sampul-skrip-php-Nyekrip.com

Berikut penjelasan dan contoh dalam memahami cara membuka dan menutup koneksi database MySQL dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebelum mencoba skrip ini, pastikan anda sudah mengetahui password dan username server database dan tentunya sudah instal web server.

Jika belum mempunyai server apache, silahkan anda mengunjungi tutorial ” Cara Install XAMPP Web Server di Windows “.

Cara Membuka Koneksi Database MySQL PHP

PHP menyediakan mysql_connect yang berfungsi untuk membuka koneksi database. Fungsi ini membutuhkan lima parameter dan mengembalikan link identifier MySQL ketika berhasil, atau FALSE ketika gagal.

Berikut penjelasan masing-masing prameter:

  • server : nama host yang menjalankan server database. Jika tidak ditentukan maka nilai default adalah localhost: 3306.
  • user : nama pengguna yang mengakses database. Jika tidak ditentukan maka default adalah nama user default server.
  • passwd : password dari pengguna yang mengakses database. Jika tidak ditentukan maka akan diisi kosong.
  • new_link : jika ada panggilan kedua yang dibuat untuk mysql_connect() dengan argumen yang sama, maka tidak ada koneksi baru akan dibentuk; sebaliknya, identifier dari koneksi yang telah dibuka akan dikembalikan.
  • client_flags : sebuah kombinasi dari konstanta berikut:
    • MYSQL_CLIENT_SSL – memungkinkan enkripsi SSL Gunakan
    • MYSQL_CLIENT_COMPRESS – memungkinkan menggunakan kompresi protokol
    • MYSQL_CLIENT_IGNORE_SPACE – memungkinkan spasi setelah nama fungsi
    • MYSQL CLIENT_INTERACTIVE – memungkinkan menampilkan waktu timeout secara interaktif
CatatanAnda dapat menentukan server, user, password dalam file php.ini daripada menggunakan fungsi ini lagi dan lagi dalam setiap skrip PHP Anda. Periksa konfigurasi file php.ini.

Cara Menutup Koneksi Database MySQL PHP

Ini fungsi yang sederhana, PHP dengan fungsi mysql_close digunakan untuk menutup koneksi database. Fungsi ini membutuhkan koneksi yang telah dibuat oleh fungsi mysql_connect yang mengembalikan nilai TRUE jika berhasil atau FALSE jika gagal.

Perhatikan contoh skrip dibawah ini:

Skrip diatas jika dijalankan akan memeriksa koneksi ke server database, jika koneksi berhasil maka akan memunculkan pesan ” Koneksi Berhasil “, jika gagal akan menampilkan pesan ” Gagal Koneksi “. Jika anda ingin lebih memahami tentang koneksi PHP dan Mysql, silahkan mengunjungi tutorial ” Cara Koneksi Database MySQL dengan PHP “.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. kinoy

    sebetulnya sintak yang baku apa aja sih dalam php,contoh di $koneksi=BLA..BLA..cuma di tulis menjadi $kon=bla bla atau dlm sintak $dbuser=” ” diganti $user=””

    Dari sintak tsb ada

  2. newbie

    min mau tanya nih kalo terjadi Fatal error: Call to undefined function mysql_connect() in C:\xampp\htdocs\Perkasa\test.php on line 5 itu gimiana ya

  3. QUESTION

    tutornya bisa di lengkaping gk min?
    taruh cara bikin scriptnya gitu, bikin pake model php ata gmn trus nyimpenya gmna ? trus mau cek berhasil apa gk tutornya juga ..

  4. fransisco

    gan , kenapa yah pada saat saya mau running dari dreamweaver saya ke browser , muncul permintaan konfigurasi untuk server side code, bagaimana menghilangkan nnya >

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *