Cara-Mencari-dan-Memilih-Nama-Domain-Website-Nyekrip

Tips Cara Memilih Nama Domain Website: Apa yang penting selain pembuatan desain website baru? mencari dan memilih nama domain website? Sebagian orang berkata, nama domain memiliki makna dan nama memiliki kekuatan. Hal ini menjadi semakin penting di era internet marketing dan pengembangan merek.

Banyak orang beranggapan bahwa langkah pertama untuk memulai website adalah desain, mengetahui tips cara memilih nama domain yang tepat itu juga tidak kalah pentingnya – malahan mungkin memilih nama domain merupakan bagian tersulit dari proses pembuatan web. Tidak peduli apa jenis web atau blog yang dibangun. Banyak sekali orang terjebak dalam proses desain website sampai melupakan bahwa nama domain adalah hal utama yang pertama kali pengunjung lihat dan ingat.

Jika kita sudah mempunyai bisnis sebelumnya, kita bisa mencoba memasukkan nama bisnis kita tersebut untuk dijadikan domain, tapi masalahnya adalah apakah domain itu masih tersedia? Apa yang harus dilakukan jika nama domain yang kita incar sudah dimiliki oleh orang lain? Kita dapat mencoba untuk membeli nama domain tersebut dari pemilik jika domain itu sangat penting bagi kita. Tapi membeli domain tidaklah murah, apalagi jika kita sebagai pemula yang hanya mempunyai modal pas-pasan.

Tips Cara Memilih Nama Domain Website

Untuk membantu kesulitan tersebut, nyekrip merangkum tips-tips dalam mencari dan memilih nama domain yang baik untuk website atau blog. Anda bisa mengikuti seluruh tips atau sebagian tips berikut, kalau bisa sempatkan waktu untuk mendiskusikan dengan team anda dalam memilih nama domain.

Tips-Cara-Memilih-Nama-Domain-Website-Buat-Domain-agar-mudah-diingat-Nyekrip

Buat Domain yang simpel agar mudah diingat

Buat agar mudah diingat

Banyak pembeli melihat-lihat sebelum membeli. Mungkin diperlukan beberapa kunjungan ke website kita, sebelum calon pelanggan siap untuk membeli dari Produk atau jasa dari website kita. Jika mereka kembali, sangat penting jika pengunjung dapat dengan mudah mengingat nama website kita.

Atau jika kita ingin membangun website yang berisi tutorial atau hal-hal yang bermanfaat kepada para pembaca, kita harus membuat nama domain yang mudah diingat agar memudahkan para pembaca yang ingin kembali berkunjung.

Saat ini, Google lebih memilih untuk mengirimkan trafik ke website dengan domain yang branded (Bermerek). Jadi, sangat penting untuk membuat nama domain yang branded agar membantu pengunjung kita lebih mengenal, mengingat dan mempercayai website kita.

Buat Sependek Mungkin

Nama pendek sangat mudah untuk diketik, mudah diingat, dan mudah untuk dibagikan.

Contohnya: Google. Skype. Twitter. Nyekrip 🙂

Coba kita bandingkan nama domain diatas dengan domain marikitanyekrip.com, terasa akan lebih simple jika hanya mengunakan nama nyekrip.com. Nama domain yang pendek akan masuk dan muncul ke dalam hasil pencarian. Google akan memotong nama domain yang terlalu panjang dalam hasil pencarian, sehingga membuat calon pembaca tidak bisa mengetahui nama lengkap domain tersebut di hasil pencarian.

Selain itu nama domain yang pendek juga bagus jika disertakan dalam kartu nama karena nama yang pendek lebih simple dan mudah diingat. Dikarenakan nama domain yang pendek itu sangat banyak keuntungannya, sekarang ini sudah hampir tidak ada nama domain pendek yang bisa didaftarkan. Kebanyakan nama domain pendek sudah di beli dengan tujuan dijual kembali dengan harga yang sangat mahal.

Buat supaya mudah dieja dan diucapkan

Ketika kita menyampaikan nama domain kepada orang lain, nama domain tersebut harus jelas didengar dan bagaimana mengejanya. Jika tidak, kita akan kehilangan trafik ketika calon pengunjung salah ketik alamat website.

Sebagai Contoh, sebuah website seperti fiverr.com memiliki nama yang mudah diingat jika kita tahu bahwa penulisannya membutuhkan dua huruf r, tetapi jika kita tahu domain ini lewat pembicaraan maka kita akan menganggap domain ini hanya memiliki satu huruf r. Oleh karena itu Fiverr.com berhasil lolos dari masalah tersebut dengan memiliki (dan mengalihkan) domain fiver.com dengan r tunggal.

Namun, website seperti dribbble.com (tiga bbb) juga mudah diingat karena pendek, tapi website ini tidak membeli domain dribble.com, membuat jadi penasaran berapa banyak lalu lintas yang menuju domain dribble.com? karena salah ketik.

Hindari kata sambung dan nomor

Seperti tips diatas, sebisa mungkin buat domain yang mudah diingat dan diucapkan. Dengan menambahkan kata sambung atau nomor, akan memungkinkan terjadi kesalahan dalam mengetikkan nama domain.

Sebagai contoh, jika domain kita adalah 1web.com, kemungkinan akan terjadi kesalahan dengan mengetikan satuweb.com, atau jika domain kita satu-web.com akan kemungkinan terjadi kesalahan dengan mengetikkan satuweb.com. Jadi, buat nama domain yang unik tanpa memberikan nomor dan kata sambung.

Coba sertakan kata kunci

Memiliki kata kunci yang relevan dalam nama domain akan dapat membantu ketika situs kita terdaftar dalam hasil pencarian. Kata kunci dapat membantu meningkatkan rasio klik per tayang – yang merupakan jumlah orang yang mengklik ke website kita.

Tips-Cara-Memilih-Nama-Domain-Website-Penebalan_kata_Cara_Mencari_Nama_Domain_Website_Nyekrip

Penebalan Kata Keyword

Meskipun teknik ini sudah tidak sekuat yang dulu, tetapi memiliki kata kunci dalam domain masih bertindak sebagai sinyal relevansi. Saat pencarian, google masih mencetak dengan huruf tebal kata kunci yang muncul dalam nama domain.

Buat agar branded atau bermerek

Dengan domain yang bermerek, itu artinya kita sudah membuat nama domain itu unik dan tentu saja dalam membuat nama domain harus tetap mengikuti tips-tips sebelumnya, menjadikan domain simple dan mudah diingat.

Membuat nama domain yang branded bisa dibilang mudah, contohnya pada website backlinko.com. Pada website tersebut tersedia tips dan trik dalam membangun backlink, mereka hanya menambahkan huruf o di akhir kata backlink, selain unik domain ini juga deskriptif dan terkandung keyword didalamnya, hanya dengan melihat sekilas domain ini, kita bisa membayangkan apa isi website dengan domain tersebut.

Tapi kita tidak usah kaku dalam pembuatan domain yang unik, banyak ditemukan pada web-web besar seperti moz.com atau mozilla.com, domain-domain ini tidak deskriptif. Meskipun tidak deskriptif dan tidak mengandung keyword, domain ini telah dibesarkan dengan teknik-teknik khusus dan layanan gratis yang memberikan manfaat bagi para pelanggannya.

Tips-Cara-Memilih-Nama-Domain-Website-poor-domain-name-nyekrip

Jangan Memilih dengan cara ini

Pada saat membuat domain kita bermerek alias branded, maka kita tidak boleh jahil dengan domain branded yang sudah terkenal. Biasanya domain branded memiliki kekuatan hukum, jadi hindari membuat domain yang mengandung domain branded yang lain.

Buat dengan makna yang luas

Kita tidak pernah tahu jika bisnis kita mungkin akan menjadi semakin berkembang, jadi hindari nama yang terlalu khusus. Misalnya, kopiluwak.com itu bagus, tetapi bagaimana jika kita ingin menjual kopi yang lain? Tapi juga perlu diingat untuk tetap mengetahui arah perkembangan bisnis kita, jangan sampai nama domain yang dibuat mempunyai makna yang terlalu luas.

Segera cek dan pilih Ekstensi .com

Tips-Cara-Memilih-Nama-Domain-Website-Pilih-domain-com-Nyekrip

Pilih Ekstensi Domain .com

Sebagian besar saat browsing pengguna internet menganggap semua nama website akan berakhiran dengan .com. Memilih domain .Net atau ekstensi lainnya akan mempengaruhi dan memberikan sedikit hambatan dalam proses pencarian website.

Mungkin saja orang akan salah ketik ke .com padahal domain kita .net, hal ini pernah terjadi pada blogger terkenal yaitu Darren Rowse dengan websitenya yang berdomain Problogger.net (Menggunakan akhiran .net). Meskipun websitenya sudah terkenal, banyak para pengunjung yang mengira bahwa website berdomain ProBlogger.com.

Bagi yang belum tahu cara mendaftarkan atau daftar nama domain silahkan kunjungi ” Tips Cara Memilih Nama Domain Website ” .

Itulah tips cara memilih nama domain website yang baik, nyekrip menyadari jika sekarang ini sudah banyak nama domain bagus yang sudah didaftarkan dengan tujuan komersil, maka pada tutorial yang akan datang akan dibahas tentang bagaimana cara mencari nama domain website menggunakan tools gratisan maupun yang berbayar. Sekian semoga bermanfaat.

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

    1. Admin Article Author

      sebenarnya .com hanya karena banyak orang yang masih berpikiran kalau web selalu ber-akhiran .com, kalau g ada ya tinggal ganti nama atau cari .net

  1. Pingback: cara membuat blog dengan wordpress | udinsiplho002

  2. wirna

    Dg petunjuk mas saya sudah buat blog. Tapi kok halamannya tumpang tindih mas? Saya mau edit profil,nah sebelah kiri muncul menu profil dan sebelah kanan data isian profil yg sebagiannya ditutupi oleh menu profil. Gimana memisahkannya mas? Udah klik sana sini tapi tetap aja menu profil menutup data isian profil..

    1. Admin Article Author

      mohon maaf selain pertanyaan anda yang membingungkan, pertanyaan-nya OOT, out of topic. 🙂 coba dicari di google..

  3. DollyPR

    Seberapa besar pengaruh TLD pada SEO? Misalnya tidak menggunakan .com, tapi menggunakan TLD yang baru sekarang kan banyak pilihannya, seperti .club, .soccer, dll.

    1. Admin Article Author

      SEO tidak melulu tentang google, bisa juga tentang prilaku seseorang, karena .com masih menjadi yang paling populer untuk saat ini.

  4. kamartina

    Terimakasih empu nyekrip.com
    ini jadi bahan saya cari nama domain dan ijin untuk jadi bahan tulisan saya ya.

  5. zaenal

    saya tambahkan ya, bisa jiga menggunakan free tool seperti namemesh.com
    membantu menemukan variasi nama domain yang bisa dipilih.

    salam..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *