Perlengkapan Web -Nyekrip.com

Perlengkapan Membuat Web : Sebelum  mempelajari  HTML, CSS dan Javascript ,  ada  beberapa perlengkapan yang digunakan untuk persiapan membuat web.  Seperti  penginstallan  aplikasi-aplikasi  yang  dibutuhkan  sebagai pendukung dalam belajar.

Bagian Nyekrip dalam pembuatan web pada sisi klien merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan cukup mudah. Hanya dengan sebuah browser dan teks editor sudah dapat langsung memulai pembuatan halaman web! Tetapi tentunya diluar sana terdapat banyak aplikasi yang memudahkan dalam membuat website yang sangat bagus.

Pada bagian ini akan menjelaskan daftar aplikasi yang diperlukan, serta penjelasan singkat mengenai setiap aplikasi tersebut.

Web Browser

Web yang sudah dibuat atau yang sedang dikembangkan akan ditampilkan dalam browser, sudah pasti tentunya browser merupakan perangkat utama yang harus dimiliki. Dalam  halaman  web  yang  dibuat bisa jadi tanpilannya tidak sama antara satu browser  dengan browser  lainnya. Untuk itu perlu beberapa browser yang terinstall dalam komputer untuk menguji penampilan website yang dibuat.

Jika dirasa pengujian memakan terlalu banyak waktu, setidaknya lakukan pengujian di tiga browser terpopuler, yaitu Internet Explorer, Firefox, dan Chrome. Berikut  ini  adalah  beberapa  browser  yang  dapat  anda  download  dari  Internet  serta review singkat.

Internet Explorer

Internet Explorer adalah browser buatan Microsoft dan merupakan browser yang penggunanya lumayan mendominasi, dengan penguasaan pasar browser mencapai 58 persen (Tahun 2014), menurut data dari Net Applications. Angka itu tiga kali lebih besar dibandingkan Chrome yang duduk di urutan kedua. Browser ini akan terinstall otomatis pada komputer dengan sistem operasi windows. Segera update Internet Explore pada versi terakhir, karena dukungannya pada HTML dan CSS yang semakin baik. Halaman Download IE : http://windows.microsoft.com/en-us/internet-explorer/download-ie

Firefox

Sejak pertama dirilis, software ini menyita perhatian para pengguna internet karena mampu menutupi berbagai kekurangan yang ada di web browser lain. Bahkan, kini pengembang web browser lain juga berupaya untuk mengembangkan web browsernya agar mampu menyamai kelebihan Mozilla Firefox. Web browser ini bisa dikatakan web browser yang paling sering dipakai oleh para developer web  karena kekayaannya dalam hal Add-on. Halaman Download Firefox : https://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/

Chrome

Google Chrome adalah web browser yang dibuat Google. Browser ini sangat  ringan,  cepat  dan  kaya akan aplikasi/Add-on. Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata  mendukung  fitur-fitur  terbaru  dari  teknologi  HTML  dan  CSS. Halaman Download Chrome : http://google.com/chrome

Debugger

Dalam melakukan pembuatan website, sering kali menemukan banyak masalah pada skrip/code. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, biasanya harus bisa mengerti kenapa masalah bisa muncul, dan lalu mencari solusi dari permasalahan tersebut. Pencarian penyebab masalah dapat dilakukan dengan menjalankan program dan melihat hasilnya, ataupun dengan mencoba memanggil fungsi / program dengan isi parameter yang berbeda-beda.

Debugger pada browser -Nyekrip.com

Debugger pada browser -Nyekrip.com

Sebagian besar browser utama yang telah disebutkan diatas telah mengikut sertakan sebuah debugger pada saat kita melakukan instalasi browser tersebut. Tekan F12 pada Internet Explorer dan Chrome untuk membuka debugger. Pada Opera dan Firefox, tekan Ctrl+Shift+I untuk membuka debugger. Safari mengharuskan anda menekan Ctrl+Alt+I untuk membuka debugger.

Text Editor

Tentu saja ini adalah perangkat wajib yang harus dimiliki seorang programmer, untuk melakukan nyekrip apapun. Notepad sangat tidak disarankan, dikarenakan fitur yang sangat terbatas. Text editor yang disarankan adalah text editor ringan namun penuh dengan fitur yang sangat membantu dalam proses Nyekrip(Penulisan Kode). Contoh text editor yang bagus adalah Notepad ++. Halaman download  Notepad++ : http://notepad-plus-plus.org

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: Komponen Pembentuk Halaman Web | dzulfahmi96

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *