Tips Cara Membuat Komentar di CSS-Nyekrip

Cara membuat komentar di css: Dalam pembuatan skrip CSS terkadang kita ingin menyisipkan keterangan. Cara untuk menyisipkan keterangan dalam skrip CSS bisa dilakukan dengan penambahan komentar. Sebelum membuat komentar di CSS, perlu diperhatikan dua fungsi utama dalam menggunakan komentar di CSS agar hasil penggunaan bisa dicapai secara optimal.

Fungsi Membuat Komentar di CSS

Berikut Fungsi dan kegunaan dalam membuat komentar di CSS:

Sebagai catatan dan pengingat

Komentar bisa digunakan untuk memberikan catatan tentang kegunaan dan tujuan dari potongan kode. Biasanya ketika kita membuat program baru dan membutuhkan sesuatu yang telah kita buat sebelumnya, maka akan teringat dengan kode-kode yang telah kita buat sebelumnya, baik untuk digunakan kembali atau untuk diambil logika-nya, dengan adanya komentar akan membuat kita untuk memahami kode-kode tersebut dengan cepat.

Membuat komentar di CSS dengan memberikan catatan mengenai fungsi dan tujuan, juga akan membantu programmer lain dalam menggunakan kembali skrip tersebut. Dalam pembuatan program secara kelompok, pemberian komentar dalam kode akan sangat membantu untuk dalam pengembangan berikutnya.

Sebagai penanda pada kode yang bermasalah

Skrip/kode CSS yang diawali atau dibungkus dengan tanda komentar akan menjadi tidak berfungsi. Karena secara umum kode CSS berjalan secara menurun(dari atas kebawah), kita bisa menghentikan sebagian kode dengan membuat kode tersebut menjadi komentar.

Dengan cara diatas kita bisa menganalisa bagian kode yang rusak atau mengganggu, biasanya cara ini digunakan ketika kita mau mengedit template yang baru saja didownload. Kode/Skrip CSS yang diawali atau dibungkus dengan tanda komentar alias dibuat menjadi komentar tidak akan tampil dalam halaman web, tetapi tetap bisa dibaca oleh siapa saja yang melihat source code kita.

Sebagai Informasi Tambahan Kode

Biasanya ketika kita telah mendownload theme blogger, pada bagian CSS akan terdapat info mengenai atribut dari theme tersebut. Jika pada wordpress, penamaan theme terdapat di file CSS, dan atribut nama tersebut terletak pada bagian paling atas dan semua atribut tersebut dibungkus dengan komentar. Maka ketika kita membuat theme, kita akan memberikan atribut tentang theme tersebut pada bagian CSS.

Skrip Membuat Komentar

Komentar di CSS juga dapat digunakan untuk beberapa baris sekaligus:

Jika kita menggunakan notepad++, maka kata yang dijadikan komentar akan bewarna hijau. Sekian tutorial cara membuat komentar di CSS, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan anda berkomentar.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      kolom komentar di css? maksutnya membuat komentar dalam script css? tinggal kurung dengan /**/

  1. Andhika

    Kalau boleh tanya, software yang paling bagus untuk mempermudah kita dalam melakukan coding itu apa ya??…soalnya kalau pakai notepad agak ribet, kalau pakai dreamweaver kurang mantap. Kalau menurut admin software apaan ya.??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.