. Admin Article Author

      kalau mau langsung kirim email, kita bisa memanfaatkan skrip PHPMailer.. coba cari di google dan pelajari dulu.. 🙂

  2. Pingback: PHP dan MySQL | Wawan JUMAWAN

  3. Ahmad Bawazier

    Min , kalau misal mau di konekin ke database mysql berarti gmn ya ???? apa ada tambahan file script ???

    #Thanks

      1. Ahmad Bawazier

        udh saya konekin min thanks,.,.,.saya mau tanya lgi ni min >>> misal saya mau pakai combo box koq gk mau enter gmn ya min di design ???? sudah dikasi gk berhasil

  4. agus

    gan kalo hasil isian form diatas sy mau kirim ke alamat email gmana sccriptnya?
    hehehe sorry sy pemula.

  5. arman syam

    min, cara buat postingan di web gimana yah? saya buat web tapi cara memberi post area gmna yah min? apa harus d buatkan lagi data base dan sistem login?

  6. Megantara

    Saya Megantara, mau tanya pada admin nyekrip.com, saya mau buat aplikasi form web based, kemudian hasil dari inputan itu masuk pada excel template yang sudah saya sediakan sebelumnya, kemudian baru masuk ke databased (MySQL) kemudian autoforward ke email tujuan tertentu, kira kira apa yang harus saya pelajari pertama kali, sehubungan saya belum memiliki ilmu dasar pemrograman, dan sementara saya menggunakan Google Form, tetapi terdapat banyak kekurangan, bisa mohon bantuannya min..

  7. Megantara

    Jadi apa yang harus saya pelajari sebagai orang aeam yg tidak mengerti bahasa perpmrograman, apa menggunakan app inventor ???

    1. Admin Article Author

      kalau tidak mengerti ya belajar, kalau mau php ya bisa dimulai dari php untuk pemula cari di google, kalau mau instan tinggal hire orang dan bayar. 🙂

  8. Mas Nano

    min, bikin tutor multi filter data pake ajax dong, contohnya kyk web zalora. Kategori baju, warna, dll.

  9. adi

    gan minta tutorial surat dong..
    dengan alur jika user sudah mengisi form surat lalu di simpan langsung di redirect ke tampilan bentuk surat jadinyanya.. nyari2 di google gak nemu2 gan… thanks

  10. kidam

    min, saya buat program aplikasi web service android, maksudnya.. hp sebagai client dan komputer sebagai server..
    udah bisa input data dari hp dan masuk ke database tapi gak ke input kalo datanya yang diinput pake spasi min..

  11. dante

    min kalo mau buat form pengisian tapi hasil tambah dari beberapa form bisa terlihat bersam dengan hasil nya tanpa harus refres html nya bagaimana yah min caranya

  12. Lutfi

    Min mau tanya, kan saya sudah membuat form biodata tapi saya ingin prosesnya itu jika biodatanya belum diisi dengan benar tidak bisa lanjut proses ke pengisian halaman form selanjutnya jika pengisian biodatanya benar baru bisa lanjut ke pengisian halaman form selanjutnya.
    Tolong bantuannya min hehehehe

  13. Ridwan

    min ko error knp yaaa ..

    Not Found

    The requested URL /Belajar PHP/Get dan Post/leran get dan post/index.php was not found on this server.

  14. Evan Dwi Nugraha Iskandar

    Kak bagaimana cara memberikan tindakan atau respon selanjutnya setelah mengklik tombol Sumbit . (tolong jekasin cara buatnya pada skrip html bukan php)

    Terima kasih.

    1. Admin Article Author

      respon selanjutnya adalah tugas dari php.. html hanya sebagai penampil tombol, dan php yang eksekusi… html tidak pernah eksekusi..

  15. Wahyu Pria Purnama

    kalo mengedit data form yg udah terkirim bagaimana?
    misalnya pada order form lalu client ingin mengedit data yang udah ia masukkan td..
    terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *