sampul-skrip-php-Nyekrip.com

Saat ini hampir semua blog menggunakan paging atau pagination untuk membantu dalam membagi hasil postingan ke beberapa halaman, untuk membuat hal itu, mari kita bahas cara membuat halaman paging dengan MySQL PHP.

Pada saat kita menggunakan query SQL SELECT, kita bisa saja menampilkan ribuan data. Sangat tidak sarankan untuk menampilkan semua hasil data pada satu halaman. Sebaiknya kita membagi hasil yang banyak ini menjadi beberapa halaman sesuai kebutuhan.

Paging berarti membagi hasil query kita di beberapa halaman, bukan menempatkan semua data dalam satu halaman. MySQL membantu dalam menghasilkan paging dengan menggunakan LIMIT dengan mengambil dua argumen. Argumen pertama sebagai OFFSET dan argumen kedua tentang berapa banyak data yang harus dihasilkan dari database.

Lebih jelas tentang pagination: Pagination

Di bawah ini adalah contoh skrip sederhana untuk mengambil data menggunakan LIMIT dalam menghasilkan paging.

Skrip diatas disimpan dalam nama index.php, pastikan server PHP dalam kondisi hidup dan buka dengan browser kesayangan anda. Maka browser akan menampilkan data seperti gambar dibawah ini:

Membuat_Halaman_Paging_dengan_MySQL_PHP_Nyekrip

Halaman Paging

Perhatikan skrip dan gambar diatas, limit atau batas di atur ke angka 3, sehingga hanya 3 data yang ditampilkan dalam setiap halaman.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: Tutorial Lengkap Belajar PHP MySQL Untuk Pemula |

    1. Admin Article Author

      maaf gan, anda salah besar, web ini dibuat berdasarkan pengalaman saya, jika ada kemiripan bukan berarti saya copas… kalau boleh tau bisa tunjukkan saya script mana yang copas dan mana alamat blog yang saya copas? kalau tidak bisa menunjukkan berarti anda memfitnah… hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *