Tutorial-Lengkap-Belajar-PHP-MySQL-Pemula-Nyekrip

Pada tutorial Lengkap belajar PHP MySQL untuk pemula ini mencakup dasar-dasar pemrograman MySQL dengan PHP. MySQL adalah sistem manajemen database yang populer. PHP tersedia gratis dan bisa bekerja dengan hampir semua perangkat lunak database, termasuk Oracle dan Sybase tetapi paling sering digunakan adalah database MySQL. Seperti PHP, perangkat lunak database MySQL tersedia secara gratis.

Karena PHP dan MySQL disediakan secara gratis, maka tidak heran jika banyak pengembang web menggunakan PHP dan MySQL. Selain gratis, PHP dan MySQL sangat stabil untuk diaplikasikan pada software skala kecil maupun besar. Banyak CMS yang telah memanfaatkan PHP dan MySQL, contohnya WordPress, Joomla, Drupal dan sebagainya.

Tutorial PHP: PHP secara singkat

  • PHP adalah perangkat lunak open-source alias gratis
  • PHP kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor (Personal Home Page).
  • PHP adalah bahasa skrip server-side, lawan dari Javascript yang client-side.
  • PHP hampir bisa mendukung kebanyakan database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll.)
  • PHP didukung hampir semua Sistem Operasi (OS).

Tutorial MySQL: MySQL secara singkat

  • MySQL adalah perangkat lunak server database open-source alias gratis
  • MySQL bisa diaplikasikan dengan baik pada aplikasi skala kecil ataupun besar.
  • MySQL didukung hampir semua Sistem Operasi (OS).

Belajar PHP MySQL: Persiapan awal

Sebelum melangkah lebih jauh, diharapkan anda sudah memahami poin dibawah ini:

  • Anda sudah memahami dasar-dasar MySQL dan PHP.
  • Download dan sudah menginstal versi terbaru dari MySQL.
  • Download dan sudah menginstal Apache versi terbaru.
  • Mengetahui username dan password server MySQL.
xampp_icon_nyekrip

logo xampp

Jika Anda belum menginstal MySQL dan Apache, silahkan anda kunjungi tutorial “ Cara Install XAMPP Web Server di Windows ”. Setelah anda mengikuti tutorial tersebut maka untuk username MySQL adalah “ root “ dan password-nya kosong. Berikut adalah gambar dari tabel karyawan dalam database test_db yang merupakan hasil akhir dari tutorial.

Tutorial_Lengkap_Belajar_PHP_MySQL_Untuk_Pemula_database_nyekrip

Tabel hasil Belajar PHP MySQL

Tutorial Lengkap Belajar PHP MySQL: Daftar Tutorial

Setelah anda sudah install PHP dan MySQL, langkah selanjutnya adalah mencoba dan mempelajari tutorial dibawah ini secara berurutan, mulai koneksi sampai backup database MySQL melalui skrip PHP.

  1. Cara Membuka Menutup Koneksi MySQL PHP – Mempelajari cara menggunakan PHP untuk membuka dan menutup koneksi database MySQL.
  2. Cara Membuat Tabel dan Database MySQL di PHP – Bagian ini menjelaskan cara membuat database MySQL dan tabel menggunakan PHP.
  3. Cara Menghapus Tabel dan Database MySQL di PHP – Bagian ini menjelaskan cara menghapus database dan tabel MySQL menggunakan PHP.
  4. Cara Insert Tambah data Database MySQL PHP – Setelah membuat database dan tabel maka selanjutnya mempelajari memasukkan data ke dalam tabel yang telah dibuat.
  5. Cara Menampilkan Data Database MySQL PHP – Mempelajari cara untuk mengambil dan menampilkan data dari database MySQL menggunakan PHP.
  6. Membuat Halaman Paging dengan MySQL PHP – Pada bagian ini menjelaskan bagaimana menggunakan query untuk membagi hasil data menjadi beberapa halaman dan sekaligus membuat link navigasi.
  7. Skrip Cara Update Data Tabel MySQL di PHP – Bagian ini menjelaskan cara memperbarui data yang ada dalam database MySQL menggunakan PHP.
  8. Cara hapus data Tabel di Database MySQL PHP – Bagian ini menjelaskan cara menghapus atau membersihkan data yang ada di database MySQL menggunakan PHP.
  9. Cara Backup Restore Database MySQL di PHP – Mempelajari cara untuk membuat dan menggunakan backup dari database MySQL untuk tujuan keamanan.

Contoh-contoh skrip atau tutorial diatas merupakan contoh sederhana, anda bisa mengembangkan sesuai kebutuhan pengembangan web. Demikian tutorial lengkap belajar PHP MySQL untuk pemula, semoga bisa membantu untuk lebih mendalami ilmu PHP dan MySQL.

Sumber : PHP – MySQL

Happy Nyekrip!

About The Author

Comments

  1. Rumahb.com

    Alhamdulillah sekarang saya sudah bisa buat program pake nih php
    Kunjungi website ane ya

    Haloniaga.com dan Rumahb.com

  2. widi

    Aslm. mas mau tanya kalau mau bikin website yang domain .com atau .sch untuk sekolahan itu bagaimana ya. tempatnya dimana ? terimakasih

  3. admin sedot code

    Mantab tutorialnya min, terus berkarya…. saya admin dari blog tempat sedotcode download source code php sangat terbantu dengan tutorial ini, saya bookmark pertama2 belajar php dulu,,,salam kenal min

  4. Tobing

    Thanks min tutorialnya…
    Tapi saya lihat sekarang di forum2 lebih dianjurkan pakai PDO atau mysqli_* daripada mysql_* untuk koneksi ke MySQL

  5. Pingback: Tutorial Lengkap Belajar PHP MySQL Untuk Pemula |

  6. Jovin

    Makasih pak buat tutorial nya. Saya masih milih mana yang mau diperdalam, apakah PHP atau Python ya? Dimana saya bisa lihat perbandingan keunggulan PHP dan Python. Terima kasih.

  7. hana

    Terimakasih telah berbagi tutorial ini, btw dengan dasar2 ini saya bisa meraih nilai yang memuaskan di kuliah hehe thanks

  8. kasuariweb.com

    Tutorialnya sangat lengkap dan mudah dipahami. Materi web anda juga merupakan panduan awal ketika saya mulai membangun web beberapa waktu lalu. Trims Nyekrip

  9. Yayan

    min bisa bantu, mw bikin program kode barang misalkan kodenya abcdefghij = 1234567890
    jadi, kalo input kode bcde = 2345, bgitu seterusnya..
    itu gmn ya min?
    Trims..

    1. Admin Article Author

      sebenarnya mau bantu, cuma ini diluar topik. maaf ya… rencananya di nyekrip akan dibuat forum supaya bisa menampung pertanyaan yang OOT alias out of topic. 🙂

        1. Admin Article Author

          g bisa komen dimana-mana, saya menyarankan untuk cari di google.. saya kawatir kalau saya bantu nanti komentar lainnya pada out of topic 🙂

  10. Heri Dona

    Alhamdulillah Min, salam kenal saya heri…Artikel nya sangat bagus….tapi saya baru mudeng 50%, Min boleh minta saran nya untuk blog saya specialihidrolik blogspot com kira-kira apa yang kurang. Saya sangat Ingin banget bisa tentang design website sendiri dan belajar tentang hal terkait di dunia web ini, seperti artikel yang Admin bahas ini.

    Mohon Balasan nya min untuk hasil revisi nya.
    Tank’s

  11. Genker

    Terimakasih admin tutorialnnya…!!!. Admin saya agak bingung, setelah saya membuat aplikasi login. saya bingung pada saat membuat aplikasi untuk membuat artikel, dan untuk menampilkan artikel, perjudul perhalaman. tolong kasih tutorialnnya min.. atau kasih tau logikanya.

    terima kasih

  12. Android Maker

    Wah bagus nich…sangat membantu …Mungkin dapat ditambahkan materi-materi berikutnya.
    Misal :
    – Membuat login multi level
    – Membuat cuplikan berita (fitur more)
    – Membuat grafik dengan php
    – Membuat polling dengan php
    – Integrasi WYSIWYG Editor dengan PHP
    – Imageslideshow dinamis dengan php

    dan sebagainya….

  13. mala

    halo min terima kasih telah membuat tutorial website. saya sedang melaksanakan tugas akhir, saya mau nanya jika saya membuat aplikasi upload file video untuk administrator (sedangkan saya tidak membuat website, tapi file tersebut sudah ada websitenya jadi cuma disuruh bikin aplikasi upload file) itu masuknya apa ya? dimana ya? apa crud? apa di nyekrip.com sudah ada tutorialnya?
    terima kasih. mohon dijawab

    1. Admin Article Author

      tinggal buat fungsi upload di php (jika menggunakan php), di nyekrip blum buat, kalau mau mencari di google anda coba dengan kata kunci “ipload file php” 🙂 semoga membantu

  14. alexsander

    sofware xampp memang sudah lengkap untuk membuat aplikasi web karna sudah terdapat database server mysql dan webserver apache, makasih min

    1. Admin Article Author

      terimakasih atas koreksinya, lagi disiapin untuk artikel yang lebih update, sedangkan artikel ini tetap seperti ini untuk pengguna yang masih menggunakan mysql lama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *