Tahapan belajar desain dan membuat web - nyekrip.com

Untuk memudahkan dalam belajar membuat web, maka berikut adalah tahapan dalam desain dan membuat web yang secara besar tahapan materi/artikel dibagi menjadi 3 bagian secara berurutan yaitu HTML, CSS dan Penerapan. Ini merupakan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari cara membuat web, cara-cara ini akan ditempuh jika kita dalam membuat website ini kita menggunakan teknik “hand coding” bukan menggunakan CMS.

1: HTML

Pada bagian awal yang harus dipelajari adalah bagaimana skrip HTML digunakan untuk membuat halaman Web. memulai untuk menuliskan kata-kata atau kalimat yang ingin ditampilkan pada halaman web.

Memberi tag pada setiap kata atau group kata untuk menandainya sebagai judul, paragraf, dan lain sebagainya.

Juga dijelaskan lebih rinci tentang bagaimana mengatur teks, list atau daftar, link, gambar, tabel, bentuk-bentuk atau shapes, audio video dan flash, dan unsur lain-lain.

Untuk permulaan, contoh-contoh kode html yang di buat latihan akan terlihat membosankan, namun itu adalah dasar dari pembuatan halaman web.

Selanjutnya belajar tentang CSS yaitu suatu skrip yang digunakan untuk mengatur kode html yang sudah dibuat agar terlihat jauh lebih menarik.

2: CSS

Pada bagian ini yang akan dipelajari adalah bagaimana kinerja skrip css untuk mengontrol styling dan tata letak pada sebuah halaman web.

Untuk selanjutnya memahami berbagai properti dalam skrip CSS, properti ini dibagi dalam dua kategori:

Presentasi: Cara mengontrol objek seperti warna teks, font yang ingin digunakan dan ukurannya, bagaimana cara menambah warna background pada suatu halaman, atau mengubahnya dengan gambar.

Layout: Cara mengontrol posisi semua unsur-unsur pada layar dan belajar bagaimana teknik untuk membuat halaman lebih menarik.

3: PENERAPAN

Setelah memahami tentang CSS dan HTML, Pada tahapan akhir jangan lupa untuk mempelajari tips seputar informasi yang akan membantu dalam membangun website, yaitu tentang bagaimana menaruh web dalam hosting online, meningkatkan SEO, menggunakan Google Analytics, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui beberapa tag baru telah diperkenalkan HTML5 untuk membantu mengatur struktur halaman web. HTML5 adalah versi terbaru dan terakhir saat ini, mempelajari HTML5 akan membuat website kita mempunyai fitur dari HTML yang paling baru, pelajari HTML5 lebih mendetail beserta prakteknya setelah kita mengerti akan dasar mengenai HTML dan CSS.

Sebagai informasi, ada halaman khusus jika ingin mencoba skrip HTML dan langsung bisa dilihat hasilnya, pada halaman tersebut tersedia dua kolom. Kolom yang pertama untuk pengetikan skrip dan yang kedua sebagai hasil rendering dari skrip. Halaman itu di : www.nyekrip.com/nyekrip-yuk Tahapan-tahapan diatas akan dijelaskan lebih mendetail pada postingan/artikel selanjutnya.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. SeniKoding.com

    Artikel yang bagus, pejelasannya enak dipahami. Tentang pembuatan website seperti ini kebetulan di BLOG saya juga ada. ini sebagai referinsi aja. thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *