sampul-skrip-php-Nyekrip.com

Sangat disarankan untuk membuat backup secara teratur dari database kita, dengan membuat backup akan memungkinkan kita untuk membuat file cadangan untuk berjaga-jaga jika nantinya terjadi kerusakan pada database utama. Pada tutorial cara backup restore database MySQL PHP ini kita berlatih untuk menggunakan beberapa teknik dalam membuat backup sekaligus restore  tabel dalam database MySQL.

Ada tiga cara yang dapat kita gunakan untuk membuat backup dari database MySQL.

  • Menggunakan SQL Command melalui PHP.
  • Menggunakan MySQL binary mysqldump melalui PHP.
  • Menggunakan software bantuan seperti phpMyAdmin.

Cara Backup Menggunakan SQL Command melalui PHP

Kita dapat menjalankan perintah SQL SELECT untuk membuat backup dari setiap tabel. Untuk mengambil hasil dump database yang lengkap, kita perlu untuk membuat query pada setiap tabel. Setiap tabel akan disimpan ke dalam file teks secara terpisah, jika tidak ingin repot silahkan langsung menuju cara kedua dengan MySQL binary mysqldump.

Coba contoh skrip sederhana dibawah ini untuk menggunakan SELECT INTO OUTFILE sebagai permintaan untuk membuat backup tabel :

Skrip diatas akan secara otomatis membuat file bernama karyawan.sql dalam folder tmp, file inilah yang menjadi backup dari tabel karyawan.

Cara Restore Menggunakan SQL Command melalui PHP

Pada saat kita ingin mengembalikan (restore) data hasil backup, kita hanya perlu untuk mengambil dan menjalankan kembali file hasil backup yang telah kita buat sebelumnya. Untuk mengembalikan data, kita hanya perlu menjalankan LOAD DATA INFILE seperti ini:

Menggunakan MySQL binary mysqldump melalui PHP

MySQL menyediakan satu utility yaitu mysqldump untuk melakukan backup database. Menggunakan cara ini, kita dapat mengambil database dump lengkap hanya dalam satu perintah.

Coba contoh skrip sederhana berikut untuk mengambil database dump:

Menggunakan software bantuan seperti phpMyAdmin

Jika Anda memiliki phpMyAdmin, maka sangat mudah bagi anda untuk membuat file backup dari database.

Cara_Backup_Restore_Database_MySQL_PHP_phpmyadmin_Nyekrip

Menggunakan phpMyAdmin

Untuk backup database MySQL dengan menggunakan phpMyAdmin klik pada link “eksport” pada halaman utama phpMyAdmin. Pilih database yang ingin di-backup, pilihlah opsi SQL yang sesuai dan masukkan nama untuk file backup. Jika anda belum punya, silahkan download di halaman web phpMyAdmin.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      wah butuh tambahan kode, tinggal tangkap variable database nya… di lain kesempatan akan mungkin saya akan update 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *