Apa itu Nyekrip - Nyekrip.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di postingan : Memahami Struktur Halaman Dokumen, anda akan menemukan bahwa halaman yang tampil dalam halaman browser dengan dokumen word memiliki kesamaan dalam hal penampilan struktur tulisan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan struktur halaman dalam html, untuk menggambarkan struktur dari suatu halaman web, kita harus tambahkan kode untuk tulisan atau object yang ingin kita munculkan pada halaman web.

Coba kita lihat kode HTML dibawah ini, jangan cemas dengan kodenya nanti akan dibahas lebih mendetail di postingan berikutnya.

Perhatikan tulisan yang bewarna biru dan tulisan yang bewarna hitam, tulisan yang berwarna biru adalah kode html sedangkan yang bewarna hitam adalah tulisan yang ingin ditampilkan di halaman web.

Kode HTML terdiri dari karakter yang menempati di dalam kurung siku- ini disebut elemen HTML. Elemen biasanya terdiri dari dua tag: tag pembuka dan tag penutup. (Tag penutup memiliki tambahan garis miring.) Setiap elemen HTML memberitahu browser tentang informasi yang berada di antara tag pembuka dan tag penutup.

Elemen HTML dalam struktur halaman

HTML menggunakan elemen untuk menjelaskan struktur halaman, silahkan anda perhatikan kembali kode HTML diatas, terdapat beberapa elemen yang mana setiap elemen memiliki tag pembuka dan tag penutup. Tag bertindak seperti kontainer, Fungsinya memberitahu informasi yang terletak antara tag pembuka dan tag penutup.

Dari kode HTML diatas terdiri dari beberapa elemen dan setiap elemen memiliki tag pembuka dan penutup, mari kita bahas satu persatu elemen.

<html>

Tag pembuka <html> menunjukkan bahwa apa pun yang berada di antara tag tersebut dan tag penutup </html> adalah kode HTML.

<body>

Tag <body> menunjukkan bahwa apa pun yang berada di antara tag tersebut dan tag penutup
tag akan ditampilkan dalam halaman browser.

<h1>

Tulisan apapun yang berada diantara tag <h1> dan tag </h1> adalah main heading

<p>

Sebuah teks paragraf akan muncul diantara tag <p> dan tag </p>.
Tulisan apapun yang berada diantara tag <h2> dan tag </h2> adalah sub-heading.

Lebih dekat dengan Tag

Lebih dekat dengan Tag HTML

TAG PEMBUKA

Karakter dalam kurung menunjukkan tujuan tag. Sebagai contoh, dalam tag di atas sebuah karakter p diapit kurung buka dan kurung tutup.

Karakter p singkatan dari paragraf. Tag penutup memiliki backslash setelah simbol

HTML DALAM MENJELASKAN STRUKTUR HALAMAN - TAG penutup- nyekrip.com

TAG PENUTUP

Istilah “tag” dan “elemen” sering digunakan secara bergantian. Bagaimanapun istilahnya sebenarnya, sebuah Elemen terdiri dari tag pembuka dan tag penutup dan berisi konten yang terletak di antara tag tersebut.

Pada artikel ini hanya dijelaskan sebagian Elemen HTML, masih bayak lagi elemen yang belum dijelaskan. Sengaja untuk tidak dijelaskan secara menyeluruh karena ingin menyampaikan apa yang dimaksud dengan Elemen HTML dan elemen apa saja yang pasti terdapat dalam halaman web.

 

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Pingback: Cara Membuat Aplikasi Web Sederhana | dzulfahmi96

  2. pangky

    Gan setiap saya buat artikel di blogspot isinya div id bukan <p. Itu gimana ? Apakah harus saya rubah dari div id ke <p ? Dan lebih bagus yg mana, div id atau <p. ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *