sampul-skrip-php-Nyekrip.com

Pada tutorial skrip sebelumnya kita telah belajar cara membuat koneksi sampai membuat tabel, database serta menambah data melalui skrip php, dan pada tutorial ini kita akan belajar cara menampilkan data database MySQL PHP.

Jika belum mempunyai server untuk menjalankan skrip PHP, silahkan anda mengunjungi tutorial ” Cara Install XAMPP Web Server di Windows “.

Cara Menampilkan Data di Tabel Database

Data dapat diambil dari tabel MySQL di PHP dengan mengeksekusi pernyataan SQL SELECT melalui fungsi mysql_query. Kita memiliki beberapa pilihan untuk mengambil data dari MySQL, dan akan kita bahas satu persatu.

Untuk menarik baris data dalam tabel, pilihan yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan fungsi mysql_fetch_array (). Fungsi ini mengembalikan baris data sebagai array asosiatif, array numerik, atau keduanya. Fungsi ini mengembalikan FALSE jika tidak ada lagi baris yang ditemukan.

Di bawah ini adalah contoh skrip sederhana untuk mengambil data dari tabel karyawan.

Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

Cara_Menampilkan_Data_Database_MySQL_PHP_tampilan_data_Nyekrip

Tampilan Data

Isi dari baris telah diserahkan kepada variabel $row dan nilai-nilai secara berturut-turut kemudian dicetak.

CatatanSelalu ingat untuk menempatkan kurung keriting (kurung kurawal) ketika kita ingin memasukkan nilai array langsung ke string.

Dalam contoh di atas MYSQL_ASSOC digunakan sebagai argumen kedua untuk mysql_fetch_array (), sehingga mengembalikan baris sebagai array asosiatif. Dengan array asosiatif kita dapat mengakses kolom dengan menggunakan nama kolom daripada menggunakan indeks.

Sumber: PHP mysql_fetch_array

Cara 2 Menampilkan Data di Tabel Database

PHP menyediakan fungsi lain yang disebut mysql_fetch_assoc () yang juga mengembalikan baris sebagai array asosiatif. Coba contoh skrip berikut untuk menampilkan semua data dari tabel karyawan dengan menggunakan fungsi mysql_fetch_assoc ().

Cara 3 Menampilkan Data di Tabel Database

Kita juga dapat menggunakan MYSQL_NUM, sebagai argumen kedua untuk mysql_fetch_array (). Hal ini akan menyebabkan fungsi akan mengembalikan array dengan indeks numerik.

Coba contoh skrip berikut untuk menampilkan semua data dari tabel karyawan menggunakan argumen MYSQL_NUM.

Semua ketiga contoh cara diatas akan menghasilkan hasil yang sama, tinggal anda lebih nyaman memakai teknik yang mana.

Membebaskan Memori diakhir ambil data

Sangat disarankan untuk membebaskan memori pada akhir setiap pernyataan SELECT. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi PHP mysql_free_result (). Di bawah ini adalah contoh untuk menunjukkan bagaimana cara menggunakan-nya.

Ketika mengambil data kita dapat mengetik skrip perintah SQL serumit yang kita inginkan. Prosedur akan tetap sama seperti yang disebutkan di atas.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. sewa ipad

    terima kasih bro tutorny sangat membangu saya yan sewadng belajar php, kalau tidak membebaskan memori apakah akan berat loadingnya

  2. Pingback: Tutorial Lengkap Belajar PHP MySQL Untuk Pemula |

  3. gilaroda2

    masbro mau tanya, klo untuk menampilkan data dari yang terbawah/ terbaru inputannya, ke data yang teratas/ terlama gimana ya? makasih…

  4. fajar

    terima kasih sekali pak
    ini saya belajar untuk pertama kalinya dan berhasil dgn mengcopy code bpk di atas
    sekarang lagi nyari cara ngerapiin dgn css pak 🙂

  5. ardy

    bro.,
    kok yang tampil cuma bagian “Berhasil ambil data” ya…
    Dibagian echo sama sekali gk muncul.
    Kira-kira kenapa ? -_-“

  6. seni rupa

    artikelnya sangat membantu sekali bagi saya yang masih awam gan, pengen beljar lebih nih mengenai skrip, makasih banyak ya

  7. Panda

    bro, kalo mau nampilin data hanya orang yang nginputin sendiri caranya gimana ya ? jadi user nginputin data, nah itu biar datanya dia doang yg ditampilin. makasih sebelumnya bang

  8. guest

    terima kasih tutorialnya..sangat membantu…
    saya mau tanya..
    misalnya saya punya file a.php file ini menyuruh user memilih nama yang datanya ingin dilihat, ketika nama di klik/di pilih..akan membuka file b.php dan menampilkan data dari nama yg dipilih td…
    method atau kondisi yg digunakan gimana ya..???
    mohon pencerahannya..terima kasih

  9. yoms

    cara melihat database suatu web, contohnya uber atau grab caranya gmana ya,, saya mau lihat sepupu saya aja hehe coba coba

  10. mikhan

    bang, pernah nemuin kasus tampilan blank, tabel ga muncul karena data yang mau ditampilin ada banyak 4000an. Solusinya kira2 gimana ya?

    1. Admin Article Author

      harusnya tetep muncul, beda kalau memorynya yang g cukup.. coba di batasin aja per pagenya.. jangan 4000 di buka semua..

  11. Gunaji

    Maaf, saya baru belajar PHP, untuk merubah/mengganti hasil data yg tampil/diambil menjadi variabel bagaimana, mas?
    Kalau seperti ini kok tidak jalan
    $gaji = {$row[2]}

    echo $gaji;

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.